Globalisasi : Pengertian Globalisasi, Ciri Ciri, Dampak, Dan Pentingnya Globalisasi

0
48
loading...

Learniseasy.com – Mari belajar tentang pengertian globalisasi, ciri ciri globalisasi, dampak globalisasi dan pentingnya globalisasi itu sendiri. Mari mulai dengan menjawab apa itu globalisasi.

Apa itu Globalisasi

Dilansir dari BBC, pengertian globalisasi adalah proses dimana dunia menjadi semakin terhubung (Globalisation is the process by which the world is becoming increasingly interconnected) sebagai akibat dari meningkatnya perdagangan secara masif sert terjadinya pertukaran budaya (as a result of massively increased trade and cultural exchange).

Menurut Held dan McGrew (1999), mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah proses atau serangkaian proses (a process or set of processes) yang mewujudkan terjadinya transformasi dalam organisasi spasial (which embodies a transformation in the spasial organization) yang menyangkut hubungan sosial dan transaksi, yang dinyatakan dalam arus litas benua dan lintas regional  serta jaringan aktivitas, interaksi dan kekuasaan (of social relation and transaction, expressed in transcontinental or interregional flows and networks of activity, interaction and power).

A. G. McGrew (1992) dalam bukunya yang lain memberikan pengertian globalisasi yang menarik, Beliau mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

Ciri Ciri Globalisasi

Lalu bagaimana tanda tanda atau ciri ciri globalisasi. Terjadinya globalisasi dapat dikenali dengan 4 karakter perubahan, yang dapat dikatakan sebagai ciri ciri globalisasi.

  1. Ciri pertama globalisasi terjadinya pelebaran aktivitas sosial, politik, dan ekonomi di pelosok wilayah, regional dan benua.
  2. Ciri kedua globalisasi adalah terjadinya intensifikasi atau peningkatan serta keterhubungan aliran perdagangan, investasi, keuangan, serta migrasi dan pertukaran budaya.
  3. Ciri ketiga globalisasi adalah terjadinya percepatan interaksi dan komunikasi secara mendunia dengan terciptanya sistem transportasi maju, sehingga mempercepat pertukaran serta difusi ide, barang barang, informasi, modal dan juga masyarakat.
  4. Ciri keempat globalisasi adalah terjadinya peningkatan intensitas dan kecepatan interaksi global yang mengakibatkan kejadian atau peristiwa lokal di willayah yang berjauhan dapat menjadi sesuatu yang berdampak global. Artinya masalah domestik dan masalah global menjadi semakin berhubungan (become increasingly fluid).

Berdasarkan pengertian globalisasi dan ciri ciri globalisasi diatas dapat dikatakan bahwa globalisasi itu bersifat multidimensi. Artinya, globalisasi tidak hanya berkutat pada masalah keuangan saja (ekonomi saja), globalisasi saling mempengaruhi mulai dari dimensi ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Walaupun memang menurut Joseph E. Stiglitz dalam bukunya Globalization and its discontents (2002), mengatakan bahwa globalisasi memang sangat erat berkaitan dengan perekonomian khususnya perdagangan serta globalisasi yang berhasil selalu dicirikan oleh tidak adanya atau kurangnya keterlibatan IMF, WTO, dan badan internasional lainnya dalam negara tersebut, contohnya Taiwan dan Korea Selatan yang lebih menonjolkan dan mengandalkan kemampuan negaranya dalam “berglobalisasi”.

Pengertian globalisasi ciri ciri globalisasi dampak globalisasi pengaruh globalisasi
Pengertian globalisasi ciri ciri globalisasi dampak globalisasi pengaruh globalisasi

Dampak Globalisasi

Bukan sebuah hal yang penting bila tidak memiliki dampak nyata dalam kehidupan kita. Globalisasi memang selalu menjadi perhatian utama dalam suatu negara. Hal itu karena dampak globalisasi yang akan menyentuh seluruh dimensi kehidupan masyarakat.

Berikut beberapa poin dampak globalisasi:

  1. Terjadinya peningkatan perdagangan internasional dan nasional
  2. Terciptanya dan terwujudnya perusahaan multinasional (beroperasi dalam lebih dari satu negara). Hal ini sangat baik khususnya dalam perusahaan energi seperti BBM (Exxon dan banyak lagi).
  3. Ketergantungan terhadap keadaan atau kondisi ekonomi global
  4. Perpindahan modal, barang dan jasa menjadi lebih bebas (hampir tidak terbatas oleh wilayah lagi).
  5. Perusahaan perusahaan dapat menjadi lebih cepat besar karena dapat mendekati konsumen di negara negara lain, contohnya Starbucks dan sejenisnya.

