Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon

0
845

Learniseasy.com – Apa itu Hormon? Pengertian hormon dan fungsi hormon | Kali ini kita akan belajar tentang apa itu hormon atau pengertian hormon dan fungsi hormon.

Pengertian Hormon

Hormon merupakan kata turunan dari bahasa Yunani yaitu hormein . Arti kata hormein adalah memacu atau mempercepat atau menggalakkan. Hormon berbeda dengan enzim.

Dalam kamus kesehatan, pengertian hormon adalah

Senyawa yang dihasilkan organ tubuh tertentu untuk memacu kerja organ tubuh tertentu

Walaupun terlihat memiliki sedikit kesamaan arti dengan enzim, akan tetapi hormon dan enzim berbeda. Enzim dihasilkan dalam tingkat seluler, sedangkan hormon dihasilkan dalam tingkat jaringan dan organ serta enzim bekerja sangat cepat sedangkan hormon bekerja lambat.

Organ pada manusia yang berfungsi menghasilkan hormon disebut kelenjar. Bagi kalian yang belum tahu apa nama proses keluarnya hormon dari kelenjar, itu disebut inkresi.

Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin akan masuk ke dalam aliran darah karena tidak memiliki saluran khusus, sedangkan kelenjar eksokrin mengeluarkan hormon pada saluran khusus, contohnya kelenjar pankreas yang memiliki saluran khusus berupa duktus pankreatikus.

Pengertian hormon dan fungsinya
Pengertian hormon dan fungsinya

Fungsi Hormon

Apa saja fungsi hormon itu? Silahkan dibaca beberapa fungsi hormon secara umum dibawah ini:

  1. Mengontrol pertumbuhan
  2. Mengatur kerja reproduksi
  3. Mempertahankan homeostasis
  4. Mengintegrasikan dan mengoordinasikan kegiatan antara sistem saraf dan hormon

Penjelasan yang lebih lanjut tentang fungsi hormon diatas akan lebih spesifik lagi ke hormon yang dimaksud. Contoh hormon progesteron dan fungsinya atau hormon estrogen dan fungsinya.

Contoh hormon seperti testoteron. Selain hormon pada hewan ada juga hormon pada tumbuhan. Walaupun kerja pada kedua jenis hormon ini cukup berbeda.

Demikianlah artikel tentang pengertian hormon dan fungsi hormon secara umum. Bagi kalian yang ingin penjelasan lebih lanjut tentang hormon tertentu dan cara kerjanya silahkan komentar atau hubungi kami di halaman contact us.

Sekian dan terima kasih. Tetap semangat belajar karena belajar itu mudah dan memudahkan anda untuk kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here