Cara Menghitung Persen (%) & Contoh Soal Menghitung Persen

loading…


.

Cara Menghitung Persen/Persentase (%) & Contoh Soal Menghitung Persentase

Belajar cara menghitung persen | Belajar itu mudah. Masih dengan semangat penuh untuk berbagi pengetahuan dan membantu anda dalam belajar matematika dan menyelesaikan soal matematika anda khususnya yang berhubungan dengan persentase.

Menghitung persen atau persentase sering kita temukan pada soal matematika, cara menghitung persen juga sering dicari saat orang menghitung diskon pada pembelian barang barang tertentu di supermarket atau Mall pada hari hari tertentu seperti hari raya. 

Ada dua macam cara dalam menghitung persentase yaitu manual atau menggunakan nalar kita secara langsung, ataupun mengunakan mesin seperti komputer dan kalkulator (walaupun ini jg merupakan komputer). 

Cara menghitung persen Secara Manual

Kenapa perlu kita tahu cara manual? Perlu disadari bahwa kita tidak mungkin membawa kalkulator ataupun alat bantu saat ujian ataupun tes tertentu yang mempertanyakan tentang cara menghitung persentase suatu kasus tertentu. Oleh karena itu, memang perlu untuk mengetahui cara menghitung persen secara manual. 

Hal yang pertama dan paling penting yang anda ketahui adalah berapa jumlah keseluruhan dari suatu tersebut dan berapa bagian yang akan dijadikan persenan terhadap keseluruhan tersebut. Kedua ketahui rumus persentase (%).

Persentase (%) = (Bagian/seluruh)x 100 %

Menggunakan persamaan atau rumus diatas, anda dapat dengan mudah membuat suatu itu bernilai persen, atau jg dapat menjadikan bilangan pecahan menjadi persen. Rumus persentase diatas menerangkan bahwa setelah bagian dibagikan dengan seluruh maka dikali 100 % akan menghasilkan persentase.

Berdasarkan rumus diatas, anda dapat jg dengan mudah menghitung jumlah bagian yang ada (yang dipersentasekan) apabila diketahui berapa jumlah keseluruhan item dan persentase nya. Contoh soal menghitung nilai sesungguhnya dari suatu persentase, 30 % dari jumlah seluruhnya 180, maka bagian yang diwakili oleh persentase sejumlah 60. Dapat digambarkan dengan rumus:

Bagian = (persentase/100 %) x seluruh

Jadi sudah jelas bukan bagaimana cara menghitung pecahan (ratio / rasio) menjadi persentase.

Jadi belajar menghitung persentase itu mudah kan. Mari perhatikan contoh soal menghitung persen dibawah ini.

1. Terdapat botol air minum yang telah terisi air 200 ml. Selanjutnya kamu menambahkan air sebanyak 40 ml. Persentase kenaikan volume air dalam botol dapat kita hitung menggunakan rumus persen diatas. 

Jawab: 

Diketahui bagian adalah 40 ml. Seluruh adalah 200 ml. sehingga menggunakan rumus persen diatas yaitu persentase = (40 ml / 200 ml) x 100 % = 20 %. 

2. Ibu Ani ingin membeli ingin rok dengan harga Rp. 50.000. Rok tersebut pada toko Murah Mulia memberikan diskon sebesar 10 %. Berapa yang harus dibayarkan Ibu Ani kepada kasir toko Murah mulia?

Jawab:

Nilai pecahan = [nilai persen/100 ] x [nilai keseluruhan] 

                          = (10 %/100 % ) x Rp. 50.000

3. Contoh cara menghitung persen ansuran pinjaman ataupun cicilan. Contoh soal menghitung persen ansuran pinjaman perbulan. Apabila Pak Andi memiliki pinjaman cicilan 120.000.000 rupiah, dengan ansuran tiap bulan sebesar 3.520.00.000 tiap bulan  selama 47 kali, maka berapa persen ansuran tiap bulan pak Andi terhadap pinjaman ?…

Jawab:

Berdasarkan masalah atau soal persen  diatas kita ketahui tentang jumlah pinjaman Rp.120.000.000

 jumlah ansuran tiap bulan Rp. 3.52o.000  

Karena ditanyakan persen ansuran tiap bulan maka nilai yang harus kita cari adalah jumlah kenaikan biaya ansuran atau pinjaman yang dibebankan kepada Pak Andi tiap bulan. 

