Makna Rujukan : Kata Ganti Tunjuk dan Kata Ganti Orang

0
122

Learniseasy.com – Mari belajar Bahasa Indonesia. Kali ini kita akan pelajari makna rujukan. Kata rujukan ada dua yaitu kata ganti tunjuk dan kata ganti orang.

Kata Ganti Tunjuk

Kata yang digunakan untuk menunjuk sesuatu. Bentuk kata ganti tunjuk antara lain: “Ini, Itu, dan tersebut“.
Contoh Soal Paragraf Kata Ganti Tunjuk

“Indonesia harus membangun kemandirian dengan kekuatan yang dimilikinya sendiri. Di tengah situasi ekonomi yang tidak menggembirakan, Bangsa Indonesia sudah tidak bisa mengandalkan negara lain untuk membangun kemandirian. Untuk itu, Indonesia dapat menempuhnya dengan meningkatkan daya saing. Caranya, kemampuan sumber daya manusia Indonesia dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi harus ditingkatkan”.

Kata itu pada paragraf tersebut merujuk pada…

A. Tidak bisa mengandalkan negara lain

B. Menghadapi situasi ekonomi global

C. Membangun kemandirian Indonesia

D. Situasi ekonomi global tidak menyenangkan.

Jawaban: C

Pembahasan:

Kata tunjuk adalah kata yang digunakan untuk menunjuk / merujuk suatu hal. Untuk mengetahui hal yang dapa dirujuk oleh kata tunjuk, anda dapat melihat kalimat sebelumnya. Kata itu pada paragraf tersebut merujuk pada Membangun Kemandirian Indonesia.

Kata Ganti Orang

Kata ganti orang adalah kata yang digunakan untuk menunjuk orang/pelaku. Bentuk kata ganti orang antara lain: ia, mereka, -nya, dia, dsb.

Untuk mengetahui yang yang dirujuk oleh kata tunjuk, Anda dapat melihat kalimat sebelumnya.

Contoh soal kata ganti orang

Bacalah Paragraf Berikut !

(1) Perlu diketahui, alur perdagangan beras sangat panjang, mulai dari petani, penebas, pedagang proses , atau pemiliki penggilingan kecil, pengepul, pedagang besar, pasar beras, pedagang kecil hingga konsumen. (2) Keuntungan terbesar diperoleh pedagang pemilik penggilangan besar karena memotong alur pedagang proses atau pengepul. (3) Selama ini pula penebas atau pengepul menguasai dan menentukan harga gabah saat panen. (4) Peran mereka sangat kuat sehingga perpindahan beras dari petani ke konsumen sangat panjang.

Kata ganti mereka pada kalimat (4) merujuk pada….

A. Para petani

B. Pemerintah

C. Penebas atau pengepul

D. Pedagang pemiliki penggilingan

E. Pedagang proses atau pengepul

Jawaban: C

Pembahasan:

Kata ganti adalah kata yang digunakan untuk mengetahui hal yang dirujuk oleh kata ganti. Anda dapat melihat kalimat sebelumnya. Kata mereka pada kalimat nomor (4) merujuk pada penebas atau pengepul.

Makna rujukan kata ganti orang dan kata ganti tunjuk
Makna rujukan kata ganti orang dan kata ganti tunjuk

Demikianlah artikel singkat tentang Makna rujukan kata ganti orang dan kata ganti tunjuk. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here