Belajar Macam Macam Demokrasi dan Jenis Jenis Demokrasi

loading…


Belajar Macam Macam Demokrasi

Demokrasi dan Macam Macam Demokrasi | Jenis Jenis Demokrasi | Kembali lagi dengan belajar itu mudah, kali ini kita akan mempelajari tentang macam macam demokrasi atau jenis jenis demokrasi. Terdapat berbagai macam demokrasi yang diadopsi menjadi sistem pemerintahan di seluruh negara di Bumi ini.

Diversivitas yang terjadi akan kebudayaan di berbagai bangsa yang ada, membuat terjadinya perbedaan dalam demokrasi itu sendiri sehingga menghasilkan bermacam macam demokrasi.

Macam macam demokrasi secara garis besar terbagi atas beberapa kriteria yaitu, yang pertama adalah ditinjau dari segi cara penyaluran kehendak rakyat, hubungan antar alat kelengkapan negara, dan berdasarkan prinsip ideologi yang melandasi demokrasi tersebut.

Keberbagai macam jenis jenis demokrasi terjadi dikarenakan adanya perbedaan kebudayaan diberbagai pelosok yang ada. Sistem pemerintahan demokrasi yang mereka adopsi sehingga menjadi berbeda dengan sistem pemerintahan demokrasi di Negara lain dengan kebudayaan yang berbeda pula.

Contoh konkrit dari macam macam demokrasi diakibatkan perbedaan kebudayaan adalah munculnya jenis demokrasi pancasila. Ini merupakan hasil dari kebudayaan bangsa Indonesia yang berbeda beda tapi satu.

Macam Macam Demokrasi / Jenis Jenis Demokrasi

Diterangkan sebelumnya bahwa terdapat beberapa macam demokrasi tergantung ditinjau dari segi mana. Apabila ditinjau dari segi penyaluran aspirasi rakyat atau kehendak rakyat maka terdapat dua jenis yaitu demokrasi langsung dan tidak langsung.  Bila ditinjau segi korelasi antar alat kelengkapan Negara terdapat 4 macam / jenis demokrasi yaitu demokrasi perwakilan dengan sistem referendum, demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer, demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan, demokrasi perwakilan dengan sistem referendum dan inisiatif rakyat.

Selain itu, macam macam demokrasi juga dapat ditinjau dari segi ideologi atau prinsip yang mendasari seperti demokrasi liberal (baca pengertian demokrasi liberal), demokrasi pancasila, dan demokrasi rakyat atau demokrasi sosial komunisme.

Demokrasi dari segi Macam macam demokrasi
1. Penyaluran /pengumpulan aspirasi rakyat

a. Demokrasi langsung

b. Demokrasi tidak langsung

2. Hubungan antar alat kelengkapan negara

a. demokrasi perwakilan dengan sistem referendum

b. demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer

c. demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan

d. demokrasi perwakilan dengan sistem referendum dan inisiatif rakyat.

3. Ideologi atau prinsip yang mendasari

a. Demokrasi liberal

b. Demokrasi rakyat / Sosial komunisme

c. Demokrasi pancasila (Indonesia)

Penjelasan yang lebih rinci tentang macam macam dan jenis jenis demokrasi dapat anda lihat dibawah ini:

Macam macam demokrasi dan jenis jenis demokrasi

Macam macam demokrasi dan jenis jenis demokrasi

A. Macam macam demokrasi bila ditinjau dari segi penyaluran kehendak rakyat

Dari segi ini, dijelaskan pada paragraph diatas dan table diatas bahwa terdapat dua macam yaitu pertama demokrasi langsung dan kedua adalah demokrasi tidak langsung

  • Demokrasi langsung adalah sistem pemerintahan demokrasi yang mengikutkan seluruh warga Negara tersebut untuk ikut langsung dalam membicarakan, merencanakan, menimbang, merumuskan dan terakhir memutuskan, menetapkan serta mengesahkan urusan Negara.
  • Demokrasi tidak langsung adalah sistem pemerintahan demokrasi yang mengikutkan seluruh warga negaranya dalam pengambilan keputusan melalui perwakilan (representative) yang telah mereka pilih sebelumnya secara berkala.

B. Macam macam demokrasi dilihat dari segi hubungan antar alat kelengkapan Negara

Dilihat dari segi ini, diterangkan sebelumnya pada tabel dan paragraf sebelumnya bahwa terdapat 4 macam demokrasi dari segi ini. Berikut penjelasannya:

  • Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer adalah adanya hubungan erat antara legislative dan eksekutif. Hubungan erat yang dimaksud adalah pertanggungjawaban sepenuhnya eksekutif kepada legislative dikarenakan yang memiliki pimpinan eksekutif seperti presiden ataupun perdana menteri adalah legislative.  Hal ini membuat pertanggungjawaban presiden dalam sistem demokrasi parlementer ada pada DPR atau pejabat legislative. Dalam demokrasi ini, kedudukan parlemen yang tertinggi, baru kemudian eksekutif.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem referendum yaitu suatu macam demokrasi yang masih memberikan kontrol kepada rakyat dalam menentukan kebijakan melalui perwakilan mereka melalui sistem referendum atau perjanjian yang telah dibuat.
  • Macam demokrasi selanjutnya adalah sistem demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan. Hal ini membuat legislative dan eksekutif setara (berbeda dengan demokrasi parlemen). Hal ini membuat Presiden dapat mengangkat menterinya sendiri, memecat menterinya. Presiden tidak dapat diberhentikan oleh Presiden, begitupun dengan menterinya sehingga mereka tidak bekerja untuk menyenangkan rakyat akan tetapi menyenangkan diri sendiri.
  • Demokrasi perwakilan dengan sistem referendum dan inisiatif rakyat adalah penggabungan antara demokrasi perwakilan dan demokrasi langsung. Tentu saja, bidang eksekutif dan legislative masih ada akan tetapi tetap terjadi kontrol yang baik dikarenakan adanya referendum yang dapat bersifat obligator ataupun fakultatif.

C. Macam-macam demokrasi yang didasarkan oleh prinsip ideologi

Dilihat dari segi ini, dituliskan pada tabel diatas terdapat 3 macam demokrasi jika dilihat dari segi ini yaitu:

  • Demokrasi liberal adalah demokrasi yang menitik beratkan pada kebebasan individu yang bertanggung jawab. Akan tetapi hal ini sering disalah gunakan sehingga mengabaikan kepentingan umum
  • Demokraswi rakyat adalah demokrasi yanag dilandasi oleh ajaran Karl Marx yaitu komunisme atau sosialisme yang lebih mementingkan kepentingan kelompok dan rakyat miskin
  • Demorasi pancasila adalah demokrasi yang ada sebagai hasil pemersatuan Indonesia yang berbeda beda tapi satu dan sebuah hasil pembelajaran dari kebudayaan tua bangsa Indonesia yang berasaskan musyawarah untuk mufakat.

Sumber Artikel Macam macam demokrasi

Gunawan, Markus. 2008. Buku pintar calon anggota dan anggota legislatif, DPR, DPRD dan DPD. Tangerang: Visimedia.

loading…


Belajar Macam Macam Demokrasi dan Jenis Jenis Demokrasi | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×