Belajar Cara Menghitung IPK dan IPS

loading…


Cara Menghitung IPK

Belajar itu mudah kok! Kembali lagi, dengan saya Muhammad Fatih. Pengalaman jadi mahasiswa, salah satu ritual yang kita lakukan setiap akhir semester, saat semua nilai telah kita keluar. Apa itu? Cara menghitung IPK dan IPS. 

Okay, buat yang masih maba, atau mahasiswa baru, pasti pusing apa itu IPK dan apa itu IPS. IPK adalah singkatan untuk kalimat keramat klenik mahasiswa lama yaitu Indeks Prestasi Kumulatif. Sedangkan IPS adalah singkatan untuk Indeks Prestasi Semester atau kadang disebut “Sementara” oleh beberapa Universitas atau perguruan tinggi. 

So, kalian sudah tau apa itu IPK bukan, dan apa itu IPS. Nah sekarang kita masuk ke tujuan utama kalian berkunjung ke website learniseasy.com. Cara menghitung IPK atau cara menghitung nilai IPK. 

Pertanyaan pertama sebelum kita masuk ke pembahasan cara menghitung IPK adalah kenapa kita harus menghitungnya. Jawabannya adalah karena keberlangsungan kita sebagai mahasiswa ataupun mahasiswi (Hak wanita untuk dibedakan) di kampus tertentu serta harga diri kita saat sarjana (seberapa tegak kepalamu saat disebut nama dan nilai IPK mu saat diwisudakan). 

Terdapat beberapa istilah yang perlu kalian tahu dalam menghitung nilai IPK dan IP kalian sebagai mahasiswa dan mahasiswi di salah satu universitas dan sekolah tinggi. Berikut istilah yang harus kalian tahu

  • SKS adalah singkatan untuk Satuan Kredit Semester. Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah  di Universitas dan mengambil S-1 maka jumlah SKS yang harus dia selesaikan adalah 144 sks atau lebih. Jadi apa itu SKS? SKS adalah bentuk waktu yang anda gunakan untuk perkuliahan. 1 SKS efektif nya bernilai 45 menit. 1 Mata kuliah dapat berwujud 2 SKS, 3 SKS, dan bahkan 4 ataupun 5 SKS. Sehingga apabila ada kuliah kalian yang memiliki praktikum laboratorium umumnya akan memiliki lebih dar 3 SKS. 
  • Nilai.  Dalam IPK kita mengenal dua nilai yaitu  nilai angka dan nilai huruf. Nilai angka berupa angka, sebatas pengetahuan saya, nilai angka untuk semua perguruan tinggi setelah SMA itu tidak lebih dari 4. Jadi mulai dari 0 hingga 4. Sedangkan nilai huruf adalah bentuk lain dari nilai angka. Apabila seseorang bernilai A maka nilai angkanya adalah 4. Bila seseorang memiliki nilai B maka nilai angkanya adalah 3. C untuk 2, D untuk 1 dan E untuk 0 atau gagal. Berikut tabel tentang nilai angka, nilai huruf dan jangkauan nilai (perolehan nilai perkuliahan) yang akan digunakan dalam menghitung nilai IPK ataupun IP anda. 
Nilai Huruf Nilai Angka Jangkauan Nilai 
A 4 90-100
A- 3,75  
B+ 3,5  
B 3 70-89
B- 2,75  
C+ 2,5  
C 2 50-69
D 1 30-49
E 0 0-29
  • Kemudian ada namanya “MUTU”. Mutu dalam perhitungan IPK berarti hasil kali antara nilai angka dan jumlah SKS pada mata kuliah tersebut. Apabila kuliah A memiliki SKS 3 dan anda mendapatkan nilai A maka mutu yang anda peroleh adalah 3 x 4 = 12 .
cara menghitung nilai IPK

Cara menghitung IPK | IPK BERUBAH KARENA NEGARA API

Cara Menghitung Nilai IPK

Setelah mengetahui tentang apa itu nilai, SKS dan apa itu mutu dalam IPK. Kita kembali ke tujuan awal yaitu mengetahui cara menghitung IPK dan IP. 

Lihat contoh transkrip nilai seorang mahasiswa dibawah ini selama 2 semester

No Mata Kuliah Jumlah SKS Nilai Huruf Nilai Angka Mutu
1 Matematika Dasar 3 A 4 12
2 Fisika Dasar 4 B 3 12
3 Biologi Dasar 4 A 4 16
4 Bahasa Indonesia 2 A 4 8
5 Bahasa Inggris 2 A 4 8
6 Pendidikan Agama Islam 2 B 3 6
7 Kewarganegaraan 2 A 4 8
8 WIPTEKS 3 A 4 12
9 WSBM 2 A 4 8
  Total  26      90

 

Berdasarkan rapor atau daftar nilai diatas, kita sudah dapat menghitung berapa nilai ipk mahasiswa diatas. Rumus sederhana perhitungan IPK adalah membagi antara jumlah nilai mutu dibagi dengan SKS yang diselesaikan (Artinya harus bernilai diatas E atau tidak bernilai Nol).

Rumus Cara menghitung nilai SKS =

TOTAL MUTU/ TOTAL SKS 

Berdasarkan rumus cara menghitung SKS diatas dan data nilai SKS mahasiswa atau mahasiswi diatas, maka nilai IPK yang dimiliki adalah =90/26 = 3,46. Ini masuk dalam kategori memuaskan. 

Demikianlah artikel tentang cara menghitung nilai IPK dalam menjalani kehidupan bermahasiswa. Bila anda masih bingung dengan beda antara nilai IP dan IPK. Sini saya tambahkan dikit. IP itu Indeks Prestasi, beberapa perguruan tinggi menyamakan antara istilah IP dan IPS (S untuk sementara atau tiap semester), sedangkan IPK itu indeks prestasi gabungan keseluruhan, jadi bukan hanya pada semester satu saja, juga semester lainnya. Jadi, IP dapat menjadi cerminan kenaikan IPK ataupun penurunan IPK anda. Cara menghitung IPS atau IP dengan IPK sama saja, bedanya cuman itu saja. IP atau IPS cuman menghitung pada semester itu saja, bukan semester lain.

Cara menghitung nilai IPK

IPK BUKAN PENENTU NASIB KAWAN | Cara menghitung IPK

 

Tetap belajar yah mahasiswa. Kalau kalian melihat nilai IPK kalian terjun bebas, jangan patah semangat, fokuskan diri kalian dan mulai bertanya apa penyebabnya. Temukan solusi dan jalankan. Konsisten dengan tujuan adalah syarat utama keberhasilan. 

 

loading…


Belajar Cara Menghitung IPK dan IPS | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×