Pengertian Makna dan Ciri Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup (LENGKAP)

0
9366

Learniseasy.com – Pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka, makna pancasila sebagai ideologi terbuka dan ciri Pancasila sebagai ideologi terbuka – Kemarin datang email dari salah satu pelajar SMA, dia bertanya tentang bagaimana pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka dan tertutup. Postingan kali ini untuk menjawab pertanyaan sehubungan pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka.

Apa itu Pancasila : Pengertian Pancasila

Apa itu pancasila. Kata Pancasila merupakan serapan dari bahasa Sansekerta. Panca berarti lima dan sila artinya dasar. Jadi berdasarkan kata penyusunnya, pancasila dapat diartikan sebagai lima dasar.

Kata Pancasila sendiri bukan berdasar atas sebut sebut lima saja, tetapi diambil dari kitab karangan Empu tantular yaitu Kitab Sutasoma. Dalam kitab sutasoma sempat disebut istilah Pancasila sebagai pelaksanaan kesusilaan yang lima.

Karena terlalu banyak ahli yang beranggapan tentang apa pengertian pancasila, maka saya ambil satu saja yang memiliki pengertian pancasila yang mencakup segala aspek dari pancasila.

Pengertian pancasila menurut Notonegoro bahwa pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia (Indonesian state philosophy) , sehingga dapat diambil simpulan bahwa pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia.

Sehingga menjadi dasar pemersatu, simbol persatuan dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan negara republik Indonesia.

Sebagai tambahan menurut Bung Karno, pengertian pancasila adalah falsafah bangsa Indonesia (The basic philosophy of the nation Indonesia).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pancasila adalah dasar falsafah bangsa dan negara republik Indonesia.

Apa artinya kalimat diatas. Artinya, Pancasila adalah ideologi bangsa dan negara republik Indonesia.

Setelah kita ketahui apa itu pancasila, mari kita kaji ke bagian pengertian ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka dan tertutup.

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila merupakan ideologi yang sangat jauh berbeda dengan demokrasi ataupun liberal. Pancasila adalah ideologi yang telah dimiliki oleh bangsa Indonesia jauh sebelum negara ini terbentuk.

Ide tentang sifat pancasila sebagai ideologi terbuka barulah mencuat kepermukaan pada tahun 1985. Ketika itu, Pancasila memang baru dijadikan sebagai dasar negara (Dikutip dari Emran, 1994:38).

Jadi kenapa Pancasila haruslah memiliki sifat ideologi terbuka. Hal tersebut dijelaskan bahwa pancasila menjadi pedoman dan acuan kita dalam melakukan aktivitas di segala lini kehidupan di Indonesia, atas dasar itulah Pancasila harus terbuka, luews dan fleksiber dan tidak tertutup apalagi kaku. Apabila terjadi sebaliknya, maka Indonesia dan rakyatnya akan menjadi barang rongsokan.

Pengertian Ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka dalam Marsudi (2006:62) bahwa ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman tanpa membuat perubahan pada nilai dasar pancasila.

Hal tersebut dia terangkan bahwa, mengubah nilai dasar pancasila berarti mengubah identitas atau jati diri bangsa Indonesia. Boleh dikatakan, jangan sebut lagi dia “Pancasila” bila kau ubah nilai dasarnya.

Pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka bahwa merupakan sebuah dasar negara berdasarkan hasil konsensus masyarakat Indonesia yang mengikuti perkembangan zaman atau bersifat dinamis yang masih berdasar nilai dan cita bangsa Indonesia yang kaya kelima sila pancasila

Kenapa Pancasila Harus Menjadi Ideologi Terbuka

Apa yang menjadi penyebab Pancasila menjadi ideologi terbuka. Menurut Moerdiono (BP7 Pusat, 1992:399) diterangkan bahwa terdapat empat (4) faktor yang mendorong ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka.

