Ringkasan: Belajar Pengertian Pendidikan

loading…


Mari Ketahui Pengertian Pendidikan

Pendidikan,  berdasarkan KBBI, pendidikan /pen·di·dik·an/ n proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. Pendidikan merupakan kata yang tersemat dikepala kita semua sejak kecil hingga punya anak cucu….baik untuk diri sendiri maupun untuk anak cucu kita dan bahkan untuk orang lain disekitar kita. Kenapa begitu? Itu karena pendidikan merupakan hal yang penting disetiap lapisan masyarakat dan sudah menjadi bagian yang pokok dalam diri setiap individu dalam masyarakat.

Hal inilah yang membuat banyak ahli yang mengartikan pendidikan tidak jauh berbeda.  Secara umum Pengertian Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana (conscious effort and planned) untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.  

learniseasy.com kali ini akan memaparkan beberapa pengertian pendidikan dari para ahli yang bergelut dengan pendidikan itu sendiri. Walaupun cuman sedikit, diharapkan anda dapat mengerti dan memahami apa pengertian pendidikan itu.
  • Menurut Prof. Dr. John Dewey: “Education is not preparation for life; education is life itself” dikutip dari goodreads.com, bahwa pengertian pendidikan adalah suatu proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, Pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di dalam perkembangan seseorang.  Dewey dalam teori pragmatisme nya berpendapat bahwa pendidikan progresif atau pendidikan yang diperoleh berdasarkan pengalaman bukan secara pasif saja yang diterima dengan hanya mendengarkan guru bercerita.
  • Menurut Prof. H. Mahmud Yunus: Pengertian pendidikan adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan peningkatan keilmuan, jasmani dan akhlak sehingga secara bertahap dapat mengantarkan si anak kepada tujuannya yang paling tinggi. Agar si anak hidup bahagia, serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. Pengertian menurut M. Yunus ini memang sedikit lebih ringan akan tetapi memberikan tujuan yang jelas akan sebuah pendidikan.
    Pengertian pendidikan menurut para ahli

    Pengertian pendidikan menurut para ahli

  • Menurut Martinus Jan Langeveld (1905-1989): Pengertian pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung. Anak bukanlah orang dewasa dalam bentuk kecil, oleh sebab itu anak memiliki sifat kodrat kekanak-kanakan yang berbeda dengan sifat hakikat kedewasaan. Lebih lanjut menurut Langeveld bahwa tiap anak memiliki sikap menggantungkan diri, membutuhkan pertolongan dan bimbingan baik jasmaniah maupun rohaniah. Sifat hakikat manusia dalam pendidikan ia mengemukakan anak didik harus diakui sebagai makhluk individu dualitas, sosialitas dan moralitas. Manusia sebagai mahluk yang harus di didik dan mendidik
  • Menurut Prof. Herman H. Horn (1874-1946): Definisi Pendidikan adalah proses abadi dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan seperti termanifestasikan dalam alam sekitar, intelektual, emosional dan kemauan dari manusia.
Sekian materi tentang Ringkasan Pengertian Pendidikan, Terus belajar karena belajar itu mudah. Semoga bermanfaat. Seperti yang anda baca diatas, setiap pengertian pendidikan mengandung tujuan pendidikan itu sendiri, dan menurut saya, tidak dapat dipisahkan karena kita hanya mampu menggambarkan pendidikan berdasarkan tujuan.
 
Sumber artikel:
  • https://www.goodreads.com/author/quotes/42738.John_Dewey
  • http://www.talbot.edu/ce20/educators/protestant/herman_horne/
  • https://goenable.wordpress.com/2012/01/05/tujuan-pendidikan-anak-didik-dan-pendidik-isi-dan-alat-pendidikan/

loading…


Ringkasan: Belajar Pengertian Pendidikan | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×