Pengertian Laporan Keuangan Menurut Ahli dan 4 Dasar Laporan Keuangan

0
15
loading...

Learniseasy.com – Kali kita akan belajar dasar pengertian laporan keuangan dan definisi laporan keuangan menurut para ahli. Kalian yang belajar akuntansi pasti akan sering menemui istilah “Laporan Keuangan”, mari kita kaji apa definisi Laporan keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan

Mari kita mulai dengan tanggapan John N. Myer dalam buku nya yang terkenal yaitu Financial Statement Analisis bahwa pengertian laporan keuangan adalah

dua daftar yang disusun oleh akuntan pada akhir periode untuk suatu perusahaan. Kedua daftar itu berupa neraca atau daftar posisi keuangan dan daftar pendapatan atau rugi-laba.

Akan tetapi dilihat dari aplikasi yang ada sekarang, laporan keuangan menjadi bertambah satu lagi yaitu, daftar surplus atau daftar laba yang tidak dirugikan.

Jadi pengertian laporan keuangan secara umum adalah laporan pada perusahaan yang merupakan hasil akhir (A report on the company that is the end result) dari kegiatan akuntansi (of accounting activities ) (siklus akuntansi) yang mencerminkan kondisi keuangan dan hasil operasi perusahaan (that reflects the financial condition and results of operations of the company).

Selanjutnya pengertian laporan keuangan oleh Munawir (Analisa Laporan Keuangan) bahwa

Laporan keuangan dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang  bersifat historis dan menyeluruh sebagai suatu laporan kemajuan (progress report).

Selanjutnya masih dalam buku yang sama Munawir menambahkan bahwa pengertian laporan keuangan terdiri dari data-data yang merupakan hasil dari suatu kombinasi antara fakta-fakta yang telah dicatat (recorded fact), prinsip-prinsip, dan kebiasaan-kebiasaan di dalam akuntansi (accounting convention and postulate), serta pendapat pribadi (personal judgement).

Pengertian Laporan keuangan menurut Zaki Baridwan bahwa definisi laporan keuangan adalah ringkasan dari suatu proses pencatatan (A summary of a recording process) dan transaksi-transaksi keuangan (and financial transactions) yang terjadi selama satu tahun buku yang bersangkutan (that occur during a given fiscal year).

Terakhir, dalam standar akuntansi keuangan dituliskan bahwa pengertian laporan keuangan adalah bagian dari bagian dari proses pelaporan keuangan dan laporan keuangan lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara, seperti sebagai laporan arus kas), catatan, laporan keuangan lain, dan materi penjelasan yang bagian integral dari laporan keuangan.

Sekilas Tentang Laporan Keuangan

Laporan keuangan terdiri atas neraca, laporan laba rugi, serta laporan perubahan modal. Akan tetapi untuk membantu menjelaskan kondisi perusahaan, dalam laporan keuangan sering ditambahkan laporan sumber serta penggunaan kas, laporan biaya produksi dan banyak lagi.

Oleh karena itu, dalam berbisnis dengan pihak tertentu sebuah perusahaan diminta memperlihatkan laporan keuangan mereka yang valid, dan ada juga perusahaan yang menjaga dari perusahaan tandingan mereka.

Jadi dari penjelasan diatas dan definisi tentang laporan keuangan, kita dapat menuliskan empat laporan dasar yang harus ada dalam laporan keuangan yaitu:

  1. Neraca, menunjukkan posisi keuangan (Shows the financial position) yang meliputi (which includes) kekayaan (wealth), kewajiban (liabilities) serta modal pada waktu tertentu.
  2. Laporan rugi-laba, menyajikan hasil usaha perusahaan yang (presents the results of a company’s business that) meliputi pendapatan dan biaya (includes revenues and expenses) (beban) yang dikeluarkan sebagai akibat dari pencapaian tujuan dalam suatu periode tertentu (incurred as a result of the achievement of the objectives within a given period).
  3. Laporan perubahan modal/laba ditahan, yang memuat tentang saldo awal dan akhir (containing the beginning and ending) laba ditahan dalam Neraca (balance of the retained earnings in the Balance Sheet) untuk menunjukkan suatu analisa perubahan besarnya laba selama jangka waktu tertentu.
  4. Laporan arus kas, memperlihat aliran kas selama periode tertentu (showing cash flow over a certain period), serta memberikan informasi terhadap sumber-sumber kas (and providing information on cash resources) serta penggunaan kas dari setiap kegiatan dalam periode yang dicakup (cash usage of each activity within the period covered).

    Pengertian laporan keuangan dan defnisi laporan keuangan
    Pengertian laporan keuangan dan defnisi laporan keuangan

Sumber artikel pengertian dan definisi laporan keuangan

  • Abdullah Amrin (2009) dalam buku “Bisnis, Ekonomi, Asuransi dan Keuangan Syariah, diterbikan oleh Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) di Jakarta.
  • Arief Sugiono dan Edy Untung dalam buku “Panduan Praktis Dasar Analisas Laporan Keuangan” diterbitkan oleh Gramedia Widiasarana Indonesia di Jakarta tahun 2008.
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here