Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan

0
1459

Learniseasy.com – Apa pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan | Apa pengertian pertumbuhan dalam biologi dan pengertian perkembangan dalam biologi | Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. 

Kedua kata ini yaitu perkembangan dan pertumbuhan merupakan dua istilah yang akan kita alami dan makhluk hidup lainnya alami setiap waktu selama dia hidup.

Kompleks atau sederhananya kedua proses tersebut tergantung dari organismenya, baik itu uniseluler ataupun multiseluler seperti tumbuhan.

Untuk mempermudah penjelasan tentang arti kata pertumbuhan dan perkembangan, mari kita fokuskan pada satu contoh dulu yaitu tumbuhan.

Anda pasti pernah melihat tumbuhan yang awalnya dari biji kemudian menjadi tumbuhan berbuah dan berbunga dan kemudian menghasilkan biji.

Pengertian Pertumbuhan Makhluk Hidup Biologi

Sederhananya, dan secara garis besar pengertian pertumbuhan makhluk hidup adalah  adalah pertambahan bobot biomassa kering dari makhluk hidup.

 Dari buku buku biologi SMP dan SMA diterangkan bahwa pengertian pertumbuhan makhluk hidup adalah peningkatan volume (increase in volume), tinggi (height), atau berat (or weight) pada makhluk hidup (in living creature). 

Hal yang sama dengan paragraf pertama juga digunakan oleh kebanyakan peneliti di luar negeri. Mereka bersepakat bahwa terjadi penambahan bobot biomassa kering dari makhluk hidup untuk dikatakan suatu pertumbuhan terjadi.

Dilansir dari BBC.Uk, bahwa pertambahan bobot kering tersebut tidak dapat balik atau dikenal dengan istilah pertumbuhan irreversibel. 

Pengertian pertumbuhan dapat berbeda beda untuk kondisi yang berbeda. Contohnya pengertian pertumbuhan untuk organisme sel tunggal atau uniseluler. 

Sekedar review, organisme sel tunggal atau uniseluler itu makhluk hidup yang tubuhnya keseluruhan atau dalam artian satu individu hanya tersusun atas satu sel saja.

Ada juga yang berbentuk koloni (gabungan dari individu individu sel tunggal). Jadi sel tunggal ini dalam keadaan satu sel saja dapat melangsungkan proses hidup. Baca ciri ciri makhluk hidup.

Definisi Pertumbuhan 

Jadi pengertian pertumbuhan (growth) untuk uniseluler hanyalah sebatas pertambahan bobot kering saja yang tidak dapat balik (irreversibel).

Sedangkan pengertian pertumbuhan untuk multiseluler seperti manusia, tumbuhan dan hewan dan organisme banyak sel lainnya diartikan sebagai pertambahan bobot kering organisme yang tidak dapat balik dan diikuti dengan terjadinya pembelahan sel. 

Jadi memang sangat jauh berbeda ukuran pertumbuhan yang terjadi antara makhluk hidup uniseluler dan multiseluler.

Catatan : Makhluk hidup uniseluler contohnya bakteri, archaebakteria, dan protista (protozoa dan kawan kawannya).

Dalam membahas pertumbuhan, umumnya akan berkutat seputar bagaimana pertumbuhan pada tumbuhan serta bagaimana pertumbuhan pada hewan dan bagaimana pertumbuhan pada bakteri. 

Anda dapat baca artikel tersebut pada link dibawah ini

  1. Pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan
  2. Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan
  3. Pertumbuhan dan Perkembangan Bakteri
  4. Pertumbuhan dan Perkembangan Jamur

Jadi point terakhir yang perlu learniseasy.com tekankan adalah jangan pernah menganggap dalam organisme multiseluler harus terjadi pembelahan sel untuk setiap pertumbuhan.

pengertian pertumbuhan dan perkembangan definisi pertumbuhan
Bentuk nyata dari pertumbuhan adalah pembelahan sel

Hal itu karena lebih banyak sel yang mengalami perkembangan dalam proses hidupnya setelah mengalami pembelahan singkat. 

Pengertian Perkembangan Makhluk Hidup Biologi

Jadi setelah membahas tentang pengertian pertumbuhan, mari kita ulas tentang pengertian perkembangan makhluk hidup dalam biologi. 

