Pelajari Macam Macam Demokrasi dan Contohnya

0
211
loading...

Learniseasy.com – Kali ini kalian akan pelajari macam macam demokrasi atau jenis jenis demokrasi yang pernah di desain oleh manusia manusia pemikir dan contohnya.

Kalian sudah tahu tentang pengertian demokrasi bukan? Kalau belum silahkan dibaca disini : Pengertian Demokrasi Menurut para Ahli.

Berikut artikel tentang macam macam demokrasi

Macam Macam Demokrasi

Secara garis besar demokrasi yang pernah dikreasikan di dunia ada 3 macam. (1) Mulai dari cara menyalurkan kehendak rakyat (2) Hubungan antar alat kelengkapan negara (3) dan Berdasarkan prinsip ideologi.

(1) Macam Macam Demokrasi Berdasarkan Cara Penyaluran Kehendak Rakyat dan Contohnya

Ada dua macam demokrasi, yaitu demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung.

Demokrasi Langsung

Demokrasi langsung adalah demokrasi yang mengikut sertakan seluruh rakyat tanpa perwakilan dalam membicarakan urusan negara. Demokrasi jenis ini sering disebut sebagai demokrasi murni (pure democrazy).

Demokrasi langsung sering dijumpai dalam daerah kekuasaan kecil. Oleh karena itu, dulunya, demokrasi langsung diterapkan di zaman Yunani Kuno dimana seluruh penduduknya berkumpul di satu tempat untuk mendiskusikan.

Saat itu dikenal dengan nama Demokrasi athenian. Walaupun saat itu wanita dan budak serta anak anak tidak di ikutkan.

Contoh negara yang menganut demokrasi langsung Switzerland. Walaupun tidak cukup langsung, akan tetapi ini adalah satu satunya negara yang masih menerapkan sistem demokrasi langsung yang masih dominan.

Sekarang demokrasi langsung dikenal dengan istilah EDD atau Electronic direct  democration atau direct digital democracy.

Demokrasi Tidak Langsung

Ini merupakan bentuk demokrasi yang mengikutkan perwakilan dalam pengambilan keputusan. Jadi penerapannya seperti titip suara.

Demokrasi tidak langsung merupakan macam demokrasi yang paling banyak diterapkan di dunia. Hampir seluruh negara ber ideologi demokrasi menerapkan hal ini. Termasuk Indonesia.

Demokrasi tidak langsung bercirikan adanya senat atau parlemen ataupun dewan pewakilan dalam negara tersebut. Demokrasi seperti ini memang cocok untuk diterapkan pada negara yang memiliki jumlah penduduk besar.

(2) Macam Macam Demokrasi Dilihat Dari Hubungan antar alat kelengkapan negara

Terdapat empat jenis demokrasi dari segi ini. Silahkan disimak penjelasannya.

Demokrasi sistem Referendum

Ini merupakan bentuk demokrasi yang dimana rakyat memiliki wakil atau perwakilan mereka di parlemen. Walaupun sudah menjadi perwakilan, mereka tidak memiliki kekuatan penuh. Perwakilan tersebut masih dikendalikan oleh rakyat yang dengan adanya referendum.

Ini merupakan demokrasi semi langsung.

Referendum dapat kita katakan sebagai petisi atau pernyataan terhadap suatu hal yang berhubungan dengan kepentingan negara.

Demokrasi dengan sistem referendum diterapkan dalam demokrasi liberal.

Jadi terkadang ada permasalahan dalam negara, sehingga pemerintah ataupun rakyat, merespon dengan mengajukan permintaan atau petisi dalam bentuk referendum. Referendum tersebut kemudian akan di vote. Apabila mayoritas warga memilih ya maka aturan “YA” tersebut akan dibuat dan disahkan.

Contoh negara yang menerapkan demokrasi sistem referendum adalah Canada dan Irlandia.

Demokrasi dengan Sistem Parlementer

Ini merupakan macam demokrasi yang lebih sederhana dari demokrasi sistem referendum. Demokrasi sistem ini memiliki kekuatan lebih dominan pada daerah legislatif.

Jadi setelah legislatif dipilih oleh rakyat, maka para eksekutif kemudian di tentukan oleh para anggota anggota legislatif yang terpilih. Jadi hubungan mereka erat (walaupun sebenarnya hanya cangkangnya saja).

Apabila anggota eksekutif mengecewakan, maka parlemen dapat menghentikan dan mengganti mereka.

Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan

Demokrasi jenis identik dengan demokrasi yang diterapkan Indonesia. Demokrasi ini merupakan bentuk berlainan dari demokrasi sistem parlementer.

Demokrasi jenis ini membuat tanggung jawab eksekutif hanya pada rakyat, begitupun dengan legislatif. Tidak seperti demokrasi parlementer. Para menteri dipilih oleh Presiden, sehingga yang berhak memberhentikan Menteri hanya Presiden saja.

Banyak yang mengkritisi demokrasi ini karena sangat rentang terjadinya penyalahgunaan kekuasaan pada tingkat eksekutif ataupun legislatif.

Demokrasi Perwakilan Sistem Referendum dan Inisiatif Rakyat

Demokrasi ini merupakan jenis demokrasi yang menggabungkan demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.

Sesungguhnya demokrasi pancasila seperti ini, akan tetapi dalam penerapannya tidak sama sekali. Banyak aturan dan tata cara yang diubah sehingga rakyat terlihat tidak lagi memiliki akses terhadap kepentingan negara.

(3) Macam Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi

Ada tiga jenis demokrasi berdasarkan prinsip ideologi yang pernah dibuat oleh manusia. Mulai dari demokrasi liberal, demokrasi rakyat dan juga demokrasi Pancasila.

Macam macam demokrasi dan jenis jenis demokrasi
Macam macam demokrasi dan jenis jenis demokrasi

Berikut sedikit penjabaran tentang macam demokrasi berdasarkan prinsip ideologi yang diterapkan:

  1. Demokrasi liberal adalah jenis demokrasi yang memberikan kebebasan hampir sepenuhnya terhadap rakyat nya dalam menentukan kebijakan negara dan kebijakan masyarakat. Silahkan baca lebih jelasnya tentang demokrasi liberal dan kebobrokannya dalam artikel ini : Demokrasi Liberal: Pengertian, Ciri, Sistem Pemerintahan [Lengkap]. Dengan kata lain, paham ideologi yang ada adalah liberalisme
  2. Demokrasi rakyat adalah demokrasi yang dirasuki paham sosialisme komunisme. Ini merupakan bentuk demokrasi yang tidak egois. Mengedepankan kepentingan umum, bersama, logis, bertanggung jawab, untuk kebaikan bersama dan negara. Demokrasi ini sering dipandang miring oleh masyarakat bahkan kaum cendikiawan karena terkadang penganut demokrasi ini tidak mengikutsertakan pandangan keagamaan dalam konstitusi negaranya.
  3. Demoksi Pancasila. Ini merupakan demokrasi yang dirasuki ideologi Pancasila. Demokrasi ini merupakan ciri khas demokrasi Indonesia pada awal terbentuknya. Kalau dilihat sekarangi ini, demokrasi Pancasila tidak murni lagi.
Itulah diatas Macam macam demokrasi dan contoh penganut demokrasi jenis tersebut. Tetap belajar karena belajar itu mudah.
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here