Pengertian Jaringan Meristem dan Macamnya

0
81
loading...

Learniseasy.com – Apa pengertian jaringan meristem dan macam macam jaringan meristem pada tumbuhan | Apa definisi jaringan meristem dan penjelasannya | Arti kata jaringan meristem dan contohnya.

Dalam artikel kali ini kita akan mengulas tentang arti kata meristem. Pengertian meristem adalah jaringan pada tumbuhan yang tersusun atas sel sel kecil (small cells) berdiameter hampir simetris yang belum terspesialisasi serta aktif membelah. 

Jaringan meristem atau sel meristem memiliki sitoplasma yang padat dan juga vakuola yang kecil. 

Jaringan meristem tersusun atas sel sel yang dinamakan sel meristematik. 

Macam dan Pembagian Jaringan Meristem

Jaringan meristem utamanya terbagi dua yaitu meristem utama dan meristem sekunder. Pengertian jaringan meristem primer/ utama adalah jaringan yang aktif membelah sejak terjadinya perkecambahan dan membelah kesegala arah. Oleh karena itulah jaringan meristem utama atau primer bertanggungjawab atas pertumbuhan biomassa tumbuhan. 

Sedangkan pengertian jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang aktif membelah ke arah samping yang berasal dari jaringan meristem utama. Meristem sekunder hadir dalam wujud kambium vaskular dan kambium gabus pada tumbuhan. Jaringan meristem sekunder boleh dikatakan sudah sedikit terspesialiasi.

Selain itu, jaringan meristem dapat juga dibedakan atas letaknya pada tumbuhan. Hal ini lebih lanjut akan dijelaskan pada artikel ini Pertumbuhan dan Perkembangan tumbuhan.

apa itu jaringan meristem dan macamnya, pengertian jaringan meristem
Pengertian jaringan meristem dan macam macam jaringan meristem

Sekian artikel tentang pengertian jaringan meristem dan sedikit ulasan tentang macam macam jaringan meristem tumbuhan. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Bagi kalian yang ingin belajar dan memahami lebih jauh lagi tentang jaringan meristem dan tumbuhan umum dan spesifik, silahkan baca artikel tentang jaringan jaringan pada tumbuhan dan jaringan pada hewan. 

Perdalam pemahaman anda tentang dogma sentral biologi khususnya pada  pembelahan sel pada tumbuhan serta hormon hormon yang ada pada tumbuhan (faktor faktor pertumbuhan dan perkembangan).

Fakta Menarik Tentang Meristem

Fakta menarik dari jaringan meristem pada tumbuhan adalah mereka seakan abadi “Immortal being”. Mereka dapat dibunuh, akan tetapi dalam kondisi yang menguntungkan mereka seakan tidak menua. Jaringan meristem seperti jaringan yang tidak akan pernah mengalami perubahan umur apabila tidak melakukan diferensiasi.

Meristem tertua yang sekarang ditemukan adalah meristem berumur 320 juta tahun yang diambil pada bagian akar. Anda dapat membacanya di jurnal Current Biology.

 

Googletagsearch: pengertian jaringan meristem pengertian jaringan meristem dan jaringan dewasa. Pengertian jaringan meristem primer. Pengertian jaringan meristem sekunder pengertian jaringan meristem dan permanen pengertian jaringan meristem dan contohnya.

pengertian jaringan meristem adalah pengertian jaringan meristem apikal pengertian jaringan meristem interkalar
pengertian jaringan meristem apex dan lateral. Pengertian jaringan meristem dan fungsinya fungsi jaringan meristem apikal contoh jaringan meristem apikal.  

Fungsi jaringan meristem adalah ciri-ciri jaringan meristem apikal fungsi jaringan meristem akar fungsi jaringan meristem apikal interkalar dan lateral

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here