Belajar Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara (Lengkap)

0
94

Learniseasy.com – Mari belajar lagi, kali ini kita akan belajar tentang pengertian dasar negara dan fungsi dasar negara. Kalian sudah tahu kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara bukan? bila belum, silahkan baca Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Filsafat Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi.

Pengertian Dasar Negara

Apa itu dasar negara? Dasar negara dalam bahasa Inggris disebut Political philosophy atau state philosophy. Jadi apa pengertian dasar negara itu?

Pengertian dasar negara atau political philosophy adalah sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tata tertib hukum dalam negara.

Dari sumber lain ditambahkan bahwa dasar negara itu adalah sikap hidup (attitude of life) , pandangan hidup (way of life) atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran ataupun kesalahannya (something that can not be proved the truth or error).

Hans Nawiaski menambahkan bahwa dasar negara itu adalah norma fundamental negara yang akan membentuk aturan dasar negara atau pokok negara, kemudian undang undang dan selanjutnya aturan pelaksanaan.

Hamid S. Patamimi juga menambahkan bahwa dasar negara juga disebut sebagai cita hukum.

Memang masih banyak pertentangan terhadap dasar negara sebagai political philosophy atau  sekaligus sebagai moral philosophy. Kalau kita bahas disini akan sangat panjang pembahasan tentang hal tersebut.

Pokoknya yang kalian harus tahu, bahwa dasar negara itulah yang nantinya akan menjadi bahan utama konstitusi negara baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.

Indonesia, memiliki Pancasila sebagai dasar negara. Jadi sebelum adanya aturan di Indonesia, Pancasila lah yang menjadi dasar negara tersebut.

Pancasila sebagai dasar negara  memiliki 5 nama lain yaitu (1) Norma dasar (2) Staatfundermentalnorm (3) Norma pertama (4) Cita hukum (5) Pokok kaidah negara yang fundamental.

Pancasila dan prosesnya menjadi dasar negara sejalan dengan pendapat Wiliam Bernard dalam bukunya “In The beginning was deed” (2005) bahwa

“political philosophy is not just applied moral philosophy, which is what in our culture it is often taken to be…. Political philosophy must use distinctively political concepts, such as power, and its normative relative, legitimation

Bahwa dalam dasar negara tersebut tidak hanya berlaku filsafat moral yang dikandung dalam budaya Bangsa Indonesia, akan tetapi juga disertakan konsep politik seperti kekuasaan dan legitimasi hukum dalam negara tersebut.

Memang itulah yang kita pahami memang dalam isi dan nilai nilai kelima sila dalam Pancasila kita. Tidak hanya mendasari hukum di Indonesia, juga sebagai filsafat moral yang kita miliki sebagai bangsa Indonesia.

Bila ada yang mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara bertentangan dengan agama tertentu yang sah di Indonesia, maka sekiranya perlu mendalami lebih jauh lagi setiap sila yang ada. Tidak ada nilai yang bertentangan dengan agama yang sah di Indonesia (lain cerita kalau penganutnya animisme atau atheis).

Fungsi Dasar Negara

Jadi apa saja fungsi dasar negara? Sebelum kita mengerucutkannya menjadi beberapa poin, mari kita baca pernyataan Hobbes

Where there is no common power, there is no law; where there is no law, no injustice

Kalau diartikan artinya, ketika tidak ada dasar negara, tidak ada hukum; ketika tidak ada hukum, tidak ada keadilan”.

Pengertian dasar negara dan fungsi dasar negaraPengertian dasar negara dan fungsi dasar negara
Pengertian dasar negara dan fungsi dasar negara

Jadi fungsi dasar negara adalah:

  1. Dasar berdiri dan berdaulatnya suatu negara.
  2. Fungsi dasar negara sebagai dasar penyelenggaraan negara. Dasar negara memiliki pedoman nasional untuk mewujudkan cita cita dan tujuan kemajuan negara
  3. Fungsi dasar negara sebagai dasar dan sumber hukum, artinya negara merupakan negara hukum yang mengatur setiap tingkah laku warga negara.
  4. Fungsi dasar negara menjadi dasar bagi hubungan antar warga negara.
  5. Fungsi dasar negara sebagai dasar partisipasi warga negara dalam negara dan politik

Demikianlah artikel tentang pengertian dasar negara dan fungsi dasar negara. Jangan malas belajar yah , karena belajar itu mudah.

Sekian dan terima kasih wassalam.

Baca juga artikel terkait berikut.

Sejarah Perkembangan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian Negara dan Unsur Unsur Negara

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here