Pertama kita cari nilai pembayaran tiap bulan atau cicilan tiap bulan tanpa adanya bunga pinjaman, yaitu Rp 120.000.000/47 kali ansuran = Rp. 2553191.

Ini merupakan nilai seluruh . Sehingga jumlah kenaikan yang dibebankan atau bunga pinjaman Pak Andi adalah Rp.3.520.000 – Rp. 2.553.191 = Rp.966.809. Nilai rupiah tersebut kemudian di persenkan menggunakan rumus perhitungan persen diatas

persenan = (bagian/ Seluruh) x 100 % = (Rp. 966.809 / 2553.191) x 100 % = 37, 87 %. Sehingga persen ansuran tiap bulan Pak Andi atau bunga pinjaman Pak Andi tiap bulan itu Rp.966.809 , tinggi bukan. Itu karena Pak Andi pinjam pada rentenir.

4. Terdapat 10 buah Appel. Bila Tono mengambil 2 appel, berapa persen yang tersisa.

Jawab =

Seluruh adalah 10 Appel, sedangkan yang diambil ada 2 appel, sehingga tersisa 10-2 appel=8 appel.

Menggunakan rumus mencari persenan diatas:

Persenan = (Bagian/Seluruh) x 100 % = (8/10) x 100 % = 80 %. Jadi, tersisa 80 % appel.

Bila pertanyaan tentang persenan diatas diubah, yaitu berapa persen yang diambil Andi, anda dapat menggunakan cara menghitung persen diatas barusan, dapat juga dengan langsung saja mengurangi 100 %-80 % menjadi 20 %.

Matematika itu mudah karena menggunakan logika, dan bila ada yang merasa kesulitan, tetap belajar karena belajar itu mudah dan membuat semuanya menjadi mudah. Bila butuh informasi, kunjungi saja learniseasy.com, kirim keluhan atau materi yang ingin anda pelajari. Semoga tim kami dapat membantu. ..

Cara Menghitung Persenan dan Contoh Soal Persenan

Cara Menghitung Persenan dan Contoh Soal Persenan

Itukan tadi cara manual mencari persenan suatu masalah matematis, bagi yang ingin menyelesaikannya menggunakan kalkulator juga boleh. Tinggal ikuti persamaan diatas. Mudah bukan.

Bagi yang ingin mencari cara menghitung persentase di Excel, kalian tinggal cari nilai seluruh data kalian atau nilai maximun atau jumlah keseluruhan data yang ada.

Kan nilai bagian pastinya variabel atau berubah ubah nilainya sesuai data anda. Tidak mungkinlah kalian cari persentase menggunakan Microsoft Excel untuk persoalan yang cuman 1 atau 2 data sajakan.

Tinggal kolom disamping nilai atau ratio atau nilai yang ingin diubah menjadi persen terhadap jumlah total yang telah kalian tentukan ditulis seperti dibawah ini:

= (block satu kolom yang ingin diubah nilainya, yang segaris dengan kolom ini / masukan nilai yang menjadi dasar atau nilai dikatakan dia 100 %) x 100 %)

 

Kemudian klik enter maka nilai persen akan muncul. Untuk menyelesaikan data hingga kolom terbawah, kalian tinggal drag turun kolom yang telah dimasukkan persamaan tersebut, dengan otomatis nilainya akan berubah menjadi persen menyesuaikan dengan nilai kolom segarisnya.

Mudah bukan.Sekian artikel tentang cara menghitung persen dan contoh soal menghitung persentase /persen. Tunggu postingan selanjutnya tentang cara menghitung dan belajar yah…

 

loading…


Cara Menghitung Persen (%) & Contoh Soal Menghitung Persen | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×