Pengertian Akuntansi, Fungsi Akuntansi, Tujuan dan Siklus Akuntansi

0
52
loading...

Learniseasy.com – Pengertian akuntansi menurut para ahli – pengertian akuntansi menurut umum – Fungsi akuntansi – Tujuan akuntansi – Manfaat dan siklus akuntansi.

Mari kita belajar tentang dasar dasar akuntansi.

Pengertian Akuntansi

Diambil dari AAA (American Accounting Association) pengertian akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi keuangan sehingga pengguna informasi tersebut dapat mengambil penilaian dan keputusan.

Hampir semua definisi tentang akuntansi mengarah ke hal yang sama, yaitu pengolahan data finansial untuk pengambilan keputusan.

Aktivitas Akuntansi

Berdasarkan pengertian akuntansi diatas, akuntansi dibagi menjadi tiga aktivitas utama yaitu aktivitas identifikasi, aktivitas pencatatan, dan aktivitas komunikasi.

Fungsi Akuntansi

Seperti kita ketahui bahwa akuntansi memiliki peran penting dalam sebuah badan atau organisasi khususnya yang berbasis profit atau keuntungan dan finansial atau keuangan. Oleh karena itu, pastilah akuntansi memiliki fungsi dan tujuan serta manfaat.

Fungsi Akuntansi : Recording Report

Ini merupakan fungsi utama dari akuntansi, yaitu merekam catatan transaksi yang bersifat kronologis dan sistematis, untuk dikirim ke berbagai Account ledger .

Fungsi Akuntansi Melindungi Properti

Kalian tahu tentang penyusutan aset? Itu adalah peristiwa yang harus dapat dipastikan oleh pemiliki bisnis untuk bertahan dalam dunia bisnis.

Disinilah akuntasi berfungsi sebagai pemasti dengan menghitung jumlah nyata dari penyusutan aset dengan menggunakan metode yang tepat untuk aset tertentu.

Akuntan berperan penting dalam merancang sistem yang kuat dalam melindungi properti dan aset bisnis pebisnis.

Fungsi akuntansi : Komunikasi Hasil

Fungsi akuntansi yang lain adalah menginformasikan catatan transaksi dan hasil transaksi dengan metode komunikasi yang tepat ke pihak yang berkepentingan. Sekaligus menjaga keamanan informasi tersebut.

Fungsi Akuntansi: Legalitas

Legalitas suatu usaha atau bisnis sangatlah penting. Fungsi akuntansi salah satunya adalah legalitas sebuah bisnis di mata negara dengan membuatnya mengikuti sistem hukum yang ada. Contohnya saja urusan pajak pendapatan yang harus dibayarkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Apabila ada kecurangan di dalamnya, maka tentu, bisnis dan juga akuntan nya akan dipenjara.

Fungsi Akuntansi: Klasifikasi

Ini merupakan fungsi yang sangat menentukan persaingan dalam bisnis yang sama. Kemampuan akuntan dalam mengolah dan mengkasifikasikan data transaksi serta sistem alur atau siklus akuntansi yang baik.

Setiap tranksasi dikelompokkan sehingga terjadi serasian serta keteraturan.

Fungsi Akuntansi: Meringkas

Dunia finansial adalah dunia yang penuh angka dan kerahasian. Pemilik bisnis jarang memiliki waktu dan kemampuan untuk menelaah semua ini.

Oleh karena itu mereka menggaji seorang akuntan untuk mengolah data finansial dan sistem bisnis mereka. Kemudian, akuntan melaporkan dalam bentuk yang ringkas yang tidak memakan waktu dan energi pikiran dalam menelaah kondisi bisnis.

Bentuk ringkasan akuntansi seperti neraca saldo, laporan laba rugi serta grafik perkiraan, dan banyak lagi. Selain itu, akuntan juga menentukan ataupun memperkirakan apakah akan terjadi kerugian atau tidak bila terjadi suatu kondisi tertentu.

