Pengertian Transpirasi Tumbuhan dan Fungsi Transpirasi Tumbuhan

0
820

Pengertian Transpirasi Tumbuhan dan Penjelasannya | Fungsi transpirasi tumbuhan | Definisi transpirasi tumbuhan | Proses transpirasi tumbuhan dan penjelasnnya. 

Belajar itu mudah. Kali ini learniseasy akan menjelaskan tentang istilah “transpirasi tumbuhan”. Apa itu. Langsung saja, secara bahasa, istilah “Transpirasi” berasal dari bahasa latin. ditarik dari kata “Trans” yang artinya melintasi dan juga kata “Spirare” yang artinya menghisap. 

Pengertian Transpirasi Tumbuhan | Sederhana

Jadi pengertian transpirasi tumbuhan secara bahasa saja adalah proses melintasnya materi secara isap. 

Pengertian Tranpirasi Tumbuhan | Kompleks

Pertanyaannya lewat apa tumbuhan menghisap, nah… tumbuhan memiliki sesungguhnya memiliki lubang lubang yang cukup besar untuk keluarnya gas dan bahkan uap air. Lubang lubangg tersebut ada yang terletak di daun (dibawah ataupun diatas permukaan daun), ada juga yang terletak di terletak dibagian batang tumbuhan. 

Lubang lubang tersebut merupakan hasil modifikasi epidermis (derivat epidermis) tumbuhan yang berperan penting dalam transpirasi tumbuhan itu. 

Lubang pada daun tumbuhan disebut stomata sedangkan lubang pada batang dan akar disebut dengan lentisel. Tapi para pelajar sekalian, jangan salah sangka yah, cara kerja dan bentuk keduanya berbeda. Stomata itu berupa mulut yang dapat diatur buka tutupnya melalui aturan turgositas air pada sel penutupnya sedangkan lentisel itu bagian epidermis batang yang istilahnya berlubang (tidak ditutupi oleh sel gabus).

Nah sekarang kita dapat merangkai kalimat yang lebih pas untuk pengertian transpirasi tumbuhan. Jadi pengertian transpirasi tumbuhan adalah proses keluarnya  air dari dalam tumbuhan melalui stomata, lentisel atau celah kutikula dan gabungan ketiganya.

Airnya dari mana kemana tuh. Nah kayaknya definisi transpirasi tumbuhan diatas masih kurang.

Air tersebut berasal dari akar tumbuhan (mayoritas) yang masuk melalui celah pada akar . Air tersebut beserta yang terlarut didalamnya (mineral dan kawan kawan) menutrisi dan menfasilitasi sel sel yang dilewatinya melalui bantuan xylem pada pembuluh angkut tumbuhan. 

Air itu sendiri tertarik akibat daya kapiler, kohesi dan tekanan akar yang dimiliki pembuluh xylem sehingga air tersebut dapat berpindah dan singgah di batang hingga ke daun. 

Nah dibagian daun inilah, air paling dibutuhkan untuk reaksi fotosintesis dimana air sangat berperan penting dalam reaksi anabolisme makanan tumbuhan. 

Berdasarkan bukti eksperimen, transpirasi tumbuhan merupakan proses kunci terjadinya penarikan air tersebut dari akar menuju daun. Sehingga agar tumbuhan dapat tetap menarik air dan kawan kawannya dari tanah, transpirasi tumbuhan dibutuhkan. 

Jadi kita sempurnakan lagi pengertian transpirasi tumbuhan. Transpirasi tumbuhan adalah rangkaian proses berpindahnya air dari akar tumbuhan ke stomata dan lentisel yang diikuti dengan adanya perpindahan nutrisi dari tanah/media ke lokasi fotosintesis dan bagian tumbuhan lainnya. 

Pengertian transpirasi tumbuhan dan fungsi transpirasi tumbuhan
Gambar Ilustrasi transpirasi tumbuhan

Nah sudah jelaskan apa itu transpirasi tumbuhan.

Sekarang kita masuk bagian fungsi transpirasi tumbuhan

Fungsi Transpirasi Tumbuhan

Tidak mungkin proses yang rumit ini tidak memiliki fungsi. Sesungguhnya bila anda cermati pengertian transpirasi tumbuhan diatas, telah tersirat fungsi transpirasi tumbuhan itu sendiri. 

  1. Memperkuat daya kapiler yang dimiliki pembuluh angkut sehingga air dan nutrisi dapat sampai kebagian paling luar tumbuhan
  2. Sebagai bentuk pemutar (siklus) air dalam tanah sehingga air dalam tanah dapat berputar kembali menjadi hujan.

Itulah dia dua fungsi utama dari transpirasi tumbuhan

Bincang Bebas

So, bagi kalian yang skeptis waktu SMA tentang bagaimana caranya daya kapiler pada pembuluh angkut tumbuhan dapat mengangkut air hingga ke pohon yang tingginya mencapai 20 meter maka ini lah jawabannya.

Ternyata, daya kapiler yang dimaksud bukan hanya sekedar pipa mini saja, akan tetapi lebih seperti menghisap air dari atas akibat adanya penguapan air. Jadi modelnya kayak minum air pakai pipet. 

 

Sekian artikel tentang pengertian transpirasi tumbuhan dan fungsi transpirasi tumbuhan, saya harap kalian paham tentang apa itu transpirasi tumbuhan. Tetap belajar, karena ujian akhir sekolah dan Ujian Nasional sudah semakin dekat. BELAJAR itu Mudah KOK. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here