Biografi Pencipta Lagu Maju Tak Gentar Lirik dan Not Angka dan Not Balok

0
575

Learniseasy.com – Siapa yang tidak pernah ditanya tentang pencipta lagu maju tak gentar? Kalian pasti pernah diberikan pertanyaan siapa pencipta lagu maju tak gentar beserta lirik dan not nya.

Bagi kalian yang pernah SD (sekolah dasar), tentu saja pernah menyanyikan lagu ciptaan Cornel Simanjuntak … Maju tak gentar membela yang benar Maju Tak Gentar Hak Kita Diserang.

Saya masih ingat saat menyanyikan lagu maju tak gentar waktu kelas 3 SD. Pria Kelahiran Pemantangsiantar Sumatera Utara pada tahun 1921, ini merupakan seniman yang dikenal sebagai komponis nasional.

Biografi Pencipta Lagu Maju Tak Gentar : Cornel Simanjuntak

Cornel Simanjuntak lahir di Sumatera Utara tepatnya di Pematangsiantar. Tidak terdapat informasi kapan tepatnya pencipta lagu maju tak gentar ini lahir. Diketahui beliau lahir pada tahun 1921.

Pencipta lagu maju tak gentar ini beragama Katolik. Ayah beliau bernama Tolpus Simanjuntak yang merupakan pensiuan polisi polisi kolonial. Ibu pengarang lagu maju tak gentar ini bernama Rumina Siahaan.

Cornel simanjuntak memiliki sembilan saudara. Dari kecil beliau sudah menunjukkan bakatnya dalam bermain musik. Hal tersebut terlihat waktu bersekolah di HIS Santo Fransiskus di Medan pada tahun 1937 dan HIK Kolese Xaverius, Muntilan, Jawa Tengah.

Hal itu bahkan membuatnya mendapatkan perhatian dari seorang komposer terkenal di sekolah nya J.Schouten Pater Jesuit. Selain sangat hebat dalam bermain biola, Cornel juga memiliki suara tenor yang menyaingi legenda Italia, Enrico Carusco.

Pencipta Lagu Maju Tak Gentar ini sangat fans dengan komposer dunia, Schubert. Oleh karena itulah karya karya ciptaan Cornel Simanjuntak memiliki makna patriotik dan semangat perjuangan serta melawan penindasan dan penderitaan.

Cornel Simanjuntak oleh teman sesama pelajar nya di panggil dengan “Siman”. Selain mahir memainkan biola utama, Pencipta lagu maju tak gentar ini juga memiliki suara tenor terbaik di seluruh sekolah musik saat itu. Hal tersebut membuatnya ditunjuk menjadi solis.

Solis artinya pada concert tersebut dia diberikan kesempatan untuk bermain solo, artinya Cornel Simanjuntak memiliki kemampuan biola yang betul betul hebat. Saking hebatnya, Cornel pernah menjadi Concertmaster di sekolah musik ternama itu.

Pada tahun 1942, Cornel harus berhenti sekolah dan menjadi sarjana darurat di HIK karena kedatangan Jepang di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena guru guru musik Belanda terpaksa melarikan diri ke Belanda karena akan ditawan bila tetap tinggal.

Berbekal ijazah tersebut, Cornel Simanjuntak menjadi tenaga pengajar di Sekolah Dasar di Magelang. Semasa mengajar disitu, beliau sempat membuat lagu ” Mekar Melatiku”.

Setelah menjadi guru disitu, beliau mengajar di SD Van Lith. Selanjutnya pada saat Kantor Kebudayaan Jepang di Indonesia (Keimin Bunka Shidosho), Pencipta Lagu Maju Tak Gentar ikut bergabung dan sempat menjadi teman dekat dengan komponis Jepang Nobuo Lida.

Ketika Cornel Simanjuntak masuk dalam Kantor kebudayan Jepang, beliau ditugaskan membuat lagu lagu propaganda pembakar semangat buat pasukan Jepang. Sebut saja lagu “Di Kebun Lapas”, Lagu “Bekerja”, Lagu “Menabung”, lagu “Asia Sudah Bangun”, lagu “Hancurkan Musuh Kita”, lagu “Awaslah Inggris dan Amerika”, dan lagu “Puji kepada Heiho” serta lagu “Mars Pasukan Sukarela”.

