Pencipta Lagu Garuda Pancasila Lirik dan Not Angka Serta Maknanya

0
6032

Learniseasy.comPencipta lagu garuda pancasila adalah Sudharnoto. Berikut biografi pencipta lagu garuda pancasila dengan lirik serta not angkanya serta makna lagu kebangsaan garuda pancasila itu sendiri.

Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila / Mars Pancasila?

Saya masih ingat dulu waktu SD ditanya sama Ibu Guru tentang salah satu lagu kebangsaan. Saya masih ingat saat itu saya sebutkan adalah Lagu Garuda Pancasila, Indonesia Raya, dan juga Rayuan Pulau Kelapa.

Sebenarnya waktu itu saya kira pencipta lagu garuda pancasila adalah W.R Supratman… setelah diberi tugas oleh Ibu Guru untuk mencari pencipta lagu garuda pancasila dan lirik serta notnya lah saya baru sadar. Ternyata penggubah atau pengarang lagu Garuda Pancasila (dulu dikenal sebagai Mars Pancasila) adalah Sudharnoto pada tahun 1956.

Biografi Pencipta Lagu Garuda Pancasila

Sudharnoto lahir pada tanggal 24 Oktober 1925 di Kendal di Jawa Tengah. Sudharnoto dulunya kuliah di Kedokteran akan tetapi hanya sampai tingkat dua saja. Itu artinya Bapak Pencipta Lagu Garuda Pancasila ini berhenti kuliah setelah tahun kedua di FK UI.

Hal tersebut mungkin karena bukan jiwanya kali…Ayah Sudharnoto memang seorang dokter sedangkan Ibunya adalah seorang seniman. Jadi bisa ditarik kesimpulan kalo Sudharnoto lebih tertarik ke seni dan budaya.

Hal tersebutlah yang sekiranya membuat pencipta lagu garuda Pancasila (mars pancasila) ini berbelok dari mahasiswa kedokteran menjadi seniman.

Kemampuannya bermain musik berkembang dengan pesat ketika belajar dengan seniman besar seperti R.A.J Soedjasmin, Daljono, Soetedjo dan juga Jos Cleber.

Selain itu, pencipta lagu mars Pancasila ini juga sempat ikut dalam Orkes Hawaiian Indonesia Muda pimpinan Maladi.

Sudarnoto juga sempat bekerja di RRI (Radio Rakyat Indonesia). Disitu, beliau menjadi pengasuh salah satu acara seni dan musik di kantor pusatnya di Jakarta pada tahun 1952. Selain itu, beliau juga pernah menjdai kepala seni dan musik dan pengisi acara di Hammond Organ.

Selanjutnya, Sudharnoto juga selain menciptakan lagu Mars Pancasila (Sekarang dikenal dengan Garuda Pancasila) juga sebagai salah satu pendiri Ansamber Gembira yang selanjutnya diberubah menjadi kelompok penyanyi Istana Negara.

Masa gemilang Sudharnoto memang berada pada puncaknya ketika masa duo terhebat Soekarno – Hatta. Ketika itu, Sudharnoto menjadi salah satu komponis besar. Ketika itu juga LEKRA (Lembaga Kesenian Rakyat) masih dianggap normal saja.

Sayang setelah masa kepresidenan Soekarno habis, digantikan Presiden Soeharto, Komunis dianggap telah memasuki LEKRA. Hal itu membuat LEKRA dituduh menjadi antek PKI.

Hal tersebutlah yang membuat Sudharnoto dan banyak pencipta lagu dan seniman lainnya di masukkan ke penjara sebagai tahanan politik di Lapas Salemba.

Walaupun saat itu mereka membenci betul PKI dan LEKRA sendiri, akan tetapi banyak karya LEKRA yang dijadikan dan tetap dipertahankan sebagai seni budaya kebangsaan. Contohnya saja Lagu Kebangsaan Indonesia karangan Sudharnoto Lagu Garuda Pancasila.

Setelah di tahan, Sudharnoto tetap menjadi seniman dan aktif dalam dunia perfilman sebagai ilustrator. Walaupun ketika pas keluar dari tahanan, Sudharnoto demi sesuap nasi banting stir menjadi penyalur es di pabrik es, PETOJO. Setelah itu menjadi supir taksi dan menjadi pianis di restoran LCC dan Shangrilla.

Pencipta lagu garuda pancasila atau mars pancasila adalah sudharnoto
Pencipta Lagu Garuda Pancasila Adalah Sudharnoto. Dituduh sebagai seorang PKI

Beliau tutup usia pada tanggal 11 Januari 2000 usia 75 tahun.

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Lirik Lagu Garuda Pancasila Beserta Not Angka dan Not Balok

Pencipta Lagu Pancasila Adalah Sudharnoto lirik lagu pancasila
Lirik Lagu Garuda Pancasila beserta not angka dan not baloknya. Pencipta lagu Garuda Pancasila adalah Sudharnoto

Makna Lagu Garuda Pancasila adalah menyemangati seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dalam mewujudkan cita cita luhur proklamasi untuk rakyat adil makmur sentosa dan mewujudkan dan menjadikan Pancasila sebagai satu satunya Ideologi Negara dan Bangsa Indonesia.

Silahkan didengarkan liriknya dibawah ini

Demikianlah artikel tentang Pencipta Lagu Garuda Pancasila dan Lirik Serta Not Balok dan Not Angka Garuda Pancasila.

Artikel terkait :

Biografi Pencipta Lagu Indonesia Raya : W.R Soepratman

Biografi pencipta lagu Maju Tak Gentar: Cornel Simanjuntak

Ayo Maju Maju Ayo Maju Belajar Ayo Mulai Belajar. Salam belajar itu Mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here