Pengertian Sejarah Menurut para Ahli

0
65

Learniseasy.com – Belajar pengertian sejarah menurut para ahli | Definisi sejarah menurut para ahli | Pengertian sejarah menurut para pakar.

Apa itu Sejarah

Mari kita kaji dari segi bahasa (etimologi). Sejarah berasal dari kata “Syajaratun” (Arab) yang artinya “Pohon”.

Dalam bahasa Inggris disebut History atau masa yang telah berlalu (lampau). History ditarik dari bahasa yunani yaitu Historia yaitu “Orang pandai”. Dapat ditarik kesimpulan bahwa sejarah berdasarkan bahasa saja berarti sesuatu yang terjadi di masa lalu.

Mari kita liat pendapat para manusia pandai (ahli) tentang pengertian sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Herodotus berpendapat bahwa pengertian sejarah adalah analisis tentang cerita jatuh bangunnya tokoh, masyarakat ataupun peradaban.

Aristoteles, salah satu filsuf Yunani, berpendapat bahwa pengertian sejarah adalah satu sistem yang meneliti suatu kejadian awal (a system that examines an initial event ) dan tersusun dalam bentuk kronologi (and is arranged in chronological form).

Aristoteles menambahkan bahwa haruslah ada bukti bukti konkrit tentang kejadian tersebut.

Pengertian sejarah menurut Drs. Sidi Gazalba bahwa sejarah adalah masa lalu manusia dan sekitarnya yang tersusun ilmiah dan lengkap meliputi kronologi fakta masa saat itu beserta tafsiran yang memberikan pemahahan tentang kejadian tersebut.

Pengertian sejarah menurut R.G. Collingwood dalam bukunya “Idea of History” mengatakan bahwa sejarah adalah

History is for human self-knowledge…the only clue to what man can do is what man has done. The value of history, then, is that it teaches us what man has done and thus what man is

Artinya kurang lebih bahwa pengertian sejarah itu adalah sebuah penyelidikan tentang hal hal yang telah diperbuat oleh manusia pada masa lalu.

Contoh pohon sejarah Amerika Serikat

Pohon sejarah Amerika serikat | Pengertian sejarah menurut para ahliPohon sejarah Amerika serikat | Pengertian sejarah menurut para ahli
Pohon sejarah Amerika serikat | Pengertian sejarah menurut para ahli

Sama halnya dengan definisi sejarah menurut Patrick Gardiner yaitu sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah dilakukan oleh manusia.

Pengertian sejarah menurut E.H. Carr (Edward Hallett Carr) dalam bukunya “What is History

bahwa sejarah adalah

History is the long struggle of man, by exercise of his reason, to understand his environment and to act upon it

Artinya kurang lebih bahwa Sejarah adalah perjuangan panjang manusia, dengan mengolah akalnya, untuk memahami lingkungannya dan untuk bertindak atasnya. Di dalam buku yang sama E. H. Carr berpendapat bahwa sejarah itu seperti

“History consists of a corpus ascertained facts. The facts are available to the historian in documents, inscriptions and so on, like fish in the fishmonger’s slab. The historian collects them, takes them home, and cooks and serves them in whatever style appeals to him.”

Artinya kurang lebih bahwa sejarah itu kumpulan tulisan fakta yang ditemukan. Fakta fakta tersebut tersedia untuk para sejarawan dalam bentuk dokumen, inskripsi dan bentuk lainnya, bagaikan ikan di penjual ikan. Sejarawan mengambil ikan tersebut, membawanya pulang, dan kemudian memasak dan menyajikannya sesuai dengan cita rasa yang sejarawan sukai.

Pengertian sejarah menurut para ahli
Pengertian sejarah menurut para ahli

Itulah diatas beberapa pendapat para pakar sejarah tentang pengertian sejarah dan definisi sejarah. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here