Pengertian Bangsa Menurut para Ahli

0
695

Learniseasy.com – Pengertian bangsa menurut para ahli yang patut kamu tahu. Definisi bangsa menurut para ahli. Pengertian bangsa menurut Ernest Renan. Definisi bangsa menurut Otto Bauer. Pengertian bangsa secara umum.

Pengertian Bangsa

Apa itu bangsa? Mungkin ini pertanyaan pernah menjadi tugas kalian dalam materi PKN atau materi Imu Sejarah. Atau mungkin pertanyaannya adalah “Apa pengertian bangsa dan negara”.

Kali ini artikel ini akan berusaha untuk menjawab pertanyaan kalian dengan memberikan beberapa pengertian bangsa yang sering digunakan dan dipertanyakan dalam buku buku pelajaran SMP dan SMA.

Pengertian Bangsa Secara Umum

Apa itu bangsa? Definisi bangsa secara umum adalah kelompok organisme yang memiliki banyak kesamaan. Kenapa saya tidak sebut manusia dalam pengertian bangsa secara umum diatas. Hal itu jelas karena kata “Bangsa” sering juga digunakan untuk membentuk kalimat “Bangsa hewan”, “Bangsa jin”, dan banyak lagi lainnya.

Dalam Ilmu Pendidikan Warga Negara, bangsa hanya dikenal satu definisi umum saja yaitu “Sekelompok manusia yang memiliki banyak kesamaan, khususnya budaya”.

Pengertian bangsa yang lain menurut orang Indonesia kebanyakan adalah sekelompok manusia yang disatukan karena memiliki persamaan sejarah dan cita cita (goal) dalam daerah kelahiran yang sama.

Sedikit berbeda dalam Ilmu Sosiologi atau Antropologi. Dalam ilmu tersebut, pengertian bangsa adalah sekelompok orang yang saling berinteraksi dan membutuhkan untuk mencapai tujuan bersama dalam wilayah yang cukup luas.

Dalam Ilmu ketatanegaraan, bangsa didefinisikan sebagai suatu masyarakat dalam daerah yang sama dan berada pada negara yang berdaulat.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Tak tenang dan tak ilmiah rasanya bila tidak mengikutkan pendapat para ahli dalam menekankan sesuatu khususnya istilah populer seperti “Bangsa” ini.

Beberapa ahli yang akan kita singgung adalah Ernest Renan, Aristoteles, Otto Bauer, Clifford Geertz, F. Ratzel, George Jellinek, Ben Anderson, Friedrich Hertz,

Pengertian Bangsa Menurut Ernest Renan

Kalian tahu siapa itu Ernest Renan? Beliau adalah seorang Philology atau ahli Bahasa dan peradaban dari Prancis kelahiran (1823-1892).

Ernest Renan pernah membawakan suatu Kuliah atau Lecture tentang Apa Itu Bangsa “What is Nation”. Kalian bisa baca salah satu ulasan tentang anggapan Ernest Renan di file pdf ini.

Tinjauan Ernest Renan tentang Bangsa

Intinya, pengertian bangsa menurut Renan adalah sebuah referendum harian (Daily referendum) yang didasarkan oleh apa yang sekelompok orang bersama sama lupakan dan yang mereka ingat.

Dalam penjelasannya lebih jauh, Ernest Renan, mengkaji bahwa sebuah bangsa tidak lagi sesuai realitas apabila didasarkan oleh kesamaan identitas seperti Agama, Bahasa dan juga warna kulit. Ernest Renan mengkaji bahwa bangsa terbentuk itu lebih erat karena dasar geografis serta kepemilikan kenangan indah yang sama serta keinginan untuk hidup bersama yang dibuktikan dengan pengorbanan masa lalu.

Ernest Renan menambahkan dalam “What is Nation” bahwa “Kita mencintai bangsa sebanding dengan pengorbanan yang kita sepakati, kerugian yang kita derita (We love the nation in proportion to the sacrifices to which we consented, the harms that we suffered)”.

Pengertian Bangsa Menurut Otto Bauer

Siapa itu Otto Bauer? Beliau merupakan seorang Marxisme kiri Ausria dan pernah menjadi Menteri Luar Negeri Austria pada tahun 1919.

Pengertian bangsa menurut Otto Bauer adalah sekelompok manusia yang (A group of humans who) mempunyai kesamaan karakter (share the same character or nature) atau sifat, karena adanya persamaan nasib (because of the similarity of fate).

Pengertian Bangsa Menurut Ben Anderson

Nama lengkap Benedict Richard O’Gorman Anderson dan sering dipanggil Benedict Anderson saja. Seorang Profesor Emeritus dari Universitas Cornell. Menulis buku yang sangat terkenal dikalangan antropolog dan sosiolog tentang nasionalisme (kebangsaan) yaitu “Imagined Communities”.

