Pengertian Demokrasi Menurut para Ahli

loading…


Pengertian Demokrasi Menurut Ahli

 
Pengertian Demokrasi.  Apa itu demokrasi. Dapat diartikan bahwa demokrasi itu adalah sebuah kebebasan untuk berbeda pendapat. Akan tetapi dilihat secara etimologi, demokrasi berarti demos dan kratos yang artinya rakyat dan pemerintahan. Sehingga kita tidak boleh salah kaprah. Demokrasi tidak merujuk kepada individu, akan tetapi merujuk kepada pemerintahan. Demokrasi adalah sistem pemerintahan. 
Berikut beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli:
  • Menurut Bapak Presiden ke-16 Amerika (1809-1865), Abraham Lincoln memberikan pengertian demokrasi dengan lugas bahwa “Pemerintahan dari rakyat (goverment of the people), oleh rakyat (by the people) dan untuk rakyat (for the people).
  • Menurut Bapak Henry B. Mayo, mengatakan bahwa pengertian demokrasi adalah suatu sistem yang bercirikan kebijakan umum ditentukan oleh mayoritas (one in which public policies are made on majority basis) melalui wakil wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan pemilihan berkala (by representatives subject to effective popular control at periodic elections which) yang didasarkan atas kesamaan politik dalam suasana terjaminnya kebebabasan politik (which are conducted on the principle of political equality and under conditions of political freedom)(Henry B. Mayo, 1960)
  • Pengertian demokrasi menurut John Locke bahwa demokrasi adalah sebuah bentuk negara yang apabila  kekuasaan perundangan undangan diserahkan kepada masyarakat. John Locke adalah seseorang yang sangat menjunjung tinggi HAM. Oleh karenanya, Bapak John Locke sangat mengidamkan negara demokrasi
  • Pengertian demokrasi menurut Joseph A. Schumpeter (Salah satu ekonomiwan yang terkenal dan diakui hingga sekarang, memperkenalkan istilah destruksi kreatif) mengatakan bahwa demokrasi adalah sebuah susunan institusional (an institution arrangement) untuk sampai pada keputusan-keputusan politik dengan memberikan kekuasaan pada individu tertentu untuk memutuskan semua hal sebagai konsekuensi dari keberhasilan mereka memperoleh suara rakyat (Capitalism, Socialism, and Democracy, 1942).
  • Dalam buku Samuel Huntington diterangkan bahwa definisi demokrasi adalah suatu sistem politik yang dimana yang berhak membuat  keputusan kolektif adalah orang orang yang telah terpilih dalam pemilihan umum yang adil dan jujur serta suara yang diperoleh merupakan orang dewasa yang memiliki hak yang sama dalam meberikan suara. 
  • Dalam bukunya djielaskan oleh bapak C.F. Strong bahwa definisi demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dimana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah akhimya mempertanggungjawabkan tindakan kepada mayoritas. 
  • Pengertian demokrasi menurut JJ. Rousseau bahwa demokrasi adalah sebuah sistem dalam negara dimana aturan aturan yang ada dibuat dan disepakati oleh masyarakat. JJ. Rousseau dikenal sebagai bapak demokrasi langsung. Dia sendiri pun yakin bahwa demokrasi langsung dan demokrasi absolut tidak mungkin terjadi secara sempurna, dia berkata “Its not for men”.
  • Berdasarkan International Commision for Jurist bahwa definisi demokrasi adalah sistem pemerintahan yang menghasilkan keputusan politik (political decision) harus diselenggarakan oleh wakil wakil yang dipilih secara  bertanggung jawab oleh rakyat melalui pemilihan yang bebas. 
  • Menurut Bapak Koentjoro Poerbopranoto bahwa pengertian demokrasi adalah sistem pemerintahan suatu negara yang dipegang oleh rakyat. Menurut bapak yang satu ini, dalam demokrasi, rakyat memiliki campur tangan yang banyak dalam bernegara.
  • pengertian-demokrasi-oleh-abraham-lincon

    Ilustrasi Pengertian demokrasi menurut Abraham lincon

Sekian artikel tentang pengertian demokrasi, baca juga artikel pengertian lainnya disini. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Learniseasy.com. Semoga bermanfaat.

Sumber artikel pengertian demokrasi

  1. Henry B. Mayo, An introduction to democratic Theory (New York: Oxford University Press, 1960) h. 70
  2. Schumpeter, Joseph A. 1942. Capitalism, Socialism, and Democracy, Newyork. Taylor & Francis.

loading…


Pengertian Demokrasi Menurut para Ahli | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×