Belajar Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

loading…


Belajar Komunikasi : Pengertian Komunikasi Menurut para Ahli

Dalam belajar komunikasi, kita sering melihat kata komunikasi. Sudahkah anda tahu apa itu komunikasi? Komunikasi sendiri merupakan kata serapan bahasa Inggris disebut Communication. Kata ini sendiri diturunkan dari bahasa Latin communicatio, dan yang dari kata communis yang berarti “membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih”.
Lebih lanjut lagi, menurut Hovland, pengertian komunikasi adalah “proses mengubah perilaku orang lain”. Selain Hovlan sendiri, beberapa ahli lainnya di dunia ikut memikirkan apa pengertian komunikasi. Mari belajar bagaimana mereka mengartikan komunikasi itu.

Belajar : 26 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa Pengertian Komunikasi Menurut para Ahli: Mari belajar serius
 
  1. Shannon & Weaver: Mereka berdua,dalam artikel ilmiah nya yang berjudul “Mathematical theory of Communication” memberikan pengertian komunikasi sebagai bentuk interaksi manusia (communication is form of human interaction) yang saling memengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. Mereka menambahkan bahwa dalam komunikasi sering terjadi perbedaan penerimaan (receiving) dikarenakan adanya noise (gangguan). Walaupun beberapa ahli tidak menyepakati pendapat mereka berdua dikarenakan alaminya komunikasi manusia bukanlah sebuah persamaan matematis.
  2. Rogers & D. Lawrence Kincaid dalam bukunya “Communication networks: toward a new paradigm for research” yang diterbitkan tahun 1981, menerangkan bahwa pengertian komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. Pengertian komunikasi diatas didasarkan atas pemahaman Kincaid tentang model nonlinear dari komunikasi dimana dua pihak atau lebih berusaha untuk memperoleh “mutual understanding” atau dengan kata lain kesepahaman yang mendalam.
  3. Raymond S. Ross menerangkan dalam bukunya “Speech Communication” yang diterbitkan tahun 1986, bahwa pengertian komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yg serupa dengan yg dimaksudkan komunikator.
  4. Prof. Dr. Alo Liliweri: diterangkan dalam bukunya “Dasar Dasar Komunikasi Kesehatan” bab I tentang dasar dasar komunikasi hal.4  bahwa  definisi komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
    pengertian komunikasi dan fungsi komunikasi

    Ilustrasi proses komunikasi

  5. Harorl D. Lasswell: Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yg menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa.
  6. John R. Wenburg dan William W Wilmot: Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna.
  7. M. Djenamar. SH: Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.
  8. William Albig: komunikasi adalah proses pengoperan lambang yg berarti diantara individu-individu.
  9. Carl I.Hovland (1948: 371) dalam buku “Social Communication”, yang dalam buku Wiryanto “Pengantar Ilmu Komunikasi”, bahwa pengertian komunikasi, “The process by which an individual (the communicator) transmits stimuli (usually verbal symbols) to modify, the behavior of other individual (Komunikasi adalah proses di mana individu mentransmisikan stimulus untuk mengubah perilaku individu yang lain).” (Wiryanto, 2005: 6). Komunikasi adalah proses yg memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain 
  10. Raymond S. Ross (1983: 8) dalam buku “Speech Communication; Fundamentals and Practice” sebagimana yang dalam buku Wiryanto (2004) mengatakan, bahwa:
    “Komunikasi sebagai suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa, sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh sang komunikator.” (Wiryanto, 2004:
  11. Judy C pearson & Paul E melson: Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna
  12. Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss: Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.
  13. William I. Gordon, [dedy Mulyana: Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yg melibatkan gagasan dan perasaan.
  14. Bernard Berelson & Gary A. Steiner (1964: 527) dalam buku “Human Behavior: An Inventory of Scientific Finding” sebagaimana yang dituliskan dalam buku karangan Wiryanto ((Wiryanto, 2005: 7) mengatakan bahwa, “Communication: the transmission of information, ideas, emotions, skills, etc. by the uses of symbol… (Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, dan sebagainya).”. Jadi Pengertian komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol -kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.  
  15. Menurut Harold Dwight Lasswel, ilmuwan politik Amerika yang dan penggagas teori komunikasi mengatakan bahwa pengertian  komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yg menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)
  16. Hoben: Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.
  17. Menurut Anderson: Definisi komunikasi merupakan proses yg dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.
  18. Menurut Barnlund: Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
  19. Everett M. Rogers: Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka  (to change how they act).
  20. Menurut Lexicographer: Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.
  21. Anwar arifin: Definisi komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna (beragam dan bukan berarti berbeda makna). Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan komunikasi sebagai proses sosial komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum memfokuskan pada aktivitas manusia (kegiatan manusia) dan hubungan pesan dengan perilaku.
  22. Murphy dan  Mendelson: Komunikasi merupakan suatu komunikasi untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.
  23. Aristoteles: komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi
  24. Redi Panuju: Komunikasi adalah sistem aliran yg menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.
  25. Berbagai pendapat untuk menjelaskan komunikasi juga diungkapkan oleh Charles R. Berger dan Steven H. Chaffe dalam buku “Handbook Communication Science” (1983: 17) yang dikutip oleh Wiryanto, menerangkan bahwa: “Communication science seeks to understand the production, processing and effect of symbol and signal system by developing testable theories containing lawful generalization, that explain phenomena associated with production, processing and effect (Ilmu komunikasi itu mencari untuk memahami mengenai produksi, pemprosesan dan efek dari simbol serta sistem sinyal, dengan mengembangkan pengujian teori-teori menurut hukum generalisasi guna menjelaskan fenomena yang berhubungan dengan produksi, pemrosesan dan efeknya).” (Wiryanto, 2005: 3).
  26. Menurut Sarah Trenholm dan Arthur Jensen (1966: 4) dalam buku “Interpersonal Communication” yang ditulis dalam buku Wiryanto (2005) menerangkan bahwa, “A process by which a source transmits a message to a receiver through some channel (Komunikasi adalah suatu proses dimana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui beragam saluran).” (Wiryanto, 2005: 6).
Itulah tadi 26 pengertian komunikasi. Saya harap anda dapat menyimpulkan ataupun menarik pemahaman mendalam tentang definisi komunikasi. Jadi, sudahkan anda belajar tentang hal hal yang berhubungan dengan komunikasi yang lain. Ikuti terus website learniseasy.com  untuk materi lainnya. Belajar dan teruslah belajar karena belajar itu mudah. Tetap berkarya.
 

Referensi: Artikel Komunikasi

  1. https://www.businesstopia.net/communication/shannon-and-weaver-model-communication
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/D._Lawrence_Kincaid
  3. Rogers, E. M., & Kincaid, D. L. (1981). Communication network: Toward a new paradigm for research. New York, NY: Free Press.
  4. Raymond S. Ross, 1983, Speech Communication: Fundamental and Practice. Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall.
    Prof. Dr. Alo Liliweri,M.S. 2013. Dasar Dasar Komunikasi Kesehatan, diterbitkan oleh Pustaka Pelajar di Yokyakarta
  5. Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Diterbitkan oleh PT. Grasindo di Jakarta.
  6. http://itc-maribor.blogspot.co.id/2012/01/harold-lasswell.html
  7. Lasswell, Harold (1948). Bryson, L., ed. The Structure and Function of Communication in Society. The Communication of Ideas. New York: Institute for Religious and Social Studies.

loading…


Belajar Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×