Dalam buku tersebut Ben Anderson menjelaskan tentang asal usul “Kebangsaan” dan “Bangsa”. Bukunya sangat bagus karena berdasarkan tinjaun segi bahasa, sejarah, keilmuan (science) dan sosiologi.

Pengertian bangsa menurut Ben Anderson adalah pemahaman atas suatu masyarakat yang memiliki akar sejarah yang sama dimana praxis pengalaman atas penjajahan begitu kental dirasakan oleh masyarakat terjajah dan semakin lama akan semakin mengkristalkan pengalaman atas rasa solidaritas kebersamaan yang tinggi diantara mereka.

Itulah yang menurut Ben Anderson yang membentuk suatu “Bangsa”.

Bagi yang ingin membaca bukunya, sekalian baca juga tentang Ernest Renan juga yah, mereka berdua memiliki kesamaan ide sepertinya.

Ben Anderson menambakan tiga paradoks dalam “Kebangsaan” atau Nation yaitu:

  1. Nasionalisme adalah ciptaan yang masih baru dan modern walaupun pikiran tentang nasionalisme sudah ada dari dulu sekali
  2. Nasionalisme bersifat universal karena setiap individu berasal dari sebuah bangsa, akan tetapi setiap bangsa dianggap benar benar berbeda dari bangsa lainnya (Completely distinct from every other nation).
  3. Nasionalisme adalah sebuah gagasan yang sangat berpengaruh sehingga orang akan mati untuk bangsa mereka, namun pada saat yang sama sebuah ide sulit didefinisikan (yet at the same time an idea difficult to define)

Pengertian Bangsa Menurut Clifford Geertz

Clifford Geertz, siapakah beliau? Nama lengkap beliau adalah Clifford James Geertz. Seorang Antropologi kelahiran Amerika Serikat (1926) dan merupakan seorang Profesor emeritus di Universitas Princeton hingga meninggal (2006).

Fokus pembahasan sebenarnya dari Clifford Geertz adalah tentang kebudayaan dan etos budaya. Dalam pembahasan tersebut, Clifford Geertz mengatakan bahwa etos budaya adalah sifat, watak, dan kualitas, kehidupan sekelompok masyarakat atau bangsa.

Singkatnya, Clifford Geertz mendefinisikan bangsa sebagai sekelompok manusia yang memiliki etos budaya yang sama. Akan tetapi dengan konsep kebudayaan yang Clifford Geertz bawakan, jadi bukan kebudayaan dalam arti sempit.

Pengertian Bangsa Menurut F. Ratzel

Siapa itu F. Ratzel? Nama lengkap Friedrich Ratzel, seorang Etnografi dan Geografer kelahiran Jerman (1844).

Pengertian bangsa menurut F.Ratzel bahwa bentukan yang terjadi karena adanya hasrat bersatu.

F. Ratzel kemudian menjelaskan lebih jauh bahwa hasrat atau keinginan tersebut muncul karena adanya perasaan kesatuan antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya ( Lebensraum / living space)

Pengertian bangsa menurut para ahli definisi bangsa menurut para ahli
Pengertian bangsa menurut para ahli definisi bangsa menurut para ahli

Definisi Bangsa Menurut Jacobsen dan Lipman

Kedua beliau ini menulis buku berjudul “Political Science” terbitan Barnes dan Nobles, 1937. Dalam buku tersebut dijelaskan tentang apa itu bangsa.

Pengertian bangsa menurut Jacobsen dan Lipman dalam buku tersebut adalah:

Bangsa adalah suatu kesatuan budaya dan kesatuan politik (Culture Unity and Political Unity).

Banyak artikel web yang menulis tentang pengertian bangsa menurut Jalobsen dan Lipman, artinya web tersebut salah tulis nama. Nama yang benar adalah Jacobsen dan Lipman atau G. A. Jacobsen dan M. H. Lipman.

Demikianlah artikel tentang pengertian bangsa yang sudah seharusnya kalian lebih utamakan dari sumber website lainnya karena lebih jelas menjelaskan tentang definisi bangsa. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

 

Sumber artikel;

  1. Liah Greenfeld (1992), Nasionalisme: Five Roads to Modernity, Harvard University Press, Cambridge, Massachussets, London, England
  2. Benedict Anderson, Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism, 2006. Diterbitkan oleh Verso, di London.
  3. Philip Spencer dan Howard Wollman (2002), Nationalism: A Critical Introduction. Penerbit Sage di London
  4. Wacana, Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya, Vol.7 No.1, April 2005, berjudul Nasionalisme dan Penafsiran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here