Fungsi Akuntansi : Menganalisis dan Menafsirkan

Seorang akuntan yang hebat bukan seorang pencatat saja, akan tetapi seorang “PERAMAL”. Dia memiliki kemampuan dalam analisis dan tafsiran data keuangan yang dalam sehingga mampu memprediksikan kondisi kedepannya.

Selain 7 fungsi diatas, secara garis besar, akuntansi memiliki dua fungsi dan manfaat utama yaitu fungsi manajerial dan fungsi historical atau rewardship.

Tujuan dan Manfaat Akuntansi

Tujuan utama akuntansi adalah mengumpul dan melaporkan informasi keuangan suatu bisnis.

Akuntansi pada akhirnya akan menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan aturan Standarisasi Akuntansi Keuangan (GAAP) dan IFRS.

Akuntansi memiliki beberapa tujuan baik untuk bisnis tersebut, masyarakat, pemerintah ataupun negara.

Bagi pemiliki bisnis, salah satu tujuan atau manfaat akuntansi dalam menarik investor berdasarkan laporan keuangan yang mereka miliki.

Bagi masyarakat, menjadi keuntungan buat mereka karena dengan adanya laporan keuangan, pajak bisnis tersebut akan adil jumlahnya sehingga akan kembali ke masyarakat.

Bagi pemerintah, dengan adanya laporan keuangan yang jelas, Pajak pendapatan dan pajak lainnya akan mampu mereka taksir dengan adil.

Siklus Akuntansi

Pengertian siklus akuntansi adalah urutan transaksi, peristiwa, aktivitas dan proses awal hingga akhir dan kembali ke awal transaksi.

Menurut Harahap dalam buku Teori Akuntansi, bahwa Proses akuntansi adalah proses pengolahan data sejak terjadinya transaksi yang menjadi bukti sah terjadinya transaksi yang kemudian dimasukkan ke dalam proses pengolahan data keuangan dan menghasilkan keluaran berupa informasi laporan keuangan.

Pengertian akuntansi dan fungsi akuntansi dan tujuan akuntansi
Pengertian akuntansi dan fungsi akuntansi dan tujuan akuntansi

Tahap Tahap Siklus Akuntansi

Menurut Suhayati dan Anggadini, dalam buku Pengantar Akuntansi I,  bahwa tahap tahap siklus akuntansi atau proses akuntansi adalah:

A. Tahap Pencatatan yaitu

(1) Pembuatan atau penerimaan bukti transaksi

(2) Pencatatan dalam jurnal

(3) Pemindahbukuan ke buku besar.

B. Tahap Pengikhtisaran

(1) Pembuatan neraca saldo (trial balance)

(2) Jurnal Penyesuaian

(3) Neraca saldo Disesuaikan

(4) Perhitungan laba rugi dan neraca

(5) Penyusunan laporan keuangan

(6) Jurnal Penutup

(7) Pembuatan necara saldo penutup

(8) Jurnal Pembalik

Dalam buku lain yaitu “Akuntansi Untuk Bisnis Jasa dan Dagang” karangan Michell Suharli, dia membagi siklus akuntasi menjadi tiga tahap utama yaitu (1) Tahap Pencatatan (2) Tahap Pengikhtisaran (3) Tahap Pelaporan.

A. Tahap Pencatatan yaitu (1) Jurnal, (2) Buku besar, (3) Neraca saldo,

B. Tahap pengikhtisaran yaitu (1) Jurnal penyesuaian (2) Jurnal Pembalik (3) Neraca jalur

C. Tahap pelaporan (1) Laporan keuangan (2) Jurnal Penutup (3) Neraca Saldo Setelah Penutupan.

Bidang Akuntansi

Sedikit saya tambahkan tentang bidang bidang akuntasi yang ada saat ini karena perkembangan permintaan, yaitu:

  1. Akuntansi Manajemen
  2. Akuntansi Keuangan
  3. Akuntansi perpajakan
  4. Akuntansi Biaya
  5. Akuntansi Budgeter
  6. Akuntansi Sosial

Sekian artikel tentang pengertian akuntansi, tujuan akuntansi, manfaat akuntansi, siklus akuntansi dan lainnya.

Tetap belajar karena belajar itu mudah.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here