Pengertian Demokrasi Pancasila, Ciri, Prinsip, Fungsi Menurut Para Ahli

0
61

Learniseasy.com – Mulai dari pengertian demokrasi pancasila, apa ciri ciri demokrasi pancasila,isi pokok demokrasi pancasila,  prinsip prinsip demokrasi pancasila dan fungsi demokrasi pancasila. Pertama mari kita mulai dari sebuah pertanyaan. Kenapa kita harus belajar demokrasi pancasila?

Pertama Pancasila adalah ideologi bangsa ini, bangsa Indonesia. Kedua, anda akan sering menjumpai istilah ini dipelajaran PKN ataupun sejarah kalian dan juga di tempat kerja anda. Jangan ngaku Indo kalau tidak tau istilah demokrasi pancasila dan pengertian demokrasi pancasila itu sendiri.

Pengertian Demokrasi Pancasila

Definisi demokrasi pancasila adalah pemahaman tentang demokrasi yang bersumber dari falsafah hidup bangsa Indonesia yang diperoleh berdasarkan kebudayaan Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan kebudayaan Indonesia? Itulah Pancasila. Pancasila dan UUD 1945 merupakan rangkuman dari kebudayaan Indonesia.

Sederhananya, pengertian demokrasi pancasila secara umum adalah demokrasi yang berdasarkan musyawarah untuk mufakat yang bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia.

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

Tak layaklah sebuah artikel tanpa ada pendapat ahli. Bagaimana menurut para ahli tentang pengertian demokrasi Pancasila? Apakah sama dengan definisi umum diatas atau berbeda. Mari simak.

Prof Notonegoro

Mari kita mulai dari Bapak Prof. Notonegoro atau Raden Mas Tumenggung Sukamto Notonagoro. Menurut bapak Prof. Notonegoro, pengertian demokrasi Pancasila adalah bagian dari apa yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Pengertian demokrasi pancasila menurut Prof. Notonegoro adalah “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang ber-Ketuhanan yang Maha Esa, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Bagaimana menurut kalian definisi demokrasi pancasila diatas? Ada yang kurang, atau anda kurang sependapat, silahkan berikan komentar anda.

Prof. Dardji Darmo Diharjo

Prof Dardji Darmo Diharjo memberikan pengertian yang lebih spesifik tentang apa itu demokrasi pancasila. Pengertian demokrasi pancasila menurut Prof Dardji Darmo diharjo bahwa

“Paham Demokrasi (Concept of Democracy) yang bersumber dari kepribadian dan falsfah hidup bangsa Indonesia (that comes from the personality and philosophy of life of the Indonesian nation ) yang perwujudannya sesuai yang tercantum dalam ketentuan ketentuan pembukaan Undang Undang Dasar 1945 (that its embodiment as stated in the provisions of the provisions of the opening of the 1945 Constitution) (UUD 1945)”.

C.T Kansil

C.T Kansil dalam hukum tata pemerintahan negara Indonesia menerangkan hal yang hampir sama dengan prof Notonegoro tentang pengertian demokrasi Pancasila.

Hal yang sama seperti apa? Pengertian demokrasi pancasila menurut C.T Kamsil adalah “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan  dalam (Democracy is led by the wisdom of)  permusyawaratan dan perwakilan (wisdom in deliberations and representation), yang merupakan sila keempat dari dasar negara pancasila yang tercantum dalam alinea ke 4 Pembukaan undang undang dasar 1945.

Jadi bagaimana menurut kalian definisi demokrasi pancasila menurut C.T Kansil diatas. Silahkan berikan komentar untuk tanggapannya yah.

Ensikopedia Indonesia

Jadi selain dari ahli, kita juga mengambil definisi dari buku yang disusun oleh banyak ahli dan hasil analisis mendalam, seperti buku Ensiklopedia Indonesia ini.

Pengertian demokrasi pancasila menurut Ensiklopedia Indonesia adalah “Penerapan Pancasila dalam pelbagai bidang politik (politics), ekonomi (economy), sosial (social) dalam penyelesaian masalah masalah Nasional (National matter) yang selalu berusaha untuk menerapkan cara permusyawaratan untuk mencapai mufakat”.

