Ringkasan Pengertian Pembelajaran

loading…


Apa itu Pembelajaran

Mari belajar pengertian pembelajaran| Sudahkah anda ketahui pengertian pembelajaran. Kalian pasti sudah tahu tentang pengertian pendidikan, kalau belum silahkan baca pengertian pendidikan ini. 

Pengertian pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling memengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.

Sebelum anda mengetahui lebih banyak tentang pengertian pembelajaran, anda harus ketahui bahwa tinjauan utama pembelajaran adalam penguasaan terhadap pengetahuan . Pengetahuan sangat penting bagi manusia. Barang siapa menguasai pengetahuan, maka dia dapat berkuasa: “Knowledge is power.” Pengetahuan bersumber dari perangkat mata ajaran yang disampaikan di sekolah. Para Pakar yang mendukung teori ini berpendapat bahwa mata ajaran yang berasal dari pengalaman pengalaman orang tua, masa lampau yang berlangsung sepanjang kehidupan manusia.

Pengertian  Pembelajaran

Tertulis dalam UU No. 20 Tahun 2003, Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Untuk lebih jelas dan menambah pengetahuan anda tentang apa itu pembelajaran, berikut beberapa pendapat para ahli tentang pengertian pembelajaran:
  • Menurut Corey (Syaiful Sagala, 2011: 61):  Pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan”.
  • Menurut Dimyati dan Mudjiono: Pengertian pembelajaran adalah “kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar”.
  • Menurut Trianto: Pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks, yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan. Pembelajaran sederhananya diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Walaupun sedikit aneh pengertian Trianto tentang pembelajaran diatas, akan tetapi tetap menggambarkan apa definisi pembelajaran itu sendiri. Dari Pengertian diatas, diketahui bahwa ada pembelajaran sederhana dan ada pembelajaran yang kompleks yang membutuhkan dua pihak yaitu siswa dan guru,
  • Menurut Warsita: Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik”. Pengertian pembelajaran dari Warsita ini cukup sederhana dan tidak mengandung tujuan yang jelas, akan tetapi dapat sudah cukup menggambarkan apa itu pembelajaran
  • Menurut Sudjana: Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik (sumber belajar) yang melakukan kegiatan pembelajaran. Lebih dari Warsita, Sudjana, memberikan pengertian pembelajaran yang lebih jelas bahwa pembelajaran 
Apa itu Pembelajaran

Apa itu Pembelajaran

 

Berdasarkan beberapa pengertian pembelajaran diatas, diketahui bahwa terdapat beberapa poin penting untuk dikatakan bahwa itu adalah pembelajaran yaitu:
  1. Adanya peserta didik
  2. Adanya pengajar/guru/yang mendidik
  3. Tidak terjadi secara spontan akan tetapi terencana
  4. Proses yang terjadi sistematis dan memiliki tujuan
Demikianlah pengertian pembelajaran. Tetap belajar karena belajar itu mudah dan dapat anda lakukan sendiri, walaupun sesuai pengertian diatas, akan lebih efektif bila ada pengajar.
 
Sumber:
  • Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Diterbtikan di Bandung oleh Penerbit Alfabeta
  • Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Di terbitkan di Jakarta oleh Penerbit Kencana

 

loading…


Ringkasan Pengertian Pembelajaran | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×