Pengertian Pers, Jurnalistik dan Fungsi Pers

loading…


Apa Pengertian Pers dan Fungsi Pers

Pengertian Pers, Jurnalistik dan Fungsi Pers | Belajar itu mudah | Artikel kali ini akan menjelaskan kepada kalian tentang apa itu pers dan bagaimana fungsi pers. Dalam membahas hal tersebut. Kita perlu ketahui apa pengertian pers baik secara umum maupun menurut para ahli. Bukan hanya itu, kita juga akan mempelajari tentang apa fungsi pers dalam berbagai lini sosial yang ada.
Mari masuk ke pengertian pers secara umum. 

Apa Pengertian Pers Secara Umum?

Secara umum, generalnya, pers dapat diartikan sebagai media massa (mass media) yang menggunakan media elektronik ataupun media cetak dalam melaksanakan kegiatan jurnalisitik dalam bentuk tulisan, suara, gambar serta data dan grafik. (Baca pengertian jurnalistik untuk lebih jelasnya). 

Tidak cukuplah membahas pengertian pers bila kita tidak menyentuh bagian etimologi pers. Pers sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu pers, dari prancis disebut presse dan Inggris disebut press. Pers sendiri dalam bahasa latin disebut pressare yang ditarik dari kata premere yang berarti tekan atau cetak. 

Secara terminologis sederhana, pers adalah media cetak. Lalu apa itu media? Menurut KBBI, pengertian media adalah alat atau sarana komunikasi. Seperti yang diketahui dari dulu dulu, pers berkaitan dengan surat kabar ataupun majalah. Hal itu karena mereka merupakan sarana komunikasi yang menggunakan kertas dalam menyampaikan atau disebut media cetak. 

Apa Pengertian Jurnalistik

Tidaklah afdal bila menjelaskan tentang pers dan pengertian pers dan anda tidak tahu tentang apa pengertian jurnalisitik itu? Hal ini tentu saja saling berkaitan. 

Secara umum dan gamblang, jurnalistik dapat diartikan sebagai kegiatan atau aktivitas mengumpulkan, menuliskan dan menyebarkan informasi. Dari etimologi sendiri, jurnalistik yang diambil dari kata jurnal berarti laporan harian. Digabungkan dengan pers atau media cetak dan elektronik maka aktivitas tersebut kemudian dinamakan jurnalistik. 

Menurut Bapak Mursito BM bahwa pengertian jurnalistik adalah aktivitas mencari, mengumpulkan, menulis, mengedit dan menyiarkan informasi. Ditambahkan keterangan tempat oleh Bapak Dja’far H.Assegaff bahwa pengertian jurnalistik adalah kegiatan untuk menyampaikan pesan/berita kepada khalayak ramai (massa) melalui saluran media, entah media cetak maupun elektronika.

Pengertian pers jurnalistik dan fungsi pers

Pengertian pers jurnalistik dan fungsi pers

Bagaimana pendapat para ahli tentang pengertian pers?
Mari simak beberapa tanggapan para ahli tentang pengertian pers berikut:

Pengertian Pers Menurut Para Ahli

Belajar pengertian pers | Sebenarnya walaupun tanpa pendapat para ahli, anda telah cukup memahami apa pengertian pers itu sendiri. Dikarenakan pengertian pers umum diatas sudah cukup untuk menggambarkan apa itu pers. Akan tetapi, untuk melengkapi belajar anda, silah kan dibaca pengertian pers menurut para ahli dibawah ini:

  1. Professor Joel H. Wiener. Kalian tahu siapa orang ini? Pasti tidak tahu. Orang ini merupakan pengamat perkembangan dunia jurnalistik dan menuliskan makalah “paper” berjudul “How new was the new journalism” (1988). Menurut Joel Wiener, pengertian pers adalah media cetak publisitas atau peliputan berita dan media mesin cetak.  
  2. Pengertian pers menurut Prof. Oemar Seno Adji, SH, dalam bukunya Mass Media dan Hukum (Bapak ini mantan Ketua Mahkamah Agung Loh). Menurutnya pers dapat diartikan dalam dua area yaitu sempit dan luas. Pengertian pers secara sempit, adalah penyiaran penyiaran pikiran, gagasan, atau berita berita dalam bentuk tertulis. Pengertian pers secara luas adalah memasukkan dan memancarkan (menyebarkan) pikiran dan perasaan orang orang baik dengan kata tertulis ataupun dengan lisan menggunakan menggunakan media massa
  3. Dalam undang undang ada tidak tentang pengertian pers? Ada lah. Dalam UUD.40 Tahun 1999 diatur tentang Pers. Didalamnya dituliskan bahwa pengertian pers adalah lembaga sosial atau wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi, mencari memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan , suara, gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak atau media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

 

Apa Saja Fungsi Pers

Apa saja fungsi Pers itu sendiri? Bila anda ketahui tentang fungsi jurnalistik, maka sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi pers itu sendiri. 

