Komponen MSDM dan Peranan MSDM

loading…


Komponen dan Peranan MSDM

Belajar itu mudah | Komponen MSDM dan peranan MSDM. Dalam mempelajari manajemen sumber daya manusia, ada baiknya kita mengetahui komponen dan peranan MSDM. 

Apabila anda belum membaca pengertian manajemen dan fungsi manajemen saya sarankan anda baca dulu, serta baca dulu pengertian manajemen sumber daya manusia. Silahkan dicari pada bagian artikel terkait dibagian bawah.

Komponen MSDM

Terdapat 3 Komponen utama dalam manajemen sumber daya manusia dalam buku manajemen sumber daya manusia oleh Malayu yaitu pengusaha, karyawan, dan pemimpin/manajer.

Tenaga kerja manusia (Man power /Human resource) pada dasarnya dibedakan atas pengusaha, karyawan dan pemimpin/manajer.


Pengusaha (Bussinessman)

Pengusaha adalah setiap individu atau kelompok yang menginvestasikan modalnya untuk mendapatkan pendapatan (income) dan besarnya pendapatan tersebut tidak stabil atau tidak menentu. Hal tersebut sebanding dengan laba yang dicapai perusahaan tersebut.


Karyawan

Dalam manajemen sumber daya manusia karyawan atau staff atau worker adalah inti utama dari sebuah perusahaan .  Karyawan merupakan kekayaan utama suatu perusahaan, karena tanpa adanya karyawan dalam manajemen sumber daya manusia, manajemen itu tidak akan berjalan.

Karyawan berperan aktif dalam menetapkan rencana, sistem, proses dan tujuan yang ingin digapai oleh suatu perusahaan. 

Apa pengertian karyawan? Karyawan adalah penjual jasa yaitu pikiran dan tenaganya dengan imbalan yang telah ditetapkan sebelum dia bekerja. Karyawan terikat oleh perjanjian yang mengatur jenis atau item pekerjaan yang dikerjakan karyawan dan berat kerjanya. Terdapat dua jenis karyawan berdasarkan posisinya dalam perusahan yaitu:

a. Karyawan Operasional: Pengertian karyawan operasional adalah setiap individu yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan arahan dan perintah atasan

b. Karyawan Manajerial: Pengertian karyawan manajerial adalah setiap orang yang berhak mengatur dan mengendalikan dan memerintah bawahannya untuk melakukan pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah. Karyawan pada posisi ini menyelesaikan pekerjaannya menggunakan karyawan operasional. Karyawan manajerial terbagi atas dua lagi yaitu manajer lini dan manajer staf.

Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang terakhir adalah Pemimpin atau manajer 


Pemimpin /Manajer

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki wewenang dan menggunakannya untuk mengarahkan, memerintahkan, mengontrol orang lain dan juga secara langsung bertanggungjawab atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang tersebut dalam mencapai tujuan bersama. 

Peranan MSDM

Manajemen seperti yang kita ketahui adalah ilmu yang memberikan kita pengetahuan tentang cara cara menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan menggunakan orang lain. Oleh karenanya, anda perlu mengetahui peranan MSDM sehingga anda paham pentingnya sumber daya manusia, yang notabenenya merupakan inti dari manajemen itu sendiri. 

Berikut beberapa peranan MSDM :

  1. Menentukan dan menetapkan penarikan, seleksi (selection), dan penempatan karyawan (staffing) berdasarkan asas the right man in the right seat and the right man in the right job.
  2. Menentukan dan menetapkan jumlah, kualitas (quality), dan penempatan tenaga kerja (staffing) yang meliputi dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan job description (deksripsi kerja), job specification (spesifikasi pekerjaan), job requirement (kebutuhan pekerjaan), dan terakhir job evaluation (evaluasi kerja).
  3. Menentukan dan menetapkan program kesejahteraan, pengembangan (development), promosi (promotion) dan pemberhentian.
  4. Memproyeksikan atau memprediksi penawaran dan permintaan sumber daya manusia (SDM) pada masa yang akan datang 
  5. Memprediksi  situasi perekonomian pada umumnya dan perkembangan perusahaan pada khususnya.
  6. Mengawasi dengan cermat undang undang perburuhan dan kebijaksaan pemberian balas jasa (Watching closely the labor laws and policies on remuneration)  perusahaan perusahaan sejenis.
  7. Mengawasi kemajuan serikat buruh dan perkembangannya
  8. Melaksanakan pendidikan (education), latihan (practice) dan penilaian  prestasi karyawan.
  9. Mengatur dan mengendalikan mutasi karyawan baik (Regulate and control the transfer of employees), serta vertikal maupun horizontal (as well as vertical and horizontal).
  10. Mengatur pensiun (pension), pemberhentian (termination) dan pesangonnya (severance).

Peran MSDM telah diakui sangat menentukan tercapainya tujuan bersama, dan oleh karena itu peran pemimpin dalam MSDM pun berat dan rumit. ‘

Komponen dan peranan MSDM

komponen dan peranan manajemen sumber daya manusia

Demikianlah artikel singkat tentang Komponen MSDM dan Peranan MSDM


Sumber artikel:

Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi  oleh Drs.H. Malayu S.P. Hasibuan (2003). Diterbitkan oleh Bumi Aksara di Jakarta

loading…


Komponen MSDM dan Peranan MSDM | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×