Arti Sumpah Pemuda

loading…


Sumpah Pemuda (Youth Pledge)

Jangan hanya merayakan sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober, ketahui arti sumpah pemuda itu serta dalami teks sumpah pemuda, jangan lupakan pengorbanan mereka , para pemuda pendahulu kita. 

Dalam artikel ini, dalam rangka memeringati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober nanti, learniseasy.com, sejenak mengajak kalian para pembaca untuk mempelajari sejarah kita. Sejarah lahirnya Indonesia, salah satu fase penting adanya kita, Indonesia, ada pada momen ini. Sumpah Pemuda.

Disuarakan secara se Indonesia pertama kalinya di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Jaya 106 (secara perwakilan oleh para Jond Jond dan organisasi kedaerahan se-Indonesia), Sumpah Pemuda hingga sekarang akan tetap kita jaga. 

baca juga sejarah dan isi teks sumpah pemuda

Seperti mereka yang menjaga sumpah pemuda mereka, kala pertama mereka ucapkan. mereka bawa ke daerah dan perkumpulan masing masing. Mengusahakan dan terus mengusahakan agar sumpah mereka tetap dan terwujud walaupun pada saatnya terwujud, tubuh mereka bukan lagi seorang pemuda pemudi, melainkan sudah orang tua yang beruban, yang telah meneruskan cita dan sumpah mereka pada penerus mereka.

Mereka dan penerus mereka tau dan paham betul arti sumpah pemuda. Ketiga poin dari sumpah pemuda yang mereka ucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 menjadi cambuk untuk Indonesia (Pada saat itu masih menjadi angan angan) agar menjadi nyata, keluar dari alam ideal menuju realita.

Mereka telah memberikan arti terhadap sumpah Pemuda. Arti yang mereka torehkan telah menjadi sejarah panjang Proses kemerdekaan Indonesia. Kalian dapat sebutkan semuanya, 10 tahun sebelum peristiwa sumpah pemuda (kongres pemuda) dan setelahnya. Hal hal tersebut seluruhnya merupakan ringkasan dari arti sumpah pemuda.

Kami menyebutnya ringkasan karena sejarah hanya mengisahkan beberapa hal saja, hanya sebagaian hal yang mereka, kaum perjuangan para pemuda pemudi yang mengusahakan agar Indonesia ini menjadi seperti sekarang , Sebuah NKRI.

  • PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).
  • KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).
  • KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).
SUMPAH PEMUDA

SUMPAH PEMUDA

Sumpah pemuda diatas, menghilangkan semua ego mereka untuk kebaikan umat. Umat Indonesia.

Arti Sumpah Pemuda

Kemudian, bagi kalian yang masih berusaha untuk mengambil beberapa poin penting arti sumpah pemuda. Berikut beberapa poin yang bisa kami tarik. 

Isi Teks Sumpah Pemuda Yang Benar | KBBI

Isi Teks Sumpah Pemuda Yang Benar | KBBI

  1. Pemersatuan Identitas Bangsa sebagai satu bangsa yaitu Bangsa Indonesia
  2. Kesepakatan bahasa utama sebagai wujud nyata persatuan identitas, bahasa Indonesia
  3. Pengakuan bahwa Indonesia anti penjajahan dan anti kolonialisme
  4. Pernyataan Ingin Merdeka dari penjajahan

Kami rasa, 4 poin diatas tentang arti sumpah pemuda merupakan hanya ringkasan. Kalian perlu membaca sejarah lengkap masa pra-kemerdekaan Indonesia dan Kemerdekaan Indonesia (Hari Hari Sebelum Proklamasi) serta setelah kemerdekaan Indonesia untuk memahami betul arti sumpah pemuda.

Walaupun memang, saat ini kita sadari, arti sumpah pemuda dan bahkan sumpah pemuda itu sendiri, terlupakan di kalangan pemuda pemudi, bahkan orang tuanya sekalipun. Kurangnya arti kedisplinan dan kemandirian membuat mereka lupa akan arti sumpah pemuda. Seperti yang dijelaskan tentang kegiatan kepemudaan seperti kepanduan mampu memberikan arti dan pelajaran kedisiplinan kepada para pemuda pemudi.  Jikalau kita mencari sebab, mungkin “Rakyat Indonesia terlalu sayang” terhadap pemuda pemudinya sehingga uluran tangan bantuan, suapan suapan terus mengalir kepara pemuda pemudi. Membuat mereka lupa arti perjuangan untuk kemerdekaan. 

Mereka terjajah oleh kemanjaan mereka, mereka terjajah oleh sifat malas mereka, mereka terjajah oleh budaya penjajah itu sendiri. Bermalas malasan dan acuh terhadap keadaan bangsa dan bahkan terhadap keadaan sekitar mereka. 

Sebentar lagi Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober kita rayakan. Mari bercermin dan gambarkan dikepala anda serta tanyakan apakah anda telah menjadi pemuda pemudi yang mereka harapkan dahulu. 

 

 

loading…


Arti Sumpah Pemuda | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×