Pengertian Akuntansi Menurut para Ahli (LENGKAP)

0
1938

Learniseasy.com – Pengertian Akuntansi Menurut para Ahli | Definisi dan pengertian akuntansi secara umum | Pengertian akuntansi menurut AAA | Pengertian akuntansi menurut IAI | Definisi akuntansi.

Kali ini kita akan belajar tentang pengertian akuntansi.

Apa Itu Akuntansi

Akuntansi secara umum adalah seni dalam mengukur serta berkomunikasi dan sekaligus menerjemahkan aktivitas keuangan.

Dalam arti yang lebih spesifik menyangkut akuntansi secara langsung adalah aktivitas mencatat, mengklasifikasikan, dan meringkas data keuangan dengan cara tertentu untuk mendapatkan informasi keuangan, agar organisasi / perusahaan / badan berjalan dengan efisien dan efektif sehingga mampu merencanakan hal hal kedepannya.

Bila kalian ingin mencari semua definisi dan pengertian akuntansi, maka kalian akan kewalahan. Terdapat lebih dari 30 pengertian akuntansi diluar sana.

Learniseasy.com hanya memberikan beberapa pengertian akuntansi yang sering ditanyakan dalam tugas tugas kalian dan serta definisi akuntansi dari badan badan yang khusus mengurus tentang akuntan seperti AICPA, AAA (American Accounting Association), serta APB (Accounting Principle Board).

Kalian cuman perlu hafal tiga definisi akuntansi dari badan badan diatas, sudah cukup untuk menggambarkan apa arti akuntansi itu.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa definisi akuntansi dari berbagai badan dan ahli ekonomi

Warren Reeve

Definisi akuntansi menurut Warren Reeve bahwa

akuntansi adalah sistem informasi (accounting is an information system) yang menyediakan laporan laporan kepada pihak pihak yang berkepentingan (that provides reports to stake holders) tentang aktivitas aktivitas ekonomi dan keadaaan perusahaan (about the economic activitIES AND CONDITIONS OF A BUSINESS).

Donald Kieso, Jerry Weygandt dan Terry Warfield

Ketiga ahli ekonomi internasional diatas memiliki pemikiran yang sama tentang pengertian akuntansi, bahwa :

Akuntansi dapat diartikan sebagai identifikasi, pengukuran  dan melaporkan informasi keuangan (accounting may be best defined as identification, measurement, and communication of financial information) tentang entitas ekonomi kepada orang orang yang berpentingan (about economic entities to interested persons).

Entitas ekonomi yang dimaksud dalam pengertian akuntansi diatas adalah sehubungan dengan laporan keuangan yang khusus menjelaskan masalah tersebut. Setiap laporan keuangan itu merupakan sebuah entitas, atau unik dan berbeda dari laporan keuangan lainnya.

Jadi wajar, dalam menjadi seorang akuntan, kita harus berhati hati.

Pengertian Akuntansi Menurut AICPA

AICPA merupakan Badan sertifikasi akuntan di Amerika Serikat. Jadi bila kalian menggunakan definisi akuntansi dari badan ini, saya rasa sudah cukup untuk menggambarkan apa itu akuntansi dalam tugas kalian.

Akuntansi adalah seni dalam mengindentifikasikan, merekam, mengklasifikasikan, dan meringkas secara signifikan (accounting is the art of identifying, recording, classifying, and summarizing, in a significant manner) dan yang berhubungan dengan uang, transaksi, serta peristiwa (in terms of money, transactions, and events ) yang ada, yang setidaknya bersifat finansial dan menafsirkan hasilnya (which are, in part at least, of financial character and interpreting the result thereof).

Dimaksudkan secara signifikan diatas adalah membuat laporan tersebut dalam bentuk se kuantitatif mungkin sehingga dapat dengan mudah dipahami dan dicerna. Data mentahnya tentu saja, untuk perusahaan yang skala menengah dan keatas, akan sangat rumit dan sulit  dipahami.

Disitulah tugas seorang akuntan untuk membuat laporan keuangan yang akan mudah dipahami oleh pemiliki perusahaan.

Pengertian Akuntansi Menurut AAA

Apa itu AAA (American Accounting Association)?. Ini merupakan badan yang bergerak dalam penelitian keuangan dan tempat berkumpulnya para akuntan di Amerika Serikat.

Silahkan kunjungi website mereka disini American Accounting Association.

Pengertian akuntasi menurut AAA adalah

Proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi keuangan (accounting is the process of identifying, measuring, and communicating economic information) sehingga pengguna informasi tersebut dapat mengambil penilaian dan keputusan (to permit information judgment and decision by users of the information).

Definisi akuntansi dari AAA hampir sama dengan pengertian akuntansi menurut Warren.

Pengertian Akuntansi Menurut APB (Accounting Principle Board)

APB adalah badan otorisasi yang didirikan oleh AICPA untuk menegakkan dan menetapkan prinsip prinsip seorang akuntan. Badan ini sudah ditutup dan digantikan oleh FASB (Financial Accounting Standards Board).

Berikut pengertian akuntansi menurut APB

Akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif (ACCOUNTING IS A SERVICE ACTIVITIES SUPPLYING PROVIDES QUANTITATIVE INFORMATION ) terutama yang bersifat keuangan yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan (MAINLY FINANCIAL WHICH MAY BE APPLIED FOR DECISION MAKING).

Saran saya, jangan gunakan pengertian akuntansi menurut APB sebagai yang utama, karena masih terbilang kurang detail menggambarkan apa itu akuntan. Silahkan jadikan tambahan pemahaman buat kalian tentang bagaimana pekerjaan akuntansi berkembang.

Itulah diatas beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli dan badan yang berhubungan dengan akuntansi global dan internasional.

pengertian akuntansi menurut para ahli
pengertian akuntansi menurut para ahli

Kalian yang pake smartphone ada bagusnya screenshoot tiap pengertian yang ada. Terutama bagi siswa IPS dan juga mahasiswa dan mahasiswi jurusan akuntansi ataupun ilmu ekonomi. Apalagi yang lagi kere pulsa dan kuota.

Kalian juga tidak perlu cari terlalu banyak pengertian akuntansi kok, pengertian yang lain tidak akan berbeda jauh dari pengertian akuntansi yang ada diatas.

Sekian, tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here