Pengertian Olahraga : Apa Itu Olahraga

0
244

Learniseasy.com – Pengertian Olahraga | Apa itu olahraga | Definisi olahraga | Olahraga fisik dan mental.

Kali ini kita bahas salah satu hal yang penting buat tubuh kita yaitu Olahraga. Kalian sudah tahu tidak apa definisi dari kata “Olahraga” sendiri.

Pada tahun 1960-an olahraga diartikan sebagai “Upaya perjuangan melawan unsur alam atau diri sendiri”. Kemudian pada tahun 1972, pengertian olahraga oleh Badan Eropa,diubah menjadi “Aktivitas spontan, bebas dan dilaksanakan pada waktu luang”.

Hal tersebut membuat kata “Olahraga” memiliki pengertian yang luas. Olahraga bukan hanya yang bersifat kompetitif atau persaingan.

Olahraga tidak bisa diartikan sebagai kegiatan perlombaan atau pertandingan untuk memperagakan prestasi yang optimal.

Olahraga memiliki keluasan arti sebagai kegiatan jasmani dan bahkan pikiran pada luang sebagai pelepas lelah, misalnya untuk pembinaan kebugaran jasmani.

Menurut Herbert Haag (1986), Menurut beliau, pengertian olahraga tidak boleh diartikan dalam arti yang sempit sebagai sesuatu yang kompetitif, tetapi maknanya adalah mencakup kegiatan jasmani, baik formal maupun informal sifatnya, dan bahkan dalam bentuk kegiatan fundamental seperti pembinaan kebugaran jasmani.

Bahkan sekarang ini dengan bertambah banyaknya jenis kegiatan dan aktivitas spontan diwaktu luang, olahraga tidak sebatas pengembangan fisik saja, melainkan pengembangan mental serta otak dan cara berpikir.

Olahraga Fisik

Physical exercise atau olahraga fisik adalah olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas fisik dan kesehatan tubuh.

Olahraga fisik dilakukan atas beberapa alasan atau tujuan. Baik itu untuk kesehatan, menjaga dari penuaan dini, memperbesar otot tubuh, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, diet dan bahkan untuk kesenangan.

Bahkan riset, penelitian dan kenyataan yang ada dilapangan membuktikan bahwa dengan olahraga yang teratur, dapat meningkatkan ketahanan tubuh melawan berbagai penyakit seperti diabetes, serangan jantung, depresi, imsonia, dan juga obesitas.

Pengertian olahraga definisi olahraga
Pengertian olahraga definisi olahraga

Olahraga fisik terbagi atas tiga kelompok besar sesuai dengan efek yang ditimbulkan kepada tubuh seseorang.

  1. Olahraga Aerobik. Pengertian olahraga aerobik adalah segala macam aktivitas yang menggunakan sekelompok besar grup otot sehingga tubuh membutuhkan banyak oksigen. Tujuan dari olahraga aerobik adalah untuk meningkatkan ketahanan sistem peredaran darah.
  2. Olahraga Anaerobik. Pengertian olahraga anaerobik adalah olahraga yang berhubungan dengan kekuatan dan latihan bertahan, dapat mengkokohkan, memperkuat dan memperbesar otot serta memperkuat tulang, keseimbangan dan koordinasi. Contoh olahraga anaerobik adalah pull up, push ups. Jenis jenis olahraga yang berhubungan dengan olahraga anaerobik adalah latihan beban, latihan interval, sprinting, dan banyak lagi.
  3. Olahraga Kelenturan dan Pelemasan. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi. Tentu saja tujuan akhirnya adalah untuk mengurangi kemungkinan terjadinya cedera otot dalam segala aktivitas khususnya aktivitas berat.
Pengertian olahraga definisi olahraga
Pengertian olahraga definisi olahraga

Demikianlah artikel tentang pengertian olahraga. Sekian dan terima kasih, Tetap belajar karena belajar itu mudah. Jangan lupa olahraga yah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here