Pengertian Hidrosfer dan Siklus Hidrologi

0
17

Belajar Pengertian Hidrosfer dan Siklus Hidrologi

Kali ini kita akan belajar tentang Hidrosfer dan Siklus hidrologi. Jangan malas belajar yah karena belajar itu mudah. Sebelum kita terlalu jauh belajar tentang hidrosfer dan siklus hidrologi, mari kita kenali definisi hidrosfer dan siklus hidrologi.

Pengertian hidrosfer berdasarkan etimologi nya adalah “AIR DI BUMI” karena Hidrosfer atau hydrosphere merupakan gabungan dari kata “Hydro” dan “Sphere” yang berarti Air dan BUMI.

Pengertian Hidrosfer ada dua jenis. Kebanyakan peneliti berpendapat bahwa Hidrosfer merupakan seluruh massa air yang ada di Bumi baik itu  pemukaan bumi, dibawah permukaan bumi, dan juga diatas permukaan bumi (langit).

Pengertian hidrosfer yang lain adalah seluruh massa cairan air yang ada di Bumi baik itu dibawah permukaan bumi, permukaan bumi dan diatas permukaan bumi.

Jadi dalam pengertian hidrosfer terdapat satu istilah Cryosphere. Pengertian Cryosphere sendiri adalah seluruh massa padat air yang ada di BUMI contohnya Es di Artik.

Kita ambil pengertian hidrosfer yang pertama saja.

Hidrosfer yang ada di Bumi terdiri atas dapat berada di Sungai dipermukaan bumi, sungai dibawah permukaan bumi, danau, laut, Es di Artik dan antartik, salju, dan juga yang berbentuk gas seperti awan.

Diperkirakan  bahwa terdapat 1386 juta km kubic air yang ada di Bumi. Tapi kamu tau tidak, dari jumlah yang besar itu, 97,5 % nya merupakan air asin (saltwater).

Air Tawar hanya 2,5 %

Dari 2,5 % air tawar tersebut, 68,9 % nya berbentuk es dan salju di Artik, bayangkan, ternyata jumlah air yang ada di Bumi ini yang kita konsumsi seluruh manusia itu kurang dari 1 %.

Kalian tau tidak total massa Hidrosfer di Bumi itu 1,4 x 1018  Ton

Berat air di seluruh Bumi itu hanya bagian kecil dari berat Bumi yaitu 0,023 % berat Bumi dari  berat total Bumi.

Ada 20 x 1012 ton air yang ada di atmosfer.

75 % permukaan Bumi kita tertutupi oleh lautan.

Dalam mempelajari hidrosfer kalian harus tahu apa itu siklus hidrologi (hydrology cycle).

Air dibumi kita jumlahnya itu hampir tetap (selama tidak dibawa ke luar planet kita, seperti di satelit, bulan dan eksplorasi luar angkasa dan percobaan kimia sesuai).

Air di Bumi dapat berpindah tempat dan bentuk mulai dari cair, gas, hingga padat dan kristal. Semua itu  merupakan manfaat siklus hidrologi.

Siklus Hidrologi

Pengertian siklus hidrologi adalah pergerakan air dalam hidrosfer. Pergerakan yang dimaksud ini adalah perpindahan reservoir atau status dari air tersebut ke status yang lain dan kemudian kembali lagi ke tempat semula (bila tanpa ada campu tangan manusia).

-Baca Juga-

Air yang berada di sungai, lautan dan tumbuhan serta air lainnya yang mengalami penguapan karena sinar matahari akan naik ke atas dan mengalami kondensasi atau pendinginan kemudian membentuk awan lalu setelah beberapa picuan, hujan terjadi lalu air kembali lagi ketempatnya dengan adanya aliran aliran (pengaruh kontor bumi).

Pengertian Ekosistem dalam Biologi

Dalam siklus hidrologi  kalian harus kenali beberapa istilah yaitu

  1. Evaporasi yaitu penguapan
  2. Kondensasi atau pemadatan atau pendinginan uap air
  3. Presipitasi atau hujan
  4. Flow atau aliran.
  5. Sublimasi atau perubahan wujud air dari padat ke gas (tanpa melewati bentuk cairnya).
  6. Perkolasi, mengalirnya air secara vertikal di tanah dan batuan karena pengaruh gravitasi
  7. Adveksi, perpindahan posisi air (awan) di atmosfer
  8. Infiltrasi, meresapnya air dari permukaan  tanah ke bawah
  9. Deposisi adalah perubahan wujud air dari gas ke padat, tanpa melewati bentuk cair
  10. Transpirasi, menguapnya air dari makhluk hidup dan tanah ke atmosfer.
Pengertian hidrosfer dan daur siklus hidrologi
Pengertian hidrosfer dan daur siklus hidrologi

Dari gambar diatas, kalian bisa mempelajai beberapa tempat siklus hidrologi terjadi dan proses yang terjadi pada tempat tersebut.

Siklus Hidrologi
Bagan Proses Siklus Hidrologi

Kita dapat mengatakan bahwa siklus hidrologi terjadi secara global di Bumi kita ini. Air yang kita minum mungkin pernah berada di selokan dan mungkin sebelumnya berasal dari tanaman, dan sebagainya.

Siklus hidrologi adalah berkah untuk manusia dan seluruh penghuni Bumi, dengan adanya siklus hidrologi, kita tidak perlu khawatir kehabisan air di Bumi.

Demikianlah artikel tentang siklus hidrologi dan pengertian hidrosfer. Kalian semangat belajar yah karena belajar itu mudah kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here