Pengertian Ekonomi dan Tiga Macam Ilmu Ekonomi

loading…


Kali ini dalam belajar itu mudah, kita akan mempelajari tentang pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi. Secara terminologi, Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani Oiko-nomos, yaitu oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti aturan. Jadi, oikonomos berarti aturan yang berlaku untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam suatu rumah tangga.

Menurut Paul E. Samuelson, “llmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa uang dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa, kemudian mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi untuk masa kini dan masa mendatang”. Selanjutnya pengertian ekonomi menurut M. Manulang bahwa ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran dimana kemakmuran yang dimaksud adalah suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya baik barang barang maupun jasa.

Lalu apa saja macam macam ilmu ekonomi pada dasarnya. Pada dasarnya ilmu ekonomi terbagi atas tiga yaitu ilmu ekonomi deksriptif, teori ekonomi dan terakhir ekonomi terapan.

Macam macam Ilmu Ekonomi

llmu ekonomi dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Ekonomi Deskriptif

Ekonomi deskriptif adalah bagian ilmu ekonomi yang menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka, grafik, kurva, atau penyajian lainnya. llmu ekonomi dipergunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyajikan keadaan ekonomi, baik makro maupun mikro.

2. Teori Ekonomi

Teori ekonomi adalah bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.

3. Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan adalah bagian ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif.

Pengertian Ekonomi dan Tiga Macam Ilmu Ekonomi

Pengertian Ekonomi dan Tiga Macam Ilmu Ekonomi

Prinsip ekonomi menyatakan:

  • Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia selalu berusaha untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin.
  • Untuk mencapai hasil yang semaksimal mungkin, manusia dapat menggunakan benda pemuas kebutuhan yang ada.

Demikianlah artikel tentang pengertian ekonomi dan tiga macam ilmu ekonomi yang ada sekarang ini. Belajar lah karena belajar itu mudah. Wassalam.

Untuk referensi tambahan silahkan dicari di toko buku atau disearch di google books tentang buku buku di bawah ini

  • Pengantar ilmu ekonomi mikro edisi revisi oleh Drs. T.Gilarso: Penerbit Kanisius 2003 Yokyakarta
  • Teori ekonomi dan Penerapannya di Asia: Buku Kedia Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro diterbitkan oleh Penerbit PT. Gramedia Jakarta. (Diterbitkan untuk Yayasan Obor  Indonesia dan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada)
  • Ekonomi Makro:Pengantar Ilmu Ekonomi Makro Untuk Mahasiswa: Oleh Iskandar Putong 

 

loading…


Pengertian Ekonomi dan Tiga Macam Ilmu Ekonomi | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×