Ciri Ciri Demokrasi Pancasila

Bagaimana ciri ciri dari suatu negara dapat dikatakan menerapkan demokrasi pancasila? Apa ciri ciri dari demokrasi pancasila? Berikut ciri ciri demokrasi pancasila:

(1) Pemerintah berjalan sesuai dengan konstitusi (2) Terdapat pemilu secara berkesinambungan (3) Adanya penghargaan atas Hak Asasi Manusia dan perlindungan untuk hak minoritas (4) Merupakan kompetisi dari berbagai ide dan cara dalam menyelesaikan masalah (5) Ide yang terbaik akan diterima ketimbang dari suara terbanyak.

itulah diatas yang perlu kalian ketahui tentang ciri ciri demokrasi pancasila. Jadi apabila Negara Indonesia sudah tidak lagi bercirikan seperti diatas, maka dapat dikatakan bahwa Indonesia sudah mulai meninggalkan pancasila.

Pengertian Demokrasi Pancasila, Ciri, Prinsip, Fungsi Menurut Para Ahli
Pengertian Demokrasi Pancasila, Ciri, Prinsip, Fungsi Menurut Para Ahli

Isi Pokok Demokrasi Pancasila

Apa itu isi pokok demokrasi Pancasila. Isi pokok adalah hal yang menjadi bagian atau penyusun utama konsep demokrasi Pancasila. Sehingga yang menjadikan negara kita bercorak demokrasi pancasila karena adanya isi pokok.

Jadi isi pokok demokrasi pancasila itu apa saja? Ada 4 isi pokok yang perlu kalian ketahui, berikut hal tersebut.

  1. Pelaksanaan UUD 1945 dan penjabarannya dituangkan Batang Tubuh dan Penjelasan UUD 1945
  2. Menghargai dan melindungi HAM (Hak Asasi Manusia)
  3. Pelaksanaan kehidupan ketatanegaraan beradsarkan dari kelembagaan
  4. Sebagai sendi dari hukum yang dijelaskan dalam UUD 1945, yaitu negara hukum yang yang bersifat demokrasi

Masih ada yang kurang dari isi pokok diatas? Berdasarkan hasil bacaan saya akan banyak buku tentang demokrasi Pancasila, saya rasa sudah cukup, selebihnya adalah karakter pancasila yang menjadi ideologi terbuka.

Fungsi Demokrasi Pancasila

Apakah sesuatu itu baik dan berguna serta patut dipertahankan bila tak memiliki fungsi? Tentu tidak. Maka dari itu, demokrasi pancasila kita pertahankan karena memiliki fungsi yang sangat besar bagi keberagaman rakyat Indonesia.

Apa saja fungsi demokrasi pancasila tersebut? Mari simak 6 fungsi demokrasi pancasila dibawah ini.

  1. Memastikan keikutsertaan rakyat dalam kehidupan bernegara seperti ikut menyukseskan pemilu, pembangunan, perwakilan dalam DPR.
  2. Berfungsi dalam memastikan berdirinya negara RI
  3. Berfungsi dalam memastikan tetap tegaknya NKRI berdasar sistem konstitusional yang mengacu kepada Pancasila
  4. Berfungsi memastikan tetap tegaknya hukum yang berasal dari Pancasila
  5. Berfungsi memastikan adanya hubungan yang sama, serasi dan simbang mengenai lembaga negara
  6. Berfungsi menjamin pemerintahan yang bertanggung jawab

Bagaimana menurut anda tentang fungsi demokrasi pancasila diatas? Kamu rasa masih kurang? Silahkan tambahkan dikolom komentar.

Prinsip Demokrasi Pancasila

Apa itu prinsip demokrasi pancasila? Perlu kita ketahui bahwa diperlukan adanya alasan utama dalam bertindak atau yang menjadi pokok pikiran utama dalam melakukan segala tindakan, itulah prinsip.

