Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen

loading…


Manajemen: Pengertian dan Fungsi Manajemen

Belajar itu mudah kok. Kembali lagi dengan kami learniseasy.com. Kali ini akan dijelaskan tentang pengertian manajemen menurut para ahli dan fungsi manajemen. Bagi kalian yang sedang belajar Ilmu Ekonomi, baik dibangku Sekolah maupun perkuliahan, kalian harus tahu apa pengertian manajemen dan fungsi manajemen itu sendiri.

Apa itu Pengertian Manajemen?

Manajemen diambil dari kata “Manage” yang artinya mengelola. Dapat dikatakan bahwa pengertian manajemen sederhananya adalah mengelola. 

Cukupkah atau puaskah anda dengan pengertian manajemen yang sederhana seperti itu? Atau tugas anda sehubungan manajemen keuangan, pemasaran atau sumber daya manusia yang mempertanyakan pengertian manajemen tidak dapat terjawab dengan jawaban yang sederhana seperti itu.  

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Mari simak beberapa pendapat ahli tentang pengertian manajemen

Mari mulai dengan pertanyaan apa itu manajemen?


Pengertian manajemen dalam Manajemen Sumber Daya manusia

Dalam bukunya, Manajemen Sumber Daya Manusia, Malayu Hasibuan (2003) menjawab bahwa pengertian manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


Pengertian manajemen sebagai Seni dalam Organisasi

Harold Koontz (1909 – 1984) dengan indahnya menjawab bahwa pengertian manajemen adalah suatu seni yang produktif menggunakan orang lain dan dalam kelompok terencana. “Management is the art of getting things done through others and with formally organised groups“.


Pengertian manajemen sebagai proses ekonomi

Selanjutnya pertanyaan tentang pengertian manajemen diatas, dijawab oleh jg oleh bapak Frederick  Winslow Taylor (1856-1915) bahwa Manajemen adalah seni mengetahui apa yang kamu ingin lakukan (Management is the art of knowing what you want to do) dan melihatnya terjadi dengan cara yang terbaik dan termurah (then seeing that they do in the best and the cheapest  may). 


Pengertian manajemen sebagai Seni

Jawaban yang tak kalah indah oleh wanita satu ini, Mary Parker Follet (1868-1933) dalam bukunya “The Giving of Orders (1926)” mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu menggunakan orang lain (Art of getting things done through people) (Thomas S. Bateman, 2008). 


Masih ada jawaban lain tentang apa pengertian manajemen?


Pengertian manajemen sebagai Seni dan Proses

Pengertian manajemen menurut ahli yang satu ini yaitu George R. Terry (1877-1955). Dia melihat manajemen bukan lagi dari sisi seni, melainkan dari sisi proses. Menurut Bapak yang ubanan satu ini, manajemen adalah proses yang beragam (Managemen is a distinct process) yang terdiri atas berencana, mengorganisir, pelaksanaan dan pengendalian (consisting of planning, organising, actuating and controlling); mendayagunakan/memanfaatkan ilmu pengetahuan dan seni (utilising in each both science and art) dan dalam rangka menyelesaikan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya (and followed in order to accomplish pre-determined objectives) (Yayat M. Herujito, 2001).


Menurut James F. Stoner, definisi manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengendalian (controlling) upaya anggota organisasi dan penggunaan semua sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Umar, 2003).


Pengertian manajemen sebagai Proses Dalam Bisnis

Masih belum puas dengan jawaban orang tua ubanan ini tentang pengertian manajemen? Sini ditambahkan tentang pengertian dari Peter Ferdinand Drucker. Menurut  Bapak Peter, Manajemen itu adalah organ yang memiliki banyak tujuan (Management is a multipurpose organ) yang mengelola bisnis (that manage business) dan mengelola manajer (and manage managers) serta mengelola pekerja dan kerjaan itu sendiri (and manages workers and work). (Richard Templar, 2006).


