Pengertian Geografi, Ruang Lingkup, Objek, Konsep Dasar Geografi

0
3881

Learniseasy. com – Apa pengertian geografi | Apa dan macam ruang lingkup geografi | Apa dan macam  konsep dasar geografi | Macam Objek studi geografi. Mari belajar.

Kali ini kita akan mempelajari tentang Dasar dasar geografi. Pelajaran pertama materi Geografi yang kalian pelajari bagi siswa SLTA seperti SMA kelas X adalah poin poin diatas. Dijamin kalau kalian sudah paham betul beberapa poin diatas, yakin mid semester kalian akan jadi lebih mudah.

Pengertian Geografi dan Batasan Geografi

Geografi adalah sebuah ilmu yang mempelajari Bumi. Dari segi bahasa, Kata Geografi ditarik dari kata “Geo” dan “Graphein” yang berurut berarti bumi dan tulisan.

Secara umum dan bahasa, pengertian Geografi adalah tulisan tentang bumi. Atas dasar itulah kalau orang sebut geografi maksudnya pasti tentang “Ilmu Bumi”.

Kan kalo Biologi itu tentang makhluk hidup sedangkan Geografi itu Ilmu Bumi. yang kemudian bertautan dengan ilmu bumi lain seperti geologi, geofisika dan ilmu lainnya..

Definisi Geografi Secara Umum

Geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari atau mengkaji segala fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, fauna, flora, iklim, batuan, air, dan interaksi antara fenomena-fenomena tersebut.

Dengan kata lain, geografi adalah studi tentang gejala-gejala di permukaan bumi secara keseluruhan dalam lingkup interaksi dan keruangan.

Pendapat Ahli Tentang Pengertian Geografi

Apa menurut para pakar tentang pengertian geografi? Dibawah ini akan diberikan beberapa pendapat para ahli tentang definisi geografi, contoh Preston E. James, Fred K. Schaefer, Richard Hartshorne, Yi-Fu Tuan dan dari hasil seminar dan lokakarya IGI.

Geografi Menurut Preston E. James

Beliau mengatakan bahwa pengertian geografi adalah

Geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan (Geography has sometimes been called the mother of sciences),  karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang diawali dengan pengamatan (since many fields of learning that started with observations) permukaan bumi yang kemudian berkembang menjadi penelitian proses-proses spesifik (of the actual face of the earth turned to the study of specific processes) pada tempat terjadinya (wherever they might be located).

Geografi Menurut Bintarto (1977)

Pengertian geografi menurut Bintarto bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat sifat bumi (science of imaging, explaining the nature of the earth), menganalisis (analyzing) gejala-gejala alam (the phenomena of nature),

Dan penduduk (and the population) , serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan(as well as studying the distinctive features of life) dan berusaha mencari fungsi dari unsur unsur (and seeking the function of the elements)  bumi dalam ruang dan waktu (of the earth in space and time).

Geografi Menurut Fred K. Schaefer

Pengertian geografi menurut Fred K. Schaefer menyatakan, “Geography has to be conceived as the science concerned with the formulation of the laws (Geografi harus dimaknai sebagai ilmu yang berkaitan dengan perumusan hukum- hukum) governing the spatial distribution of certain features on the surface of the earth (ang mengatur distribusi keruangan unsur-unsur tertentu di muka bumi).”

Geografi Menurut Richard Hartshorne

Definisi geografi menurut Richard Hartshorne bahwa

“Geography is concerned to provide accurate, orderly, and rational description (Geografi berkepentingan menyajikan deskripsi yang akurat, teratur, dan rasional) and interpretation of the variable character of the Earth surface (serta interpretasi berbagai karakter permukaan bumi).” .

Geografi Menurut Yi-Fu Tuan

Definisi geografi menurut Yi-Fu Tuan bahwa, “Geography is the study of earth (Geografi adalah kajian tentang bumi ) as the home of people (sebagai tempat tinggal manusia).”

Pengertian geografi menurut IGI

Berdasarkan Hasil Seminar dan Lokakarya IGI (Ikatan geografi Indonesia) di Semarang tahun 1988 bahwa pengertian geografi adalah

Ilmu vang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

 

RUANG LINGKUP GEOGRAFI

Dalam mempelajari Ilmu Geografi tentu saja harus ada batasan yang jelas tentang itu. Oleh karena itu mari kita ketahui ruang lingkup dari geografi itu sendiri.