Atas dasar itu kalian pasti sudah bisa membayangkan apa saja prinsip dasar demokrasi pancasila itu.
Bagi kalian yang belum tahu, mari simak 10 prinsip demokrasi pancasiladibawah ini:

  1. Perlindungan hak asasi manusia (Human rights protection)
  2. Pengambilan keputusan berdasarkan atas  musyawarah untuk mufakat
  3. Badan peradilan merdeka atau independen terhadap kekuasaan selain rakyat yang berarti tidak terpangaruhi akan kekuasaan pemerintah dan kekuasaan lain. Misalnya Presiden, BPK, DPR atau yang lainnya.
  4. Terdapat partai politik dan juga organisasi sosial politik yang berfungsi untuk menyalurkan aspirasi rakyat.
  5. Sebagai pelaksanaan dalam pemilihan umum
  6. Kedaulatan ada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD (Pasal 1 Ayat 2 UUD 1945)
  7. Keseimbangan antara hak dan kewajiban (Balance between rights and obligations)
  8. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggun jawab secara moral kepada Tuhan YME diri sendiri, masyarakat, dan negara ataupun orang lain.
  9. Menjunjung tinggi tujuan dan juga cita-cita nasional (Uphold the goals and also the national ideals)
  10. Pemerintah menurut hukum, dijelaskan dalam UUD 1945 yang berbunyi:
  • Indonesia adalah negara berdasarkan hukum (rechtstaat dan tidak berdasarkan kekuasaan belaka (machtstaat)
  • Pemerintah berdasar dari sistem konstitusi (hukum dasar) tidak bersifat absolutisme (kekuasaan tidak terbatas)
  • Kekuasaan yang tertinggi ada ditangan rakyat (The highest power is in the hands of the people).

Asas Demokrasi Pancasila

Sesungguhnya sungguh sangat sulit untuk membedakan asas dan prinsip. Asas sendiri sederhananya dapat dikatakan sebagai ringkasan dari prinsip itu sendiri atau poin utama dari poin utama yang mendasari suatu tindakan atau bahkan pikiran.

Asas demokrasi pancasila ada dua yaitu asas kerakyatan dan asas musyawarah. Akan tetapi jangan samakan dengan asa demokrasi saja yah karena memang keliatannya sama saja dengan asas demokrasi yang lainnya

Asas Kerakyatan: definisi asas kerakyatan adalah asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat (the principle of consciousness for the love of the people), manunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat (united with the fate and ideals of the people) , serta memiliki jiwa kerakyatan atau menghayati kesadaran senasib dan secita-cita dengan rakyat (have a populist soul or live consciousness and ideals with the people).

Asas Musyawarah: definisi asas musyawarah (The definition of the principle of colloquy) adalah asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak ( is a principle that takes into account the aspirations and wishes) seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui forum permusyawaratan untuk menyatukan pendapat serta mencapai kesepatakan bersama atas kasih sayang, pengorbanan untuk kebahagian bersama.

Asas ini diterapkan dengan standar mufakat terhadap kebaikan, bukan asal mayoritas saja.

Jadi bagaimana menurut kalian kedua asas demokrasi pancasila yang sekarang ini dianut oleh Negara Kesatuan Indonesia. Silahkan berikan komentar tentang artikel demokrasi pancasila diatas, baca juga artikel terkait dibawah ini.

Pengertian Makna dan Ciri Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup (LENGKAP)

Belajar Pengertian Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Sumber Artikel Tentang demokrasi pancasila ini.

  1. Abdulkarim A. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas XII SMA. Cet.1. Bandung: Grafindo Media Pratama. Hlm 25-27
  2. C. S. T. Kansil, 1986. Hukum Tata Pemerintahan Indonesia. Penerbit Ghalia Indonesia : Jakarta.
  3. Indrayana, Denny (2007). “Indonesia dibawah Soeharto: Order Otoliter Baru”. Amandemen UUD 1945: antara mitos dan pembongkaran. Mizan Pustaka. hlm. 141
  4. Israil, Idris. 2005. Pendidikan Pembelajaran dan Penyebaran Kewarganegaraan. Malang : Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.Hlm 27.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here