Pengertian manajemen sebagai Proses Organisasi/Perusahaan

Okay, kita tambahkan lagi pengertian manajemen menurut ahli Luther Gullick yang memandang manajemen dari sisi Ilmu Pengetahuan. Bapak Luther Gullick ini merupakan ahli politik dan seorang scientist dari Amerika Serikat yang menjawab pengertian manajemen sebagai sebuah proses dari POSDCORB. Apa itu POSDCORB dalam manajemen? POSDCORB adalah akronim dari P untuk Planning (Merencanakan), O untuk Organizing (Mengorganisir), S untuk Staffing (Memposisikan pekerja), D untuk Directing (Memberikan tugas pada pekerja), CO untuk controlling (Mengendalikan/Mengawasi pekerja dalam melaksanakan perintah), R untuk reporting (Melaporkan/Membuat pelaporan kinerja), B untuk Budgeting (Menakar penggunaan anggaran).


Pengertian manajemen yang sering dicari oleh mahasiswa adalah pengertian manajemen menurut  Henry Fayol yaitu manajemen adalah untuk mengatur dan memproyeksikan (To manage is to forecast) serta untuk merencanakan, mengorganisir, memerintahkan serta mengordinasi dan juga mengendalikan (and to plan, to organise, to command, to co-ordinate and to control).


Pengertian manajemen sebagai Proses Sosial

Menurut E.F.L. Brech definisi manajemen adalah sebuah proses sosial (a  social process) yang melibatkan tanggung jawab (entailing responsibility) untuk perencanaan dan regulasi operasi suatu perusahaan atau badan usaha yang efektif dan ekonomis (for the effective and economical planning and regulation of the operations of an enterprise) dalam menyelesaikan tujuan atau tugas tertentu (in fulfillment of a given purpose or task), tanggung jawab tersebut meliputi (such responsibility involving) : (a) Penilaian dan keputusan dalam menentukan rencana dan menggunakan data untuk mengendalikan kinerja dan perkembangan rencana (judgement and decision in determining plans and in using data to control performance, and progress against plans) (b) Arahan/Bimbingan, intergrasi, motivasi, dan pengawasan para personil dalam perusahaan dalam melaksanakan operasinya/pekerjaannya (the guidance, integration, motivation and supervision of the personnel composing the enterprise and carrying out its operations)


Dalam buku Pengantar Bisnis oleh Sri Wiludjeng dan Irma Nilasari (2006) diterangkan bahwa pengertian Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan seluruh sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan (Hal 60) (Stoner, Freeman, Gilbert : 1995).

Pengertian Manajemen Sebagai Proses

Pengertian Manajemen Sebagai Proses

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen dapat merupakan proses dari manajemen itu sendiri atau langkah manajerial. Beberapa pendapat ahli mengemukakan hal yang sama tentang fungsi manajemen atau jg yang berbeda. Dalam learniseasy.com, untuk mempermudah anda belajar dan menghafal fungsi manajemen dari berbagai ahli, kita dapat membagi fungsi tersebut menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Teori 4 Fungsi Manajemen
  2. Teori 5 Fungsi Manajemen
  3. Teori Lebih dari 5 Fungsi Manajemen (Lucu namanya)
  4. Teori Fungsi Manajemen John D. Millet

Dibawah ini merupakan ringkasan dan perbandingan 4 fungsi manajemen dari 4 ahli manajemen yang berbeda:

4 Fungsi Manajemen (Malayu, 2003)

John F. Mee G.R Terry Louis Allen Mc Namara
Planning Planning Leading Planning
Organizing Organizing Planning Programming
Motivating Actuating Organizing Budgeting
Controlling Controlling Controlling System

Fungsi manajemen digawangi oleh 4 ahli manajemen yaitu John F.Mee, G.R. Terry, Louis Allen dan Mc Namara. Keempat fungsi manajemen diatas memiliki kesamaan dari segi planning, organizing dan controlling.

Perbedaan nyata dari keempat fungsi manajemen diatas terlihat pada Mc Namara yang  memiliki fungsi manajemen berupa planning, Programming, budgeting dan terakhir system.

Terlihat bahwa empat fungsi manajemen diatas berbeda penekanan dan penerapannya. Sepertinya Fungsi Manajemen dari John F.Mee, Louis Allen dan G.R. Terry sangat umum (berlaku untuk organisasi formal dan non formal) sedangkan fungsi manajemen dari Mc Namara lebih spesifik kepada manajemen sumber daya ataupun dalam sebuah perusahaan.

