Pengertian Modernisasi dan Globalisasi serta Hubungannya dan Syarat

0
32
loading...

Pengertian Modernisasi dan Globalisasi | Tag: Modernisasi di bidang ekonomi | Modernisasi di Indonesia | Modernisasi dan globalisasi | Modernisasi di bidang teknologi | Pengertian modernisasi secara umum.

Learniseasy.com – Apa itu modernisasi dan globalisasi serta hubungan keduanya. Pertanyaan yang semoga terjawab dalam artikel kali ini.

Pengertian Modernisasi

Pengertian modernisasi secara umum adalah proses perubahan masyarakat tradisional ataupun konvesional menjadi masyarakat yang modern. Modern berarti mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi.

Sehingga bila sudah ada teknologi ini dan itu tetapi masyarakat tersebut masih menggunakan teknologi tempo dulu, maka dapat dikatakan masyarakat tersebut tidak “termodernisasi”.

Lalu bagaimana pengertian modernisasi menurut para ahli?

Pengertian modernisasi menurut Widjojo Nitisastro bahwa modernisasi adalah transformasi total dan kehidupan bersama yang tradisional atau pra-modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial (social organization), ke arah pola-pola ekonomis dan politis (to economical and political pattern).

Pengertian modernisasi menurut Soerjono Soekanto dalam bukunya Pengantar Sosiologi, bahwa modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial yang terarah yang (directed social change) didasarkan  pada suatu perencanaan (based on a planning) yang biasanya dinamakan (that usually called) social planning. (Sengaja diberikan arti bahasa inggris bagi yang ingin belajar bahasa inggris).

Pengertian modernisasi menurut Wilbert E Moore bahwa modernisasi adalah  suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial (as “the ‘total’ transformation of a traditional or pre-modern society into the types of technology and associated social organisation ) ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri Negara barat yang stabil (that characterise the ‘advanced’, economically prosperous, and relatively politically stable nations of the Western World).

Jadi Hal hal yang dapat dimpulkan dari definisi dan pengertian modernisasi diatas adalah:

  1. Modernisasi bersifat progresif dan dinilai dari mayoritas, bukan keseluruhan individu masyarakat
  2. Modernisasi bersifat rasional, artinya mampu diukur dan bergerak kearah industrialisasi.
  3. Modernisasi artinya peningkatan taraf hidup, bukan kualitas hidup seseorang.

Syarat Modernisasi

Tentu saja pasti ada syarat untuk terjadinya modernisasi di suatu masyarkat. Syarat yang harus terpenuhi agar terjadinya modernisasi menurut Soerjono Soekanto adalah sebagai berikut:

  1. Cara berpikir yang ilmiah dan berlembaga yang berada dalam masyarakat terutama di golongan penguasa dan pengusaha.
  2. Adanya sistem administrasi dalam negara yang teratur dan rapi serta baik agar terwujud birokasi yang sehat.
  3. Terpusatnya pengumpulan data negeri tersebut dalam suatu lembaga atau badan.
  4. Tersedianya sarana komunikasi massa untuk menciptakan iklim menyenangkan kepada masyarakat agar menerima modernisasi.
  5. Adanya pemusatan wewenang atau sentralisasi dalam pelaksanaan perencanaan sosial untuk melakukan perubahan sosial (teori modernisasi Soerjono soekanto).
Pengertian modernisasi dan globalisasi serta hubungannya
Pengertian modernisasi dan globalisasi serta hubungannya

Pengertian Globalisasi

Apa itu globalisasi? Globalisasi adalah terjadinya penyatuan tanpa kesatuan. Globalisasi dapat juga diartikan sebagai proses saling mempengaruhi seluruh dimensi kehidupan tanpa adanya batas wilayah.

Baca lebih lengkap disini:

Globalisasi : Pengertian Globalisasi, Ciri Ciri, Dampak, Dan Pentingnya Globalisasi

Dapat dikatakan bahwa globalisasi adalah ibu dari modernisasi, adapun yang mengatakan sebaliknya, bahwa modernisasi yang melahirkan globalisasi. Ada pula yang mengatakan bahwa modernisasi itu sama saja dengan globalisasi. Ada pula yang mengatakan berbeda, bahwa modernisasi berbeda dengan globalisasi.

Pada awalnya memang, modernisasi oleh Max Weber (pencetus istilah modernisasi) beranggapan bahwa modernisasi berbeda dengan globalisasi. Hal tersebut karena modernisasi sangat berhubungan dengan liberalisasi dan industrialisasi sedangkan globalisasi tidak berhubungan sedekat itu.

Walaupun kenyataan saat ini, modernisasi akan selalu sejalan dengan globalisasi. Akan tetapi, kita tidak boleh menyamakan kedua kata ini karena memang modernisasi itu hanya terjadi pada daerah yang rural atau pra modern ke modern, sedangkan globalisasi lebih menekankan saling memengaruhi.

Artinya, tiap negara maju pun dapat saling terjadi globalisasi.

Globalisasi dapat terjadi atau masuk dengan beberapa jalur seperti

  1. Lembaga Keagamaan
  2. Lembaga Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
  3. Wisata Mancanegara
  4. Industri Internasional dan Lembaga perdagangan
  5. Lembaga Kenegaraan seperti konsuler dan hubungan diplomatik
  6. Saluran komunikasi (telp dsb), serta telekomunikasi internasional.

Jadi memang apabila dipahami dengan baik, keduanya memang memiliki persinggungan atau kesamaan diwilayah ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi hubungan modernisasi dan globalisasi dapat disimpulkan sebagai bagian globalisasi yang khusus terjadi pada daerah pra modern.

Demikianlah artikel tentang pengertian modernisasi dan globalisasi serta hubungannya dan syarat modernisasi

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here