Niat Puasa Senin Kamis, Doa berbuka dan Tata Cara Puasanya

0
13806

Bacaan doa niat puasa senin kamis dan doa berbuka puasanya dan tata cara puasa senin kamis | Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini learniseasy.com akan menjelaskan tentang bacaan doa niat puasa senin kamis dan doa berbuka puasanya serta tata cara puasa senin kamis.

Kalian tahu tentang puasa senin kamis? Ini merupakan puasa yang dilakukan oleh Rasullulah setiap hari senin dan kamis karena pada saat itu amalan kita dihadapkan serta merupakan hari kelahiran Rasullulah (Senin).

Beberapa riwayat membenarkan tentang puasa senin kamis ini. Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin, kemudian Rasullullah menjawab,

Dalil tentang puasa senin kamis dan keutamaan puasa senin kamis
Dalil tentang puasa senin kamis dan keutamaan puasa senin kamis

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Amalan puasa senin kamis dan keutamaannya
Amalan puasa senin kamis dan keutamaannya

 

berikut niat puasa di hari senin dalam bahasa Arab dan artinya

Saya sarankan selain membaca tentang niat puasa senin kamis dibawah ini, anda juga membaca terus hingga kebawah untuk mengetahui tentang ketentuan dalam puasa senin kamis.

Bacaan doa niat puasa senin kamis
Bacaan doa niat puasa senin kamis
Bacaan doa niat puasa senin kamis
Bacaan doa niat puasa kamis

 

adapun penjelasan tentang melafalkan niat puasa senin kamis tersebut dan juga ketentuan serta tata cara puasa senin kamis silahkan dan saya anjurkan untuk dibaca seksama hingga ujung postingan ini.

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Doa berbuka puasa sama saja dengan doa yang digunakan dalam berbuka puasa wajib, puasa di bulan Ramadhan yaitu:

Bacaan doa berbuka puasa senin kamis
Bacaan doa berbuka puasa senin kamis

Bacaan Doa Niat Puasa Senin Kamis 

Janganlah melakukan sesuatu tanpa adanya niat, dan tata cara pertama puasa senin kamis adalah berniat berpuasa senin kamis. 

Niat ditegaskan oleh Imam Nawawi rahihmahullah (1233 M-1277 M) dalam Raudhah at-Talibin, 1:268) bahwa “Tidak sah puasa kecuali dengan niat, dan tempatnya adalah hati. Dan tidak diisyaratkan harus diucapkan, tanpa ada perselisihan ulama…”

لا يصح الصوم إلا بالنية ومحلها القلب ولا يشترط النطق بلا خلاف

Dilansir juga dalam ayat-kursi.com, bahwa Rasulullah tidak pernah mensunnahkan kita untuk melafazkan niat puasa senin kamis karena tidak pernah Rasullulah memberikan dasar atas hal tersebut. Begitupula dengan sahabat sahabat Rasullulah, tidak memberikan contoh akan hal tersebut serta keterangan. 

Akan tetapi Rasulullah pernah melafalkan niat sewaktu menunaikan ibadah Haji, sesuai yang dilansir pada artikel Nu.or.id tentang melafalkan niat dalam shalat.

Jadi bagaimana hukum melafalkan niat puasa senin kamis? 

Hukumnya melafalkan niat puasa senin kamis berdasarkan Mazhab Imam Abu Hanifah dan ulama pengikutnya itu sunnah karena membantu kesempurnaan niat dalam hati (Al-Bada’i al-Shana’iy fi Tartib al-Syara’i Jilid I/Hal.127).

Walaupun begitu, masih banyak pertentangan diwilayah melafalkan niat ibadah selain ibadah haji. Karena jelas, dalil tentang melafalkan niat ibadah haji itu jelas ada hadis tentang itu, sedangkan melafalkan niat puasa senin kamis tidak ada dalil yang menerangkan hal tersebut.

Akan tetapi, kebanyakan ulama berpendapat bahwa melafalkan niat itu baik bagi orang orang yang sering ragu terhadap ketetapan hati mereka. Hal ini sering terjadi bagi orang orang yang sering diganggu oleh syaitan dalam shalat dan ibadah lainnya.

Jadi hukum niat puasa senin kamis itu wajib adanya karena itu merupakan ibadah, sedangkan melafalkan niat puasa senin kamis itu dianjurkan bagi yang sering ragu dengan niatnya (menurut beberapa ulama).

Jadi bagi anda yang sering ragu dengan niat kalian maka silahkan lafalkan bacaan doa niat puasa senin kamis diatas. 

Waktu Berniat Puasa Senin Kamis

Jadi bagaimana ketentuan berpuasa senin kamis? Apakah niat puasa senin atau puasa kamis harus dilakukan sebelum subuh?Apakah sah puasa senin kamis bila niat setelah subuh atau di pagi hari?

Waktu baik berniat puasa senin atau kamis adalah sebelum masuknya waktu subuh. Artinya kita tidak ragu lagi dalam berpuasa senin kamis.

Adapun dalil dari Istri Rasulullah, Aisyah Ummul Mukminin, tentang berniat puasa senin kamis pada pagi hari karena tidak adanya makanan, dan kemudian beliau berniat berpuasa karena hal tersebut. Sehingga, kita dapat berniat untuk puasa senin kamis setelah subuh.

Jangan berniat puasa senin kamis setelah siang atau setelah pertengahan hari (Menurut Abu Hanifah dan murid muridnya). 

Ini penting, kalian boleh berniat puasa senin atau puasa kamis setelah subuh atau sebelum pertengahan siang asalkan tidak ada hal yang membatalkan puasa setelah subuh atau dimulainya waktu berpuasa.

Jadi jangan salah sangka yah, jangan kira kalian boleh makan jam 6 pagi kemudian setelah makan boleh niat puasa di hari itu, tidak ada ketentuan yang mengatur hal tersebut untuk puasa sunnah ini.

Ketentuan dan Tata Cara Dalam Puasa Senin Kamis

Bolehkah Membatalkan Puasa Senin Kamis?

Boleh boleh saja, diriwayatkan Rasulullah pernah membatalkan puasa sunnahnya 

“Kami baru saja dihadiahkan hays”. Lantas beliau bersabda “Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa”, lalu beliau menyantapnya (H.R. Muslim no. 1154)

Bolehkah Puasa Senin Saja Atau Kamis Saja?

Boleh saja, tidak ada anjuran bahwa kedua hari ini merupakan pasangan puasa yang bila kita kerjakan puasa senin maka kita harus kerjakan juga puasa kamis.

Apabila anda berniat untuk puasa kamis saja juga tidak apa apa. Memang lebih baik bila dikerjakan keduanya.

Bolehkah Puasa Senin Kamis digabungkan dengan puasa lain?

Berdasarkan beberapa sumber artikel Islami yang menjelaskan tentang hal ini, hampir semuanya sepakat bahwa boleh adanya. 

Sehingga niat dalam puasa senin kamis boleh digabungkan dengan niat puasa lain yang seumpama bersamaan, asalkan kedudukan keduanya adalah sunnah. 

Bolehkah Puasa Senin Kamis Tidak Sahur?

Puasa senin kamis dapat kita laksanakan biarpun kita tidak sahur, sebenarnya puasa lain pun bgitu. 

 

Demikianlah artikel tentang niat puasa senin kamis dan doa berbuka puasa senin kamis dan tak lupa juga ketentuan dalam puasa senin kamis. Tetap belajar karena belajar itu mudah. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here