Ringkasan Pengertian Perubahan Sosial

loading…


Apa Itu Perubahan Sosial

Mari belajar ilmu sosial. Apa itu perubahan sosial. Seperti yang dijelaskan dari bangku SMP, keadaan sosial suatu masyarakat ataupun komunitas bersifat dinamis atau tidak statis. 
Di cerna dari kedua kata diatas, bahwa perubahan sosial adalah suatu keadaan yang berbeda dari keadaan sebelumnya terhadap kondisi masyarakat atau sekitar yang berhubungan dengan tingkah laku manusia.
Perubahan sosial tentu saja mengikuti dimensi waktu atau dapat diukur perubahannya dalam kronologi waktu tertentu. Adapun perubahan yang terjadi dalam masyarakat tersebut dapat berupa kebudayaannya, ataupun bagian dari kebudayaan itu sendiri. Contohnya, perubahan nilai, norma, perubahan pola perilaku, perubahan pandangan hidup (way of life), perubahan kebutuhan hidup dan banyak lagi. 
Lalu apa yang dapat diamati dari perubahan tersebut? Setiap perubahan dapat dikatakan terjadi bila ada unsur ataupun elemen yang menjadi tanda perubahan, contohnya saja perubahan sistem status, perubahan sistem politik, penyebaran penduduk, serta unsur lainnya.
Lalu, apa penyebab terjadinya perubahan sosial? Singkat saja, banyak ahli sepakat, bahwa perubahan sosial salah satunya terjadi karena adanya proses imitasi kebudayaan. Walaupun, dalam dunia akademisi, terdapat beberapa perbedaan tentang pengertian perubahan sosial itu sendiri. 
 
Lalu, apa tanggapan para ahli tentang pengertian perubahan sosial. Mari simak dan pelajari definisi perubahan sosial:
  • Pengertian Perubahan Sosial Menurut Robert Morrison MacIver (1882-1970) seorang sosiologi kelahiran Skotland dan Page: “Social change is a change in social relationship. It is a process responsive to many types of changes, to changes in man-made conditions of living, to changes in attitudes and beliefs of men and to changes that go beyond human control to the biological and physical nature of things“. Perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut.  
  • Pengertian Perubahan sosial menurut Lundberg (1895-1966), dalam bukunya “Foundations of Sociology“: “Social change refers to any modification in established patterns of inert-human relationships and standards of conduct.” Artinya kurang lebih, perubahan sosial diartikan sebagai segala macam modifikasi  pada pola hubungan manusia yang statis atau mapan, dan perilaku umum manusia. 

    Contoh Perubahan sosial yang terjadi pada anak anak di jepang. Sumber: https://cdn0.rubylane.com/shops/curioshop/col-2163.1L.jpg

    Contoh Perubahan sosial yang terjadi pada anak anak di jepang. Sumber: https://cdn0.rubylane.com/shops/curioshop/col-2163.1L.jpg

  • Samahalnya dengan Lundberg diatas, Judson R. Landis dalam bukunya “Sociology: Concepts and Characteristics”  bahwa “Social change refers to change in the structure and functioning of the social relationships of society.” Perubahan sosial berarti perubahan struktur dan fungsi hubungan sosial dalam masyarakat ataupun komunitas. 

  • Tak berbeda jauh dengan diatas, Menurut M.E. Jones: “Social change is a term used to describe variations in or modifications of any aspect of social processes, social patterns, social interaction or social organisation”. Pengertian perubahan sosial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan variasi yang terjadi ataupun modifikasi dari segala aspek proses sosial, pola sosial, interaksi sosial ataupun organisasi sosial. 

  • Menurut Selo Soemardjan (1915-2003), Bapak sosiologi Indonesia, : Pengertian perubahan sosial adalah semua perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, di mana perubahan tersebut memengaruhi sistem sosialnya. Perubahan sosial yang dimaksud mencakup nilai-nilai dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  • John Lewis Gillin dan John Philip Gillin : Dalam bukunya “An Introduction to Sociology” (1942), bahwa pengertian perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, yang disebabkan oleh perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi atau penemuan baru dalam masyarakat tersebut.
  • Menurut Samuel Koenig: Dalam bukunya Sociology An Introduction to the Science of Society (1961), bahwa pengertian perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab internal maupun eksternal.
Contoh perubahan sosial pada masyarakat persawahan

Contoh perubahan sosial pada masyarakat persawahan

Jadi apa yang dapat kita simpulkan dari beberapa tanggapan ahli tentang pengertian perubahan sosial (social change) diatas. Perubahan sosial hanya dapat diamati secara subjektif (pendapat Maclver) dan saya sepakat pada hal tersebut, walaupun begitu pendapat subjektif dari masing masing pengamat pastilah tidak berbeda jauh terhadap perubahan sosial yang  terjadi. Pengertian perubahan sosial merupakan terjadinya perbedaan antara kondisi masyarakat dari segi pola kehidupan manusia atau individual di dalamnya. Bagaimana menurut anda?. Demikianlah uraian singkat tentang pengertian perubahan sosial (social change). Hopefully, bermanfaat dan selamat belajar karena belajar itu mudah. 
 

Daftar Referensi :

  • Merton, Robert K. 1968. “On the History and Systematics of Sociological Theory.” in Social Theory and Social Structure. New York: The Free Press.
  • Lundberg. Foundations of Sociology.1939. New York: Macmillan. A revised and abridged paperback edition was published in 1964 by McKay.
  • Nanang Martono (2012), Sosiologi perubahan sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan POskolonial. Diterbitkan oleh PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta
  • https://hermawanpbw.blogspot.co.id/2015/03/biografi-tokoh-sosiologi-gillin-dan.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial

loading…


Ringkasan Pengertian Perubahan Sosial | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×