Bila dipikir dengan ringan, seakan sama arti dari dua kata ini. Kenapa kebanyakan orang menganggap bahwa pertumbuhan dan perkembangan itu tidak memiliki perbedaan?

Jawabannya adalah karena mereka menyamakan penggunaan kata tersebut untuk benda mati dan makhluk hidup. Contohnya saja balonnya mengembang. Jadi pertambahan ukuran balon tersebut dikatakan sebagai perkembangan. 

Dalam biologi dan berpikir ilmiah, pertumbuhan dan perkembangan tidaklah sama. Pengertian pertumbuhan seperti yang dijelaskan sebelumnya memiliki perbedaan pengertian dengan definisi perkembangan.

Pengertian perkembangan dulunya dikenal dengan

Peristiwa difensiasi sel sel menuju kedewasaan

apa pengertian pertumbuhan dan perkembangan
Perkembangan pada sel sel embrio hasil pertemuan antara sperma dan ovum, kemudian berkembang menjadi sel dan jaringan lainnya

Menurut saya hal tersebut terlalu ketinggalan jaman dan masih membuat kita bertanya tanya apa pengertian perkembangan diatas sudah cukup membatasi kata “Perkembangan” tersebut.

Dilansir dari Britannica, bahwa pengertian perkembangan dalam biologi untuk makhluk hidup adalah suatu perubahan bentuk, ukuran dan fungsi yang progresif pada masa hidup suatu makhluk yang merupakan hasil terjemahan gen gen atau genotip sehingga menjadi fenotip.

Jadi pengertian perkembangan diatas menerangkan bahwa perkembangan itu dimulai dari terjadinya penerjemahan gen gen yang potensial yang kemudian diekspresikan dan selanjutnya menjadi fenotip. 

Hal inilah yang mendasari kenapa bagian sel sel kita ada yang menjadi jaringan penyusun mata, jaringan penyusun otot, dan banyak lagi.

Jadi kalian sudah tau bukan pengertian pertumbuhan dan pengertian perkembangan makhluk hidup biologi. 

Kesimpulan dari artikel tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan ini adalah 

Pertumbuhan itu hampir tidak memiliki tujuan, sedangkan perkembangan memiliki tujuan yang jelas

Pertanyaan seputar pengertian pertumbuhan dan perkembangan

  1. Apakah pertumbuhan itu sama dengan perkembangan ? Jawabannya jelas berbeda
  2. Apakah pertumbuhan dan perkembangan berjalan bersamaan? Jawabannya ya dan tidak. Pada kasus uniseluler, pertumbuhan terjadi bersamaan dengan perkembangan. Sedangkan pada kasus multiseluler pertumbuhan dan perkembangan pada situs atau area tersebut, ambillah contoh mata, tidak terjadi bersamaan, didahului oleh pertumbuhan pada masa janin, kemudian selanjutnya hanya terjadi perkembangan. Untuk kasus lain juga antara ya dan tidak.
  3. Apakah perkembangan tidak mengalami pertambahan massa? Jawabannya, perkembangan akan selalu terjadi perubahan massa. Baik itu penambahan maupun pengurangan. Akan tetapi, perkembangan tidak termasuk dalam pembelahan. Jadi apabila terjadi pembelahan maka jelas itu adalah pertumbuhan
  4. Apakah pertumbuhan pada tumbuhan terjadi selamanya? Jawabannya ya dan tidak. Sel tumbuhan pada bagian meristem akan selalu terjadi pembelahan yang artinya terjadi pertumbuhan. Banyak tumbuhan yang memiliki batas terhadap “keabadian” nya. Beberapa tumbuhan hingga saat ini ada yang memiliki meristem abadi.
  5. Apakah perkembangan dapat balik? Jawabannya Ya. Perkembangan pada makhluk hidup dapat terjadi terbalik. Bahkan pada kasus tertentu, pertumbuhan pun begitu. Pada spesies Jellyfish abadi Turritopsis dohrnii, mampu memutar balik dirinya menjadi bentuk 
  6. Apakah pertumbuhan dapat balik (irreversibel)? Jawabannya Tidak, akan tetapi ada beberapa pengecualian untuk itu

Itulah diatas penjelasan tentang apa pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Saran saya bagi yang belum mengerti, baca beberapa link diatas yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup seperti jamur, bakteri, hewan dan tumbuhan. 

faktor pertumbuhan dan perkembangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here