Belajar Dampak Positif Globalisasi dan Dampak Negatif Globalisasi

0
218

Learniseasy.com – Apa sebenarnya dampak negatif dan positif dari globalisasi. Apa side effect dari globalisasi? Kalian tentu sudah tau tentang apa definisi globalisasi, kalau belum silahkan baca artikel ini:

globalisasi

Sesungguhnya bila kita cerita tentang dampak globalisasi, maka kita mengarahkannya ke negara berkembang atau developing country. Kenapa seperti itu? Hal tersebut jelas karena yang paling menerima dampak baik serta dampak buruknya globalisasi adalah negara berkembang.

Dampak Negatif Globalisasi

Menurut Watkins (2002) bahwa ada beberapa poin dampak negatif globalisasi yang terjadi pada negara berkembang khususnya lingkungan perekonomian sosial serta politik.

  1. Memperburuk ketidakmerataan atau gap atau jarak antara negara industrial dan negara yang kurang terindustrialisasi.
  2. Banyak perusahaan multinasional yang hanya memperbanyak keuntungan yang tidak linear terhadap perkembangan perekonomian dan taraf hidup penduduk lokal.
  3. Banyaknya tercipta peraturan peraturan yang mengakibatkan perusahaan perusahaan kecil dari negara berkembang kesulitan untuk go  global sedangkan perusahaan perusahaan dari negara maju serta adidaya dapat dengan mudah melulusi aturan tersebut (karena dibuat memang untuk menghilangkan pesaing mereka) dan go global.
  4. Risiko terjadinya inflasi, deflasi serta masalah keuangan negara lainnya menjadi lebih tinggi karena jumlah dan aliran uang dan modal yang semakin volatil khususnya di negara berkembang yang memiliki aturan keuangan yang lemah.
  5. Kompetisi berebut investor antara negara negara berkembang membuatnya membuat aturan untuk lingkungan yang lebih rentang terhadap kerusakan lingkungan.
  6. Keunikan tertentu dari budaya lokal dapat tergeser, tersamar dan bahkan hilang akibat adanya homogenisasi serta fashion luar yang mulai meresap dan akhirnya menjadi budaya lokal.
  7. Masuknya ideologi liberalisme dan kapitalisme barat yang merusak ideologi Pancasila.

Globalisasi, walaupun memiliki keburukan, tentu saja memiliki lebih banyak keuntungan atau dampak positif terhadap negara berkembang, khususnya di dimensi perekonomian sosial. Dan sesungguhnya keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat dalam Pancasila lebih mungkin tercapai dengan adanya globalisasi.

Dampak Positif Globalisasi dan Dampak Negatif Globalisasi
Dampak Positif Globalisasi dan Dampak Negatif Globalisasi

Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif ini merupakan hasil manusia manusia yang dapat memanfaatkan dengan benar produk produk globalisasi itu sendiri. Tentu saja dari harapan segelintir orang dalam memanfaatkan globalisasi dapat menjadi manfaat yang besar untuk negaranya, khususnya negara berkembang.

  1. Dengan kepemimpinan yang pas, perusahaan perusahaan dari negara berkembang memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam pasar dunia.
  2. Akses permodalan dan investasi dari luar lokal atau luar negeri lebih luas sehingga memulai bisnis atau perusahaan semakin muda di negara berkembang.
  3. Akses terhadap manusia dan eksport dan import barang /jasa lebih mudah
  4. Memberikan kesempatan bagi perusahaan kecil di pelosok negara berkembang ikut dalam rantai produksi perusahaan multinasional, contoh perusahaan Apple ataupun Samsung, yang memiliki banyak perusahaan lokal di berbagai negara untuk produksinya.
  5. Dengan manajemen tepat, negara negara yang berkembang dapat melangkah ke negara maju dengan adanya globalisasi, contoh Korea Selatan.

Itulah diatas dampak negatif globalisasi untuk negara berkembang dan dampak positif globalisasi untuk negara berkembang.

Tetap belajar karena belajar itu mudah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here