5 Fungsi Manajemen (Malayu, 2003)

Setelah membahas 4 fungsi manajemen diatas, kita masuk ke rana 5 fungsi manajemen. Siapa saja yang  menambahkan satu bagian ke dalam fungsi manajemen? Henry Fayol, Harold Koontz serta Cyril O’Donnel, Drs. P. Siagian dan Prof.Drs. Oey Liang Lee. Mereka semua ikut berpartisipasi dalam tabel 5 fungsi manajemen dibawah ini:

Henry Fayol Drs.Siagian Oey Liang Lee Harold Koontz Cyril O’Donnel
Planning Planning Perencanaan Planning
Organizing Organizing Pengorganisasian Organizing
Commanding Motivating Pengarahan Staffing
Coordinating Controlling Pengkoordinasian Directing
Controlling Evaluation Pengontrolan Controlling

 

Terlihat dari lima fungsi manajemen diatas, bertambah satu poin penting yaitu koordinasi atau coordinating. Dalam fungsi manajemen lain disebut staffing (penempatan posisi) dan juga sama dengan coordinating yaitu directing.

Fungsi Manajemen Lebih Dari 5 (Malayu, 2003)

W.H. Newman Lyndall F. Urwick John D. Millet Luther Gullick
Planning Forecasting Directing Planning
Organizing Planning Facilitating Organizing
Assembling Recources Organizing   Staffing
Directing Commanding   Directing
Controlling Coordinating   Coordinating
————— Controlling   Reporting
————- ———–   Budgeting

Fungsi manajemen diatas lebih kompleks lagi karena terdapat beberapa poin baru yang kita tidak temui pada fungsi manajemen sebelumnya khususnya pada kata Assembling Recources (Pengumpulan sumber daya) dan juga fungsi manajemen yaitu Reporting dan Budgeting.  

Selain itu, Fungsi manajemen menurut Lyndall F. Urwick juga terbilang unik, fungsi pertama Forecasting atau menerawang. Ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap manajer atau posisi kepemimpinan. Memiliki visi dan mampu merancang misi untuk menggapainya. 

Manajemen

Manajemen

Fungsi manajemen lebih banyak menekankan pada banyaknya pembagian atau semakin kompleksnya suatu organisasi. Semakin kompleks maka manajemen atau ilmu manajemen serta orang yang memanage pastilah akan memiliki banyak tugas yang akan dibagi bagi ke personil personilnya.

Keseluruhan fungsi manajemen diatas harus dilaksanakan secara berurutan oleh setiap manajer sehingga efektif dan  efisien. Islam mengajarkan kita untuk manajerial atau manajemen diri dari lahir hingga mati.

Tetap Belajar dan Terus Belajar Karena Belajar Itu Mudah. Sekian dan terima kasih Wassalam. 


Sumber Artikel Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen

  • Richard Templar. 2006. Rules Of Management: A Definitive Code For Managerial Success. Pearson Education Limited. Edinburgh Gate, Harlow.
  • Thomas S. Bateman dan Scott A. Snell. 2008. Manajemen: Kepemimpinan dan Kolaborasi dalam Dunia Yang Kompetitif. Edisi 7. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Translasi dari Managemen: Leading & Collaborating in a competitive world, 7 ed.McGraw-Hill. Newyork. 2007.
  • Pengantar Bisnis; Sri Wiludjeng & Irma Nilasari; 2006 ; Hal 60 Stoner, Freeman, Gilbert : 1995
  • Drs. Tommy Suprapto, M.Si Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi (2009). Media Pressindo. Yokyakarta
  • Drs. H. Malayu Hasibuan. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. PT BUMI AKSARA. Jakarta
  • http://www.whatishumanresource.com/management-definitions-by-great-management-scholars
  • Yayat M. Herujito. 2001. Dasar Dasar Manajemen. Grasindo. Jakarta
  • Drs. Husein Umar, SE.M.M., MBA. Business an Introduction. Jakarta. 2003. PT. Gramedia Pustaka Utama. 

loading…


Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×