Pencipta Lagu Maju Tak Gentar Cornel Simanjuntak
Pencipta Lagu Maju Tak Gentar Cornel Simanjuntak

Semua lagu tersebut merupakan karya Cornel Simanjuntak di masa mudanya. Ketika itu masih berumur 22 tahun. Betul betul Jenius Musik.

Akan tetapi, dengan sebegitu banyak karya yang dihasilkan oleh beliau, kehidupannya tetap saja susah di kala itu. Memang penjajahan di masa Jepang betul betul menguras habis sumber daya alam Indonesia.

Berdasar dari penderitaan bangsa saat itulah, kemudian Cornel beralih dari full musik, menjadi pejuang kemerdekaan Indonesia melalui senjata dan lagu lagunya.

Beliau pernah berkata bahwa:

kutipan ucapan pencipta lagu maju tak gentar ketika perang melawan jepang
kutipan ucapan pencipta lagu maju tak gentar ketika perang melawan jepang

Lagu Maju Tak Gentar tersebut dibuat oleh  Cornel Simanjuntak ketika ikut andil dalam perjuangan melawan penjajah Jepang dan Inggris semasa tahun 1945-1946.

Ketika itu, Cornel tertembak di paha ketika melawan tentara Inggris di Malang. Kemudian beliau dirawat di RSUP. Selanjutnya dilarikan ke karawang dan kemudian Yokyakarta karena tentara Inggris menyisir daerah Malang.

Di Yogyakarta itulah, Cornel Simanjuntak membuat beberapa lagi yang menjadi pembakar semangat hingga sekarang. Sebut saja “Teguh Kuku berlapis Baja”, lagu “Indonesia Tetap Merdeka”, lagu “Tanah Tumpah Darah” dan juga lagu “Maju Tak Gentar”.

Peluru tersebut serta TBC yang menjadi asal meninggalnya belaiu pada 15 September 1946 di Sanatorium Parkem, Yogyakarta.

Cornel Simanjuntak meninggal tanpa sempat memiliki istri apalagi anak. Sebelum meninggal, maestro musik kita ini sempat membuat menuliskan lagi berjudul “Bali Putra Indonesia” yang diiringi dengan gamelan. Tapi sayang seribu sayang, lagu tersebut tak sempat dia selesaikan karena ajal keburu menjemput.

Cukup berbeda dengan pencipta lagu kebangsaan lainnya seperti Indonesia Raya : W.R. Soepratman dan juga pencipta lagu Garuda Pancasila, Sudharnoto. Beliau cukup merasakan penghargaan atas karya karyanya.

Hal itu jelas juga karena memang mereka bertiga berbeda jaman. Beliau juga meninggal sangat muda, ketika itu masih berumur 25 tahun.

Apabila anda mengunjungi makam beliau, Cornel Simanjuntak, di Taman Makam Pahlawan Semaki, anda akan melihat tulisan “Gugur Sebagai Seniman dan Prajurit Tanah Air”.

Artikel terkait:

Pencipta Lagu Indonesia Raya Birama, Lirik, Not, Chord dan Birama

Pencipta Lagu Garuda Pancasila Lirik dan Not Angka Serta Maknanya

Lirik Lagu dan Juga Not Angka Serta Not Balok Lagu Maju Tak Gentar

Bagi kalian yang sudah lupa lirik lagu “Maju Tak Gentar” silahkan dinyanyikan lagu dibawah ini.

Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Reff :
Bergerak bergerak
Serentak Serentak
Menerkam Menerjang Terkam
Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang
Majulah majulah menang

Pencipta lagu maju tak gentar beserta lirik lagu maju tak gentar
Lirik Lagu Maju Tak Gentar dan Juga Not Angka dan Not Balok. Klik untuk memperbesar

Bagi yang belum tau atau kurang tau bagaimana lagu Maju Tak Gentar, silahkan dengarkan lagunnya di video lagu Maju Tak Gentar dibawah ini:

Demikianlah artikel tentang biografi pencipta lagu Maju Tak Gentar , beserta lirik dan not angka lagu maju tak gentar serta video musiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here