Pengertian Negara dan Unsur Unsur Negara

loading…


Pengertian Negara dan Unsur Unsur Negara

Belajar itu Mudah. Kali ini akan dijelaskan tentang pengertian negara dan unsur unsur negara.  Dalam KBBI, terdapat dua macam pengertian negara yaitu negara sebagai organisasi dan negara sebagai kelompok sosial. Pengertian negara sebagai organisasi adalah organisasi pada suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang sah dan dipatuhi rakyatnya. Kemudian pengertian negara sebagai kelompok yaitu suatu kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai satu kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya.

Lalu bagaimana pengertian negara menurut beberapa ahli?Menurut Roger F. Soultau, negara adalah alat atau agency atau wewenang (authority) yang mengatur ataupun mengendalikan (controlling) persoalan bersama atas nama masyarakat (in the name of society).

Menurut Georg Jellinek, pengertian negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. Pengertian negara yang lebih unik oleh Jean Bodin dan terkesan sangat realistis bahwa negara adalah suatu persekutuan keluarga dengan segala kepentingannya yang dipimpin oleh akal dari suatu kuasa yang berdaulat. Kemudian, dari Indonesia, seorang ahli politik dan negara yaitu Mirriam Budiardjo mengatakan bahwa pengertian negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan berhasil menuntut dari warganya kepatuhan pada perundangan melalui penguasaan kontrol dari kekuasaan yang sah.

Apakah dengan beberapa pengertian diatas anda telah memahami apa itu negara? Anda telah dapat membedakan negara dengan suatu komunitas atau suatu kelompok sosial? Sekiranya anda belum terlalu mengerti tentang batasan batasan negara? Silahkan lanjut ke bagian unsur unsur negara dibawah ini.

Unsur Unsur Negara

Berdasarkan beberapa pengertian negara diatas, kita dapat mengambil intisarinya untuk mengklasifikasikan apa itu negara. Lalu bagaimana caranya? Kita akan menyusun unsur unsur negara berdasarkan pengertian diatas. Berikut beberapa unsur negara yang harus ada sehingga sesuatu dapat disebut sebagai negara:

  1. Rakyat : Pengertian rakyat adalah orang orang yang bertempat tinggal dalam suatu wilayah dan telah menetap. Rakyat yang dimaksud sebagai unsur unsur negara adalah orang yang lebih dari satu bahkan untuk dikatakan rakyat harus terdiri dari beberapa kelompok sosial yang ada sehingga normalnya sebuah rakyat akan terdiri minimal atas 3 generasi, dan beberapa macam keluarga di dalamnya. Lalu anda pasti bertanya, bagaimana bila suatu negara rakyatnya mati semua? Maka bukanlagi suatu negara. Hal ini wajar, dikarenakan siapa yang akan mengatur, diatur dan mengklaim negara tersebut lagi, tidak ada bukan. Oleh karena itu, dalam perang untuk penguasaan negara, apabila rakyatnya tidak mau mengakui kekuasaan penjajah maka akan dibunuh.
  2. Wilayah : Ini merupakan unsur unsur negara yang juga mutlak harus ada untuk dapat mengatakan sesuatu itu sebuah negara. Lihat pengertian negara diatas, pasti ada kata wilayah kan. Tidak mungkin membangun suatu negara tanpa adanya ruang untuk memulai bukan. Lalu apa saja yang dikatakan wilayah, wilayah dapat berupa darat, laut dan udara. Contohnya saja negara Indonesia yang terdiri atas perairan, kepulauan, dan udara.
  3. Pemerintahan Yang Berdaulat: Ini juga merupakan unsur unsur negara yang mutlak harus ada untuk dapat dikatakan sesuatu sebagai negara. Dengan kata lain, pemerintahan yang berdaulat minimal haruslah sesuatu yang memiliki kekuasaan terhadap rakyat. Selain itu, kekuasaan untuk mempertahankan rakyat dan wilayah tersebut dari gangguan luar seperti negara lain. Lalu siapa pemerintahan yang berdaulat itu? Dari pengertian negara menurut Jean Bodin, jelaslah bahwa kekuasaan berdaulat atau pemerintahan berdaulat yang diakui oleh rakyat pastilah berasal dari persekutuan keluarga dengan segala kepentingannya. Bila anda ingin menyangkal hal tersebut silahkan akan tetapi mari lihat sejarah sejarah terbentuknya negara. Pastilah berasal dari keluarga yang diakui atau memiliki strata sosial lebih tinggi, memiliki tingkat ekonomi, pendidikan dan segalanya yang lebih baik. Bahkan di era demokrasi ini bahkan terjadi di depan mata kita.

Selain 3 unsur mutlak negara diatas, terdapat satu unsur negara deklaratif. Unsur negara deklaratif adalah unsur unsur yang berupa pengakuan dari negara negara lain bahwa itu merupakan suatu negara. Akan tetapi, unsur deklaratif negara tidak akan muncul bila 3 unsur negara yang mutlak belum ada. Seketika 3 unsur negara telah ada maka unsur deklaratif negara akan hadir dengan sendirinya, walaupun dengan banyak konflik yang mendahuluinya. Untuk contohnya, lihat negara timor leste yang berpisah dari negara Indonesia dikarenakan rakyatnya sudah ingin memisah, terjadi persekutuan keluarga yang membentuk pemerintahan berdaulat, serta wilayah yang tidak lagi mampu dipertahankan Indonesia. Dan kemudian, diakui oleh PBB sebagai suatu negara berdaulat.

Demikian artikel tentang pengertian negara dan unsur unsur negara. Tetap belajar karena belajar itu mudah kok.

Pengertian negara dan unsur Unsur negara

Pengertian negara dan unsur Unsur negara

Baca juga artikel terkait dibawah ini untuk menambah pemahaman anda tentang negara.

Kata Kunci Negara

loading…


Pengertian Negara dan Unsur Unsur Negara | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×