Pengertian Demokratisasi dan Proses Demokratisasi

loading…


Pengertian Demokratisasi | Apa itu Demoratisasi. Kembali belajar lagi. Selain istilah demokrasi, kalian juga pastinya akan menemukan istilah ini, demokratisasi. .

Apa itu demokratisasi?

Pengertian demokratisasi bila kita liat dari kata yang menyusunnya adalah proses mengubahknya menjadi demokrasi. Definisi demokratisasi sesungguhnya lebih kompleks dari hal tersebut.

Pengertian demokratisasi menurut para pakar diterangkan bahwa itu merupakan proses membuat seluruh warga Negara melalui wakil wakilnya ataupun memutuskan siapa wakil mereka dalam pemilihan dan juga ikut serta dalam berbagai aktivitas bernegara dan bermasyarakat secara langsung ataupun tidak langsung.

Tentu saja demokratisasi tersebut harus mengedepankan persamaan hak dan kewajiban setiap warga Negara dan juga perlakuan yang sama pula oleh Negara kepada warga negaranya.

Mendemokrasikan suatu Negara tidaklah mudah. Contoh terbaik demokratisasi suatu Negara adalah Indonesia. Lihat sejarah Indonesia, yang awalnya merupakan sistem kerajaan, kemudian terjajah lalu disatukan kembali atas rasa penderitaan bersama yaitu sama sama bekas jajahan Belanda.

Setelah itu, Indonesia langsung masuk ke dalam zaman demokrasi. Dibuktikan dengan adanya pemilihan umum. Walaupun saat itu sudah jelas siapa pemimpinnya. Soekarno-Hatta. Saat itu dilakukan pemilihan umum untuk menentukan parlemen. Indonesia pada saat itu memasuki zaman demokrasi parlementer.

Demokratisasi dan Pengertian demokratisasi

Demokratisasi dan Pengertian demokratisasi

Setelah itu, Indonesia mengalami degradasi dalam demokratisasi dengan masuknya sistem pemerintahan otoriter dari Sukarno. Kembali membaik dalam suasana Reformasi setelanya, akan tetapi saat itu pemilihan Presiden waktu itu masih bersifat parlementer karena dipilih oleh anggota DPR.

Barulah ketika masa terpilihnya Presiden SBY yang pertama, sebagai presiden pilihan rakyat yang murni pertama kali. Inilah bukti demokratisasi Indonesia.

Bagaimana Teori Demokratisasi Menurut Ahli

Menurut Robert A. Dahl, dia menjelaskan secara singkat bahwa demokratisasi atau proses membuatnya menganut paham demokrasi. Ada tiga tahapan proses demokratisasi yaitu pengakhiran rezim yang non-demokratis (rezim yang tidak menganut sistem pemerintahan demokrasi biasanya otoriter atau monarki), pengukuhan rezim demokratis dan pengkoslidasian sistem yang demokratis dalam bentuk sistem pemerintahan dan aturan aturan (konstitusi).

Gambar dibawah akan menjelaskan tentang unsur unsur yang ada dalam demokratisasi.

Unsur Unsur Demokratisasi

Unsur Unsur Demokratisasi

Keterangan :
Keterangan Gambar

  • Unsur pertama dalam demokratisasi adalah partisipasi efektif. Pengertian partisipasi efektif dalam demokratisasi adalah ikut serta dalam perancangan sebuah kebijakan ataupun perancangan keputusan Negara dengan syarat setiap anggota memiliki kesempatan yang sama dan berpartisipasi aktif dan sadar sehingga terwujud efektivitas. Dengan adanya partisipasi aktif dalam demokratisasi, seluruh anggota menyadari apa rancangan keputusan, tujuan serta hasil yang diharapkan kelak.
  • Unsur kedua adalah persamaan suara. Setelah berpartisipasi aktif dalam perancangan keputusan maka yang patut ada adalah persamaan suara. Artinya, tidak ada pilih kasih dan pandang bulu.
  • Ketiga adalah pemahaman yang jelas. Kenapa hal ini menjadi unsur dalam demokratisasi. Dibutuhkan pemahaman yang jelas dalam setiap watak anggota sehingga tidak ada kebijakan yang bercelah pada nantinya, murni pelanggaran. Sehingga bila terjadi pelanggaran terhadap keputusan yang dibuat, bukan aturannya yang salah akan tetapi langsung orangnya yang salah
  • Pengawasan agenda. Sudah seharusnya setiap anggota memiliki kesempatan yang sama dan hak serta kewajiban yang sama dalam mengawasi jalannya agenda sesuai dengan yang telah disepakati sebelumnya.
  • Pencakupan orang dewasa. Dalam demokratisasi, orang dewasa baik itu seluruhnya ataupun sebagian besar haruslah memiliki hak kewarganegaraan penuh sehingga mampu diberikan atau mempunyai 4 kriteria lainnya dan menyadari akan hal itu.

Sekianlah artikel tentang pengertian demokratisasi dan unsur unsur demokratisasi. Sekian dan terima kasih dan tetap belajar karena belajar itu mudah. Salam learniseasy.com

Baca juga artikel dibawah ini:

Pengertian demokrasi menurut para ahli

Pengertian demokrasi parlementer 

Pengertian demokrasi liberal ciri dan sistem pemerintahan

loading…


Pengertian Demokratisasi dan Proses Demokratisasi | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×