  1. Dalam melaksanakan program pembangunan nasional yang terencana dan berjangka, masyarakat akan mengalami dinamika dan berkembang. Agar semua persoalan dapat dipecahkan solusinya, dasar negara dan bangsa kita yaitu Pancasila haruslah dapat berkembang sesuai zaman pula
  2. Fakta sejarah yang menunjukkan bahwa banyak ideolog tertutup yang saat ini hancur beserta negara penganutnya. Ambil saja komunisme marx yang saat ini tengah dilanda dilema untuk tetap tertutup atau hancur ditelan zaman. Kita dapat lihat bahwa negara penganut ideologi komunis sekarang ini berada diantara dua ideologi yaitu liberal demokrasi serta komunis.
  3. Fakta sejarah bahwa Indonesia pernah hampir dikuasai oleh ideologi komunisme yang kaku yang membuat negara dan bangsa kita sempat terpecah belah akibat masalah politik (kekuasaan) serta ekonomi global. Bahkan hal tersebut membuat munculnya istilah Anti – Pancasila
  4. Keinginan luhur bangsa Indonesia dan seluruh rakyatnya untuk menjadikan pancasila sebagai dasar negara dan dasar falsafah kebangsaan yang membuatnya harus menjadi terbuka agar tidak ditinggalkan rakyat dan zaman itu sendiri.

Ciri Ciri Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Dalam berbangsa dan bernegara, Pancasila menjadi Ideologi artinya menjadi pandangan hidup dan pegangan dalam bernegara dan berbangsa. Tentunya bagi yang beragama Islam, mendahulukan perintah Allah SWT dalam langkahnya sebagai manusia.

Berikut beberapa ciri ciri pancasila sebagai ideologi terbuka:

  1. Pancasila memiliki warna kepribadian masyarakat Indonesia khususnya zaman sebelum penjajahan dan semasa penjajahan serta perjuangan kemerdekaan.
  2. Pancasila bersifat dinamis dan kreatif berkembang dalam menuntaskan tujuan nasional
  3. Pancasila bercirikan pengalaman sejarah rakyat Indonesia sebagai Bangsa Indonesia, khususnya setelah masuknya agama Islam di Indonesia.
  4. Pancasila muncul atas keinginan rakyat Indonesia sendiri, bukan hasil paksaan ataupun campur tangan selain rakyat Indonesia. Tentu saja diwakilkan dalam Panitia 9.
  5. Pancasila mempunyai isi yang tidak operasional
  6. Mendukung adanya pluralitas dalam berkehidupan berbangsa bernegara berbudaya beragama.
  7. Mendorong rakyat Indonesia untuk bertanggung jawab sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila

Apa Akibat Bila Idelogi Pancasila Tidak Terbuka

Ini merupakan pertanyaan yang jelas harus kita tanyakan. Kenapa bila Pancasila menjadi sepenuhnya tertutup saja. Kenapa Pancasila harus menjadi ideolog terbuka (kecuali untuk nilai nilai dasar).

Sesungguhnya akibat yang paling jelas adalah penyelenggara negara akan sangat kesulitan dalam meramu peraturan perundang undangan untuk menjamin kesejahteraan yang aman dan terkendali bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dampak yang lain apabila Pancasila menjadi ideologi yang sepenuhnya tertutup adalah penolakan yang keras terhadap warna baru dalam masyarakat. Jadi kreativitas yang masih menganut dasar pancasila akan tetapi untuk pancasila yang kaku dia berlawanan, maka akan ditolak mentah mentah. Hal ini akan mengkerdilkan bangsa dan negara republik Indonesia di mata rakyat negeri sendiri dan negara lainnya.

Hal tersebut jelas, dari segi keamanan, politik serta ekonomi dan perkembangan teknologi adalah kerugian besar dan sebuah kebodohan tingkat tinggi.

Sekiranya kalian sudah paham apa itu pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka. Mari kita masuk ke Pengertian pancasila sebagai ideologi tertutup?

Pengertian Pancasila sebagai Ideologi tertutup : Catatan Sejarah

Pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Indonesia dengan tiap simbol mewakili tiap sila.
Pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka Lambang Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Indonesia dengan tiap simbol mewakili tiap sila.

Sekarang ini, kita ketahui bahwa pancasila merupakan ideologi terbuka. Lalu kenapa ada istilah pancasila sebagai ideologi tertutup.

artikel terkait:

Sejarah Pancasila Masa Orde Baru dan Reformasi

Dulunya, pancasila pernah menjadi alat politik kekuasaan, sehingga menjadikan ideologi Pancasila menjadi sumber monopoli kekuasaan.

