Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya

loading…


Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya

Pengertian manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. 

Menurut Drs. Malayu bahwa fungsi MSDM (Manajemen sumber daya manusia) terbagi atas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), pengendalian (controlling), pengadaan (actuating), pengembangan (developing), kompensasi (compesation), pengintegrasian (integration), pemeliharaan, kedisiplinan (discipline), dan pemberhentian (stoping to evaluate). 

Kali ini belajar itu mudah Learniseasy.com akan menyampaikan kepada kalian apa pengertian manajemen sumber daya manusia. Menurut Malayu seperti pada paragraf pertama.

Menurut ahli lain, seperti Edwin B. Flippo mengatakan bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia yang dia istilahkan sbeagai manajemen personalia adalah “Perencaanan, pengorganisasian, pengarahan (planning, organizing, directing) dan pengendalian dari pengadaan (controlling of the procurement), pengembangan, kompensasi, pengintegrasian (development, compensation, integration), pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan (maintenance, and separation of human resource to the end that individual), dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan, dan masyarakat (organization and societal objectives are accomplished).

Pengertian manajemen sumber daya manusia (MSDM) lebih singkat lagi oleh Dale Yoder bahwa manajemen personalia adalah penyedia kepemimpinan dan pengarahan para karyawan (personnel management is the provision of leadership and direction of people) dalam pekerjaan   atau hubungan kerja mereka (in their working or employment relationship). 

Pengertian manajemen sumber daya manusia (MSDM) oleh Andrew F. Sikula (dalam hal ini dia gunakan istilah administrasi personalia) bahwa penempatan orang orang ke dalam suatu perusahaan (the implementation of human resources (man power) by and within and enterprise).

Yang dimaksud dengan implementasi tenaga kerja manusia adalah pengadaan (actuating/recruitment), pemeliharaan, penempatan (staffing), indokrinasi, latihan dan pendidikan sumber daya manusia (train and educating man power or human resources).

Pengertian manajemen oleh John B. Miner serta Marry Green Miner bahwa manajemen personalia atau persoonnel management adalah suatu proses pengembangan, menerapkan, dan menilai kebijakan kebijakan, prosedur prosedur, metode metode (the process of developing, applying, and evaluating policies, procedures, methods) dan program program yang berhubungan dengan individu karyawan dalam organisasi (and programs relating to the individual in the organization).

Manajemen sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia

Michel J. Jucius, menambahkan bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah lapangan manajemen yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian berbagai macam fungsi  (the field of management which has to do with planning, organizing, and controlling various operative function of) pengadaan, pengembangan, pemeliharaan, dan pemanfaatan tenaga kerja sedemikian rupa sehingga (procuring, developing, maintaining, and utilizing a labor force such that the):

  1. Dicapainya secara efisien dan efektif tujuan didirikannya perkumpulan atau organisasi
  2. Optimalnya pelayanan pemenuhan tujuan para karyawan
  3. Baiknya pelayanan dan perhatian terhadap tujuan masyarakat.

Demikianlah artikel singkat tentang pengertian manajemen sumber daya (MSDM)dan fungsi manajemen sumber daya manusia yang terangkum dalam pengertiannya.  Tetap belajar karena belajar itu mudah. Salam learniseasy.com. Ayo berteriak “Belajar itu Mudah”


Sumber Artikel:

Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi  oleh Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan. Diterbitkan oleh Bumi Aksara di Jakarta.

 

 

 

loading…


Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×