Doa Islami : Bacaan Doa Qunut dan Cara Doa Qunut Nazilah

0
3755

Learniseasy.com – Berikut adalah artikel tentang doa qunut nazilah bagi makmum dan imam berserta artinya dan cara bacaan doa nazilah subuh berjamaah dan qunut subuh.

Apa itu Doa Qunut Nazilah

Doa qunut Nazilah adalah doa qunut yang memiliki riwayat yang jelas atas syariatnya dalam Islam. Doa qunut nazilah dilakukan ketika terjadi bencana. Dikisahkan Rasulullah SAW pernah melakukan qunut nazilah dalam Shalatnya, ketika terjadi pembunuhan atas 60 penghafal Al-Quran.

Qunut nazilah tersebut Beliau lakukan selama sebulan lamanya. Beliau melakukan qunut nazilah untuk mendoakan kecelakaan yang terjadi pada utusan tersebut.

Bacaan Doa Qunut Nazilah

Qunut memiliki dua isi di dalam bacaanya. Pertama adalah pujian dan kedua adalah doa, atau permintaan kepada Allah SWT. Sehingga biasanya bacaan doa qunut Nazilah memiliki maksud dalam doanya sehingga tiap kondisi atau beda bencana, ada variasi dalam doanya.

Hal tersebut membuat kita mengenal adanya berbagai macam bacaan doa qunut nazilah seperti bacaan doa qunut nazilah para korban perang di suriah, doa qunut nazilah untuk palestina, doa qunut nazilah waktu bencana tsunami, doa qunut nazilah sewaktu bencana gempa bumi dan banyak lagi.

Tata Cara Doa Qunut Nazilah

  1. Doa qunut Nazilah dibaca ketika terjadi bencana atau musibah baik lokal maupun luar negeri yang berhubungan dengan umat muslim.
  2. Doa qunut Nazilah dapat dilakukan pada waktu subuh, dhuhur, magrib, dan Isya. Tidak dijelaskan pada waktu Ashar dan dilarang pada saat shalat Jumat karena tidak ada hadist tentang hal tersebut.
  3. Doa qunut Nazilah dianjurkan dibaca ketika terjadi bencana dan berjamaah.
  4. Doa qunut Nazilah dilakukan ketika I’tidal, setelah bacaan I’tidal dilanjutkan bacaan doa Qunut Nazilah.
  5. Dianjurkan untuk tidak membaca doa qunut yang terlalu panjang
  6. Membesarkan suara tapi jangan berteriak (secukupnya saja)
  7. Ketika dibaca doa qunut Nazilah, ataupun qunut witir atau qunut subuh, dianjurkan untuk mengangkat tangan dengan posisi berdoa.
  8. Setelah doa selesai, tidak dianjurkan untuk mengusap muka seperti selesai berdoa pada umumnya, akan tetapi langsung saja mengambil langkah sujud.
  9. Ketika Imam membacakan doa qunut, makmum juga mengankat tangan tanda berdoa, dan mengucapkan amin saja untuk tiap penggal doanya, tidak perlu melafazkan doa qunut nazilah juga.
  10. Tidak dianjurkan untuk qunut nazilah bila bencana sudah berlalu, serta tidak dianjurkan untuk setiap kali shalat karena tidak pernah ada contoh dari Rasullulah untuk hal tersebut.
  11. Dianjurkan untuk membaca doa qunut yang pendek saja, yang mengarah langsung ke bencana yang dimaksud.

Berikut bacaan doa bagi korban perang di seantero negeri muslim.

Bacaan doa qunut nazilah untuk korban perang suriah, gaza dan lainnya
Bacaan doa qunut nazilah untuk korban perang suriah, gaza dan lainnya

Video bacaan doa qunut nazilah oleh UNIC

Bacaan doa qunut subuh

Bacaan doa qunut subuh
Bacaan doa qunut subuh, dibaca bagi yang shalat sendiri. Untuk bacaan doa qunut subuh yang berjamaah, bagi imam ikuti petunjuk dibawah ini

Bagi Imam, dalam shalat berjamaah, membaca doa qunut subuh di bawah ini

Bacaan doa qunut subuh untuk imam shalat berjamaah
Bacaan doa qunut subuh untuk imam shalat berjamaah

Itulah diatas bacaan doa qunut nazilah serta qunut subuh. Ada bagusnya kalian para Lelaki, Pria, mengetahui bacaan doa qunut subuh serta qunut nazilah, karena jelas kalian pasti jadi imam, setidaknya untuk keluarga kalian, Aamiin.

Tetap belajar Islam, karena belajar itu mudah , dan Islam itu keselamatan kita dunia akhirat. Wassalam.

Sering seringlah meminta petunjuk kepada imam mesjid di tempat kalian, atau di mesjid raya di daerah kalian untuk doa qunut Nazilah. Hal tersebut karena doa nazilah mengkhususkan pada bencana yang termaksud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here