Walaupun memang salah satu dampak globalisasi adalah terjadinya peningkatan perekonomian negara negara berkembang atau negara tertinggal, akan tetapi penelitian membuktikan bahwa jarak antara negara maju dan berkembang tidak bertambah dekat dengan adanya globalisasi.

Dampak Positif Globalisasi

Diatas sudah dijelaskan tentang beberapa dampak globalisasi, kali ini akan diterangkan lebih spesifik ke dampak positif globalisasi.

  1. Mendorong perusahaan multinasional (TNCs atau MNCs) investasi ke negara negara berkembang yang akan mendorong dan menyediakan lapangan kerja serta keahlian baru bagi penduduk negara negara berkembang. Perusahaan multinasional tersebut juga menambah kekayaan negara dengan membeli bahan bahan mentahnya dari negara tersebut.
  2. Pertukaran ide, informasi, pengalaman, dan gaya hidup. Masyarakat dapat merasakan makanan dan produk lain yang sebelumnya tidak tersedia di negaranya.
  3. Globalisasi membuat kesadaran terhadap kualitas lingkungan menjadi lebih tinggi seperti global warming dan deforestation (penebangan hutan).
  4. Meningkatkan efisiensi kerja akibat penyerapan teknologi contohnya tulis tangan yang kemudian berpindah ke mesin ketik, lalu ke komputer lawas lalu berpindah ke komputer modern dan selanjutnya dari segi software. Hal yang seharusnya hanya berkembang di negara pencipta komputer, mengikutsertakan penduduk di seluruh dunia menjadi berkembang dan menjadi lebih cepat dalam menuliskan ide dan lainnya.

Dampak Negatif Globalisasi

Bukanlah hal yang mengejutkan bila globalisasi memiliki dampak negatif. Walaupun begitu perlu kita sadari bahwa dampak negatif ini ada karena sifat jelek manusia yang sering menyalagunakan sesuatu.

  1. Glolisasi sebagian besar merupakan kepentingan negara negara adidaya, seperti yang ditekankan oleh Stiglitz. Hal tersebut mengakibatkan dominasi perdagangan dunia dengan menggunakan negara negara berkembang sebagai modal utama. Negara negara berkembang menyediakan lapangan kerja yang lebih murah dan bahan baku yang lebih murah untuk dijual di wilayah lain dengan harga yang jauh lebih mahal.
  2. Tidak ada jaminan terhadap kekayaan yang diperoleh dari hasil investasi perusahaan asing di wilayah lokal dapat berakibat baik bagi perkembangan lokal. Sangat sering terjadi, keuntungan atau sebagian besar keuntungan dikembalikan ke pusat perusahaan multinasional tersebut.
  3. Dapat menyebabkan terjadinya PHK besar besaran akibat perusahaan Multinasional yang kemudian dapat dengan tiba tiba menutup perusahaan nya di wilayah lokal yang tidak lagi profitable untuk saat itu.
  4. Dapat meningkatkan terjadinya pencemaran lingkungan dalam wilayah operasional perusahaan akibat perbedaan aturan. Aturan tentang pencemaran lingkungan di negara maju lebih ketat, sedangkan di negara berkembang kurang ketat. Hal tersebut membuat perusahaan multinasional dapat menggunakan bahan dan mengolah bahan lebih bebas sehingga dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.
  5. Gaya hidup dan trend fashion dari luar yang tidak sesuai dengan moral dan etika lokal dapat merusak kebudayaan lokal itu sendiri
  6. Kepentingan politik di negara lain dapat berdampak kepada kondisi keamanan dan ketentraman negara lain.
  7. Permainan harga barang dan komoditas global dapat menggiring terjadinya perang dan banyak hal yang tidak bagus lainnya.
  8. Perilaku konsumtif dan boros yang semakin banyak
Dampak negatif globalisasi
Dampak negatif globalisasi

Apa Pentingnya Globalisasi?

Sesungguhnya globalisasi itu penting, kenapa seperti itu? Hal tersebut karena memang pada awalnya tidak ada yang namanya negara ini negara itu, yang ada hanya manusia. Munculnya negara yang akhirnya memisahkan hubungan antara tiap manusia.

Walaupun bukan cuman wilayah yang memisahkan mereka, agama, ras dan banyak lagi yang memisahkan mereka. Dengan adanya globalisasi, mengembalikan kembali suasana kebersamaan yang dimiliki oleh manusia.

Kalian boleh tambahkan bagaimana pentingnya globalisasi dan dampak globalisasi menurut kalian. Demikianlah artikel tentang pengertian globalisasi, ciri ciri globalisasi, dampak positif globalisasi, dan dampak negatif globalisasi, serta pentingnya globalisasi.

Tetap belajar karena belajar itu mudah.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here