Pers memiliki beragam fungsi bagi masyarakat dan personal. Fungsi pers bagi masyarakat contohnya saja dalam segi ekonomi sebagai bagian krusial di dalamnya. Menentukan naik turunnya harga dapat melalui pers juga. 

Secara umum, pers berfungsi sebagai sarana dalam memberikan informasi, kontrol, menghubungkan opini dan pendapat masyarakat kepada pemerintah dan sebaliknya, fungsi pers sebagai sarana hiburan bagi penikmatnya. Dan lebih penting lagi, pers berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan anda tentang apapun yang terjadi disekitar anda, mau ekonomi, politik, sosial, gadget dan banyak lagi diluar sana (Khususnya pengguna handphone android, dapat instal aplikasi koran online seperti liputan 6, kompas online, fajar, dan newstimes, dan banyak lagi). 

Dahulunya, fungsi pers di Indonesia dulunya merupakan media investigasi dan pergerakan dalam masa masa peperangan. Selain itu, juga merupakan alat propaganda dan penyebaran isu serta menenangkan masyarakat dan kaum kaum tertentu. Akan tetapi sekarang ini pers memiliki fungsi yang sangat variatif atau beragam. Walaupun fungsi pers yang dulu masih digunakan hingga sekarang walaupun lebih terkesan “halus”, sejenis soft therapy lah.

Anda pasti heran kenapa di era sekarang ini kenapa pers memiliki banyak fungsi dan pengaruh di kehidupan kita dan sekitar kita. Hal itu wajar, dikarenakan mereka adalah media komunikasi massa. Massa berarti meluas tersebar ke setiap individu. Sekarang ini bahkan, pers menjadi salah satu faktor penentu penting dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh masyarakat dan pemerintah. Khususnya yang berhubungan dengan ekonomi dan sosial kemasyarakatan. 

Kita pun dapat mengukur tingkat keberhasilan pemerintah dan aparatur negara melalui pers. Walaupun terkesan kurang objektif karena pelaporan pers juga terkadang ngawur dan kekurangan data yang valid. Bila kita mengamati dengan seksama, ternyata memang pers berfungsi dalam pengukuran keberhasilan pemerintah. Hal ini wajar, dikarenakan DPR tidak lagi menjadi orang kepercayaan masyarakat.

Siapapun yang diangkat oleh pers sebagai individu yang bersih maka bersihlah dia, kalau diangkat sebagai orang yang bobrok maka rusak lah dia.

Wajar saja ada quote yang menyatakan “Siapa yang mengontrol mendia massa, dia menguasai dunia”.

Oke,….sudah dulu sesi curhatnya. Saya harap dengan membaca artikel tentang pengertian pers, jurnalistik dan fungsi pers ini anda akan semakin mudah belajar tentang pers itu sendiri. Masih banyak aspek yang berhubungan dengan pers, mulai dari alat alat yang digunakan pers, jenis jenis dan macam macam pekerjaan dalam dunia pers, hukum yang berlaku dalam pers, kode etik pers, macam macma bentuk media massa sekarang ini dan banyak lagi deh……Intinya tetap belajar karena belajar itu mudah. 

Sumber artikel: 

Joel Wiener, ‘How new was the new journalism?’ in Papers for the Millions: The New journalism in Britain, 1850s to 1914, ed. Joel Wiener (London, 1988).

http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-pers-fungsi-pers-peranan-pers.html

http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-pers-fungsi-pers-peranan-pers.html

Komunikasi Jurnalistik: Pengetahuan Praktis Kewartawanan, Surat kabar-Majalah, Radio dan Televisi oleh J.B.Wahyudi. Diterbitkan tahun 1991 oleh Penerbit ALUMNI di Bandung.

Mass media dan hukum oleh Oemar Seno Adji (1973) diterbitkan oleh Penerbit Erlangga di Jakarta

loading…


Pengertian Pers, Jurnalistik dan Fungsi Pers | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×