Secara garis besar, terdapat tiga lingkungan yang diwadahi dalam ilmu Geografi yaitu:

  1. Lingkungan Fisik
  2. Lingkungan Biologis
  3. Lingkungan Sosial

Struktur Ilmu Geografi

Secara struktur Ilmu geografi, terdaoat tiga cabang utama yaitu:

  1. Geografi Fisik
  2. Geografi Manusia
  3. Geografi Teknik

Kalian pasti sudah mengetahui penjelasan masing masing. Geografi fisik itu berhubungan dengan sesuatu yang berwujud (fisika) yang merupakan yang ada di alam kita (kecuali manusia dan ciptaan manusia). Geografi manusia itu tentang sosial-life manusia, sedangkan geografi teknik itu tentang keahlian teknis dalam mempelajari geografi seperti pemetaan, pengindraan jauh, dan lainnya.

Ilmu Penunjang Geografi

Dalam ruang lingkup geografi kita juga mengetahui tentang ilmu ilmu penunjang geografi seperti Geologi, geofisika, hidrologi, Antropologi, Astronomi dan banyak lagi.

Aspek Aspek Geografi

Selain ilmu penunjang geografi, dalam ruang lingkup geografi dikenal adanya aspek aspek geografi yaitu:

  1. Aspek Topologi seperti letak, luas, bentuk dan batas
  2. Aspek Non biolotik seperti tanah, air, iklim
  3. Aspek biotik seperti manusia, hewan dan tanaman
  4. Aspek Sosial contoh tradisi, adat, masyarakat, kelompok, lembaga sosial
  5. Aspek Ekonomi seperti industri, perdagangan, perkebunan
  6. Aspek Budaya seperti pendidikan, agama, bahasa, dan kesenian
  7. Aspek Politik contohnya model pemerintahan dan partai politik

Konsep Konsep Geografi

Ada 10 macam konsep geografi. Kita ketahui bahwa pengertian studi geografi adalah studi keruangan tentang gejala gejala geografi.

Pengertian konsep geografi sendiri adalah gejala geografi yang konkret yang merupakan hasil keseluruhan interelasi keruangan antara faktor fisik dengan faktor manusia.

Konsep Geografi menurut Nathanael Daldjoeni terdapat 7 konsep geografi yaitu:

  1. Penghargaan budaya terhadap Bumi
  2. Konsep Regional
  3. Interelasi wilayah
  4. Skala Wilayah
  5. Lokalisasi
  6. Interaksi keruangan
  7. Konsep perubahan

Konsep geografi menurut Hasil seminar IGI ada 10 yaitu:

1. Konsep Lokasi

Konsep lokasi yang memiliki kaitan dengan kedudukan suatu objek di permukaan Bumi yang dapat digambarkan dengan lokasi absolut dan lokasi relatif.

Pengertian lokasi absolut dalam geografi adalah lokasi yang ditunjukkan berdasarkan garis lintang dan garis bujur sistem koordinat.

Sedangkan lokasi relatif berdasarkan kedudukan objek dengan objek lainnya. Contoh Kota Makassar yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, posisi tersebut dapat berubah tergantung waktu.

2. Konsep Jarak

Konsep jarak mengenal adanya dua jarak yaitu jarak relatif dan jarak absolut. Pengertian Konsep jarak adalah ukuran ruang diantara objek.

Pengertian jarak absolut adalah jarak yang diukur dengan satuan panjang yang resmi. Sedangkan jarak relatif adalah jarak yang diukur tidak berdasarkan satuan panjang.

3. Konsep Aksesibilitas

Pengertian konsep aksesibilitas adalah kemudahan untuk menjangkau suatu objek yang dimaksud. Ada banyak hal yang memengaruhi aksesibilitas dalam geografi seperti medan, jarak, dan ketersediaan sarana transportasi.

4. Konsep Pola

Pengertian konsep pola dalam geografi adalah susunan atau persebaran fenomena pada ruang muka bumi.

Contoh, kondisi topografi suatu wilayah akan selalu mempengaruhi pola permukiman serta struktur geologi pada daerah aliran sungai yang mempengaruhi pola aliran sungai.

5. Konsep Morfologi

Pengertian konsep morfologi dalam geografi adalah bentuk muka bumi yang terjadi akibat proses alam dan juga dipengaruhi oleh aktivitas manusia.

Contoh konsep morfologi dalam geografi adalah bahwa morfologi suatu wilayah di permukaan Bumi akan selalu dipengaruhi oleh tingkat erosi, jenis batuan, penggunaan lahan, dan proses proses geologi.

Konsep morfologi juga dapat mempengaruhi keberadaan manusia yaitu dalam masalah penggunaan lahan.

6, Konsep Aglomerasi

Pengertian konsep aglomerasi adalah kecenderungan pengelompokan fenomena suatu objek pada suatu wilayah. Contoh konsep aglomerasi dalam geografi adalah daerah KI atau kawasan Industri seperti KIMA (kawasan Industri Makassar) dan pengelompokkan komunitas penduduk berdasarkan daerah asal ataupun profesi.

