Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme dan Contohnya

0
211

Learniseasy.com – Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme | Apa pengertian simbiosis mutualisme | Pengertian simbiosis komensalisme | Pengertian simbiosis parasitisme.

 

Apa Itu Simbiosis

Simbiosis adalah bentuk interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda spesies. Apa artinya, artinya simbiosis terjadi dalam suatu komunitas dan organisasi makhluk hidup yang lebih besar dari itu. 

Kita ketahui bukan, dalam komunitas terdapat lebih dari satu populasi dalam areal tersebut. Tidak bisa dinafikan bahwa pasti akan terjadi interaksi antara jenis jenis makhluk hidup yang hidup berdampingan. 

Hal itulah yang menyebabkan adanya jenis jenis simbiosis makhluk hidup seperti mutualisme, komensalisme, dan parasitisme (sebenarnya masih ada beberapa macam simbiosis lagi).

Organisme yang melakukan simbiosis kita sebut “simbion”. Hubungan antara suatu simbion tidak selamanya baik (menguntunkan kedua bela pihak), ada simbiosis yang menguntunkan kedua bela pihak, dan bahkan ada yang merugikan satu pihak dari simbion yang ada. 

Hal tersebutlah yang membedakan antara pengertian simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme dan simbiosis parasitisme.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Apa itu simbiosis mutualisme. Berasal dari kata mutual artinya menguntungkan. Jadi pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan saling menguntungkan pada simbion lebih tepatnya saling kerja sama untuk tujuan bersama.

Contoh simbiosis mutualisme adalah hubungan antara lebah dan bunga. Simbion ini bekerja sama dengan lebah menjual jasa penyerbukan sedangkan bunga menjual nectarnya sebagai bahan baku utama madu.

Tidak ada yang dirugikan dalam kerja sama atau jenis simbiosis ini, dan keduanya diuntungkan.

Pengertian simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme
Pengertian simbiosis mutualisme dan contohnya

Selanjutnya simbiosis komensalisme

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Apa pengertian simbiosis komensalisme? Apa itu simbiosis komensalisme> Ini merupakan bentuk simbion yang hanya satu pihak yang untung sedang pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Jadi satu untung, yang satu itu nothing to lose

Jadi simbiosis seperti ini sering terjadi pada organisme yang memiliki ukuran besar dan organisme yang berukuran kecil. Sebagai contoh simbiosis komensalisme adalah Ikan Remora dan Ikan Hiu. Ikan remora adalah ikan yang kecil yang numpang ikut nempel pada ikan hiu yang besar. 

Dengan jalan seperti itu terjadilah simbiosis komensalisme. Ketika ikan Hiu memangsa ikan besar, akan terjatuh remah remah bekas makan hiu, disitulah ikan remora dapat jatahnya. Jadi ikan hiu tidak rugi karena memang itu adalah buangannya bgitupun tidak untung karena tidak ada hal yang dilakukan remora padanya.

Pengertian simbiosis komensalisme dan contohnya
Pengertian simbiosis komensalisme dan contohnya

Sedangkan ikan remora tersebut sangat untung, pertama sudah bisa numpang, kedua, aman dari pemangsa lain, ketiga dapat anugrah makanan (makanan gratis). Note: Punya pengalaman pribadi dimana kau jadi remora atau kau jadi hiunya?

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Apa pengertian simbiosis parasitisme? Apa itu parasitisme? Jadi, simbiosis ini merupakan simbiosis yang laknat. Pengertian simbiosis parasitisme adalah simbiosis yang terjadi dimana satu pihak untung sedangkan pihak yang lain dirugikan.

Apabila simbiosis komensalisme terjadi pada organisme yang lebih besar ke organisme lebih kecil, maka pada simbiosis parasitisme lebih besar lagi gap nya. Organisme yang lebih besar ke organisme yang jauh lebih kecil. 

Simbiosis ini terjadi pada kita manusia dengan cacing perut kita. Cacing ini menyerap sari makanan yang harusnya kita untuk kita makan, dan juga terkadang memproduksi toksin yang membuat kita gangguan pencernaan.

Apakah ada keuntungan dalam hal tersebut untuk manusia. None. Tidak ada. Contoh lain parasitisme yang sering anda alami adalah disengat nyamuk dan dan darah kita diambil. 

Pengertian simbiosis parasitisme dan contohnya
Pengertian simbiosis parasitisme dan contohnya

Peristiwa parasitisme sering dilakukan oleh jenis cacing cacingan, bakteri, jamur dan banyak lagi. Bahkan antara manusia dengan manusia juga terjadi, hewan dan hewan juga terjadi serta tumbuhan dan tumbuhan pun terjadi. 

Demikianlah artikel tentang pengertian simbiosis mutualisme, pengertian simbiosis komensalisme dan pengertian simbiosis parasitisme dan contohnya. Untuk pengertian simbiosis amensalisme dan interaksi lain selain simbiosis seperti kompetisi dan predasi akan dijelaskan pada artikel terpisah. 

Tetap belajar karena belajar itu mudah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here