Bahkan Bapak Kuntowijoyo (dalam Bernafas, 25/1/2004) membenarkan hal tersebut:

Pemerintah telah memanipulasi Pancasila untuk keuntungan mereka

Mungkin yang kelahiran 50 an hingga 70 an masih ingat istilah P4. Ini merupakan produk orde baru besutan Presiden Soeharto dalam menjadikan ideologi pancasila sebagai ideologi tertutup.

Lalu apa salahnya bila pancasila menjadi ideologi tertutup. Tentu saja karena ini sejarah, maka sebenarnya sudah terjadi. Beberapa kesalahan yang terjadi akibat menjadikan ideologi Pancasila sebagai ideologi tertutup adalah:

  1. Penguasa menjadi totaliter, sehingga sangat kepo dan gila urusan terhadap seluruh kepentingan dan aktivitas warga negara dan yang bukan warga negaranya.
  2. Pancasila diberikan makna tambahan yang berisikan aturan aturan yang harus kita patuhi dan sifatnya menyeluruh. Hal tersebut jelas karena mereka tidak ingin disanggah.
  3. Pancasila sebagai ideologi tertutup merupakan keinginan sekelompok orang kepo dan gila urusan contohnya keluarga cendana, Presiden Soeharto “Was Our Godfather”.
  4. Pemerintahan menjadi anti kritik dan tidak bisa salah. Hal itulah yang membuatnya menjadi dogmatis dan apriori.
  5. Menjadikan masyarakat menjadi kerdil akan keragaman, menginginkan kita menjadi para minionnya yang seragam. Tentu saja untuk membuat kita mudah diatur, layak domba saja.
  6. Terakhir, ideologi Pancasila sebagai ideologi tertutup mendoakan kita agar patuh dan taat sama penguasa.

Semenjak negara api menyerang (becanda). Setelah digulingkannya Presiden Soeharto dari kursi tuanya, ideologi pancasila kemudian perlahan lahan di kembalikan menjadi ideologi terbuka.

Bagaimana Kondisi Ideologi Pancasila Sekarang Ini

Kondisi ideologi pancasila sekarang ini masih sebagai ideologi terbuka. Akan tetapi banyak anak muda khususnya para generasi Y dan Z menjelek jelekkan pancasila. Sebagian bahkan ada yang terseret masuk kedalam pemikiran kiri komunisme.

Bahkan anehnya sekelompok kaum ingin mengganti Pancasila dengan alasan tidak sesuai dengan agama tertentu. Hal tersebut sangatlah tidak berasalan karena anggota anggota yang merancang lima dasar dalam Pancasila itu, sudah salah satu anggota terbaik dari kaum mereka. Sudah setinggi apa ilmu mereka sehingga mereka mengatakan dengan tegas bahwa Pancasila tidak sesuai dengan ajaran agama mereka.

Bahkan Pancasila sekarang ini, sudah terlalu “terbuka”. Budaya asing khususnya budaya yang merusak masuk begitu saja. Contoh paling terlihat adalah budaya mempertontonkan tubuh mereka alias berbusana minim.

Dulu, orang berbusana minim alias cuman pake sarung atau kain seadanya karena keadaan ekonomi. Sekarang, semakin memiliki duit, semakin minim pakaiannya. Walaupun bukan mayoritas rakyat Indonesia berperilaku seperti itu, akan tetapi minor pun dapat menjadi pengaruh signifikan terhadap nilai dasar Pancasila.

Untuk itu, mari tegakkan pancasila sebagai ideologi terbuka yang bertanggung jawab. Jangan buat ideologi pancasila menjadi “telanjang”.

Sekian dan terima kasih. Wassalam. Tetap belajar karena belajar itu mempermudah hal lainnya.

Baca juga artikel terkait:

Filsafat Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideolog

Belajar Nilai Nilai Pancasila: Zaman Sebelum Penjajahan

NIlai Nilai Pancasila: Revitalisasi dan Internalisasi Pancasila

Googlesearchtag: Pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka, definisi pancasila sebagai ideologi terbuka dan tertutup, arti kalimat pancasila sebagai ideologi terbuka. Pengertian pancasila sebagai dasar negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here