Contoh perumahan atau perkampungan CINA, perumahan dosen dan seterusnya.

7. Konsep Nilai Kegunaan

Pengertian konsep nilai kegunaan dalam geografi adalah manfaat atau kelebihan yang dimiliki suatu wilayah atau tempat. Nilai kegunaan itu sendiri bersifat relatif karena nilai kegunaan akan sangat berbeda untuk tiap subjek yang memakainya.

Selain oleh subjek, nilai kegunaan itu sendiri akan relatif akibat waktu, serta jenis penggunaannya.

Contoh, daerah pesisir pantai Bali yang memiliki ombak tinggi akan memiliki nilai kegunaan lebih bila digunakan untuk lokasi wisata selancar.

8. Konsep Interaksi dan Interpendensi

Pengertian konsep interaksi dan interpendensi adalah kenyataaan tentang keberadaan suatu wilayah akan memengaruhi wilayah lainnya dan suatu wilayah tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Akibat dari adanya konsep interaksi dan interpendensi dalam geografi adalah terjadinya perdagangan, migrasi, eksport import serta komunikasi antar wilayah.

9. Konsep Diferensiasi Wilayah

Pengertian Konsep Diferensiasi Wilayah adalah suatu karakteristik yang unik dan khas suatu wilayah yang terjadi akibat interaksi dinamis dari unsur unsur keruangan pada wilayah tersebut.

Contoh konsep diferensiasi wilayah dalam geografi adalah wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan.

10. Konsep Keterkaitan Keruangan

Pengertian konsep keterkaitan keruangan dalam geografi adalah tentang keberadaan dan perkembangan suatu wilayah terjadi yang berhubungan dengan wilayah lain.

Contoh, apabila terjadi fenomena di suatu wilayah, itu terjadi karena adanya fenomena di wilayah lain. Baik itu sama ataupun sedikit berbeda.

Contoh kebakaran hutan di hutan Kalimantan, dapat menyebabkan terjadinya polusi asap di Malaysia.

Setelah kalian mengetahui tentang konsep konsep geografi, mari kita ketahui tentang objek geografi.

OBJEK GEOGRAFI

Objek Studi geografi? Apa saja yang dimaksud dengan objek studi geografi? Pengertian objek studi geografi adalah segala hal yang menjadi pembelajaran dalam ilmu geografi.

Ada lima garis besar yang menjadi objek geografi atau objek studi geografi yaitu:

  1. Kondisi dan seluruh proses yang terjadi di atas permukaan Bumi
  2. Pengorganisasian wilayah dan ruang di muka bumi
  3. Tafsiran terhadap bentang alam dan bentang sosial
  4. Hubungan manusia dengan lingkungan yang berbeda beda.
  5. Interaksi manusia (human interaction) dengan proses proses di permukaan Bumi.

Selain itu, objek dalam studi geografi dapat juga dibagi menjadi dua yaitu Objek Material Geografi dan Objek Formal Geografi.

Objek Material Geografi

Pengertian objek material geografi adalah seluruh fenomena yang terjadi pada permukaan bumi. Fenomena yang dimaksud dalam objek material geografi dapat berupa fenomena sosial ataupun fenomena fisik.

Contoh objek material geografi yaitu : Iklim, jenis tanah, penggunaan lahan, mobilitas penduduk, struktur keruangan desa, migrasi penduduk, kualitas air, distribusi hewan dan tumbuhan.

Objek Formal Geografi

Pengertian objek formal geografi adalah sudut pandang (point of view), cara berpikir, pendekatan (approaching), atau metode yang digunakan dalam menganalisis objek material.

Contoh objek formal geografi adalah Gunung api dikaji menggunakan objek formal geografi berupa geologi dan geografi.

Kajian yang dilakukan pada bagian pembentukan gunung api, karakteristik gunung api, usia gunung api, struktur gunung api, tipe letusan gunung api dan banyak lagi. Hasil kajian dari gunung api tersebut dapat berupa karakteristik wilayah rawan bencana, persebaran pemukiman dan karakteristik penduduk, penggunaan lahan dan jenis tanah dan lainnya.

Pengertian Geografi, Ruang lingkup, Konsep Geografi, dan Objek GeografiPengertian Geografi, Ruang lingkup, Konsep Geografi, dan Objek Geografi
Pengertian Geografi, Ruang lingkup, Konsep Geografi, dan Objek Geografi

Itulah diatas artikel tentang pengertian geografi, ruang lingkup geografi, konsep konsep geografi, objek geografi serta struktur geografi.

Tetap belajar karena belajar itu mudah.

Referensi:

Geografi Untuk SMA/MA Kelas X:  Kurikulum 2013, karangan K . Wardiyatmoko (2013), Penerbit Erlangga, di Jakarta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here