Pengertian Politik Menurut para Ahli

loading…


Pengertian Politik Menurut Ahli

Masih dengan belajaritumudah, learniseasy.com. Kalian lagi belajar tentang apa pengertian politik. Secara gamblang, politik dapat diartikan sebagai pembagian kekuasaan. Dulunya, politik diartikan sebagai mengatur untuk kebaikan bersama.

Pengertian politik oleh Aristoteles, bahwa politik adalah usaha yang dilakukan oleh warga (citizen) untuk kebaikan bersama, dengan kata lain aplikatif pernyataan Aristoteles terjadi pada senat dalam mewakili suara warga untuk memperjuangkan hak warga. 

Pengertian politik mau dari siapapun pasti selalu menyebutkan atau tersirat di dalamnya untuk menyelesaikan masalah.

Contoh saja, pengertian politik oleh Litre, merupakan ilmu memerintah dan mengatur negara. Bila kita lebarkan pengertian politik oleh Litre, dimulai dari pertanyaan kenapa negara harus diatur, kenapa diperlukan ilmu untuk memerintah dalam masyarakat? Hal itu semua tentulah karena adanya masalah dalam negara tersebut.

pengertian-politik-menurut-ahli-dua

apa itu politik, belajar itu mudah kok

Selanjutnya menurut Isjware diterangkan dalam buku Ideologi politik pendidikan kontemporer bahwa pengertian politik adalah perjuangan untuk memperoleh kekuasaan  (Struggle to gain power) / teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan (technique to execute powers / masalah masalah pelaksanaan dan kontrol kekuasaan (matter of execute and control of power )/ pembentukan dan penggunaan kekuasaan (and last, making and use the power).

Hal diatas, senada dengan pengertian politik oleh Miriam Budiardjo, merupakan bentuk bentuk aktivitas sistem dalam negara yang berhubungan dengan proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem Indonesia dan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut.

Begitu pula yang dikatakan oleh Sri Sumantri bahwa politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik. Pengertian politik oleh Sumantri dan Mirriam menegaskan bahwa politik baru dikatakan politik apabila terdapat dalam suatu sistem, atau dibuatkan sistemnya, baik itu dalam negara maupun dalam lembaga atau organisasi. 

Ada juga beberapa ahli yang menerangkan definisi politik sebagai syarat atau hal yang esensial dalam terbentuknya konstitusi atau aturan. Contohnya saja pengertian politik oleh Kartini Kartono, dia menerangkan bahwa politik itu adalah aktivitas atau proses yang menggunakan kekuasaan (process that use power) untuk menegakkan peraturan peraturan dan keputusan keputusan   (to uphold rules and decisions ) yang sah berlaku di tengah masyarakat (that valid and accept among society).

Contoh lain tentang pengertian politik yang mengacu dalam membentuk konstitusi atau aturan diterangkan oleh Andrew Heywood bahwa politik adalah kegiatan suatu bangsa (an act of nation) untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen dan peraturan peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerjasama.

Pengertian Politik yang rahmatan lil Alamin atau politik menurut Islam atau politik yang syariah dapat anda dilihat pada pendapat Ibnu Aqil yang mengatakan bahwa Politik merupakan  hal-hal praktis yang lebih mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.

Learnisieasy menyarankan agar kalian tidak menerapkan arti politik atau definisi politik menurut Max Weber bahwa politik itu adalah kemampuan untuk membuat orang orang melakukan hal hal yang tidak mereka kehendaki.  

Selain itu, pengertian politik menurut Harold D. Laswell dan Kaplan menerangkan dengan singkat sebagai suatu ilmu yaitu ilmu politik. Menurut Harold D. Laswell, itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan (creation and power separation). 

Selanjutnya sebagai tambahan, pengertian politik  menurut Hans Kelsen (Seorang Political Philosopher dari Austria)  memaparkan bahwa politik memiliki dua arti yaitu pertama politik sebagai etik dan kedua politik sebagai teknik. Politik etik itu berhubungan dengan tujuan manusia untuk selalu mencari kesempurnaan dan politik sebagai teknik berkenaan dengan cara manusia mencapai tujuannya.

Pengertian politik menurut para ahli

Pengertian politik menurut para ahli

Demikianlah artikel singkat tentang apa itu pengertian politik. Website learniseasy berharap anda jg belajar tentang beberapa poin dibawah ini:

  • Pengertian politik etis
  • Pengertian politik bebas aktif
  • pengertian politik dan strategi nasional
  • pengertian politik pintu terbuka
  • pengertian politik hukum
  • pengertian politik dumping
  • pengertian politik ekonomi
  • pengertian politik apartheid
  • pengertian politik aliran
  • pengertian politik aliansi
  • pengertian politik air hangat
  • pengertian politik apatis
  • pengertian politik anggaran
  • pengertian politik autarki

 

loading…


Pengertian Politik Menurut para Ahli | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×