Belajar Tentang Pembagian Zaman: Zaman Holosen (Alluvium)

0
3990

Learniseasy.com – Apa itu Zaman Holosen atau Alluvium| Zaman Holosen sering juga disebut dengan istilah Zaman Alluvium. Zaman holosen merupakan bagian dari zaman dari zaman kuarter.

Zaman holosen berlangsung kira kira 10 ribu tahun yang lalu tepatnya pada 11.700 tahun silam dan erus berkembang hingga sekarang ini. Keadaan dan ciri ciri zaman holosen adalah bermula sejak munculnya manusia atau spesies  Homo sapiens.

Ciri zaman holosen yang lain adalah bentuk geografis bumi beserta seluruh benua dan pulau pulaunya tidak banyak berubah layaknya sekarang. Indonesia sudah berbentuk negara kepulauan dan seterusnya

Ciri zaman holosen yang lain adalah es di kutub sudah banyak mencair. Hal ini karena memang zaman holosen atau zaman alluvium hadir setelah terjadinya “melting down” atau es di Bumi kemudian mencair.

Zaman holosen merupakan bagian dari zaman kuarter. Zaman kuarter sendiri merupakan bagian dari zaman Neozoikum atau Kaenozoikum. Zaman Neozoikum sendiri terbagi atas dua zaman yaitu tersier dan kuarter. Zaman kuarter terbagi atas dua zaman yaitu Dilluvium atau zaman pleistosen , serta zaman holosen atau alluvium.

Zaman holosen merupakan zaman terakhir dari pembagian sejarah geologi Bumi. Hal itu karena holosen sendiri merupakan zaman bagi manusia modern, jadi apabila terjadi bencana super mega, dan sebagian besar manusia mati, maka mungkin zaman holosen akan terganti.

Pembagian Zaman Holosen

Zaman holosen terbagi atas lima zaman yang semuanya dinamai dengan peristiwa perubahan iklim yang terjadi, yaitu :

  1. Preboreal Preboreal (10 ribu tahun–9 ribu tahun),
  2. Boreal (9 ribu tahun–8 ribu tahun),
  3. Atlantic (8 ribu tahun–5 ribu tahun),
  4. Subboreal (5 ribu tahun–2,5 ribu tahun) dan
  5. Subatlantic (2.5 ribu tahun–sekarang).

Tumbuhan pada zaman holosen sudah seperti sekarang, dengan di dominasi oleh tumbuhan jenis spermatophyta, baik itu angiospermae dan juga gymnospermae. Tumbuhan lain seperti paku (pterydophyta) juga masih banyak tapi tidak lagi dominan. Banyak bermunculan tanaman dengan variatas baru atas usaha manusia dalam persilangan.

Hewan yang ada pada zaman holosen sudah tidak seperti pada zaman pleistosen. Hewan seperti mammot sudah punah ketika memasuki zaman holosen, walaupun pada awal zaman holosen memang terlihat akan tetapi habis dibasmi oleh manusia modern. Bermunculan banyak ras hewan baru serta hewan domestik.

Zaman holosen dan kebudayaan zaman holosen
Zaman holosen dan kebudayaan zaman holosen

Itulah diatas, penjelasan tentang zaman holosen atau zaman alluvium. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here