Pengertian Ideologi: Pengantar Ideologi Nasional Pancasila

loading…


Pengertian Ideologi

Kali ini dalam mempelajari apa itu ideologi bangsa dan pancasila sebagai ideologi nasional Indonesia, kita harus mengetahui pengertian ideologi itu sendiri.

Ideologi berasal dari kata idea yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita cita dan logos berarti ilmu. Dari dua kata tersebut, dapat dikatakan bahwa ideologi berarti ilmu tentang pengertian dasar dan ide. Dalam pengertian sehari hari, kita mengenal kata “idea” sebagai cita cita. Dalam hal ini, cita cita harus lah bersifat tetap dan harus dicapai sehingga menjadi dasar, pandangan serta paham untuk melangkah.

Kita dapat menyebut ideologi sebagai hubungan manusia dengan cita citanya. Kenapa seperti itu? Terdapat seperangkat nilai dalam ideologi yang akan menjadi cita cita atau dengan kata lain, manusia haruslah bertingkah laku, bertindak dan berusaha untuk mencapai nilai nilai yang ada dalam ideologi.

Untuk menggali lebih jauh tentang pengertian ideologi, mari simak beberapa pengertian ideologi menurut para ahli:

  1. Bapak Patrick Corbett bahwa ideologi adalah struktur kejiwaan yang tersusun oleh seperangkat keyakinan tentang penyelenggaraan hidup bermasyarakat beserta pengorganisasiannya, seperangkat keyakinan mengenai sifat hakikat manusia dan alam semesta yang ia hidup di dalamnya, suatu pernyataan pendirian bahwa kedua perangkat keyakinan tersebut independen, dan suatu dambaan agar keyakinan keyakinan tersebut dapat di hayati dan pernyataan pendirian itu diakui sebagai kebenaran oleh segenap orang yang menjadi anggota penuh dari kelompok sosial yang bersangkutan.
  2. Kemudian selanjutnya, A.S. Hornby bahwa pengertian ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang dipegangi oleh seseorang ataupun sekelompok orang.
  3. Kemudian oleh Soejono Soemargono diterangkan bahwa secara umum pengertian “ideologi” sebagai kumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis yang berhubungan dengan bidang politik, agama, sosial, dan kebudayaan.
  4. Bapak Gunawan Setiardja merumuskan pengertian ideologi sebagai seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang menjadikan pedoman dan cita cita hidup
  5. Bapak Frans Magnis Suseno membagi dua pengertian ideologi sebagai suatu sistem pemikiran yang dapat dibedakan menjadi ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Menurutnya, pengertian ideologi tertutup adalah suatu sistem pemikiran tertutup yang memiliki ciri ciri: (1) Menjadi cita cita suatu kelompok orang untuk mengubah dan memperbaharui masyarakat (2) Walaupun itu memberatkan masyarakat, seluruh tindakannya dibenarkan atas nama ideologi yang dibangun (3) Ideologi tertutup tidak hanya berisikan nilai nilai dan cita cita akan tetapi terdapat tuntutan tuntutan konkret dan operasional yang keras yang mutlak harus dipatuhi dan dilaksanakan. Kemudian Pengertian ideologi terbuka adalah suatu pemikiran yang terbuka yang mengijinkan adanya pengaruh dari beberapa segi. Ciri ciri ideologi terbuka dalam suatu negara adalah (1) Nilai nilai dan cita cita dalam ideologi terbuka bukan diambil dari luar dan tidak dapat dipaksakan begitu saja diambil dari luar akan tetapi diambil dan digali dari moral, budaya masyarakat dan bangsa tersebut. (2) Bukan berdasar dari sekelompok orang saja, tetapi ideologi terbuka berasal dari hasil musyawarah dari konsesus masyarakat (3) Nilai nilai dalam ideologi terbuka bersifat dasar, secara garis besar saja sehingga tidak langsung operasional.

Seperti yang diutarakan diatas, dalam ideologi terkandung nilai nilai. Nilai nilai dalam ideologi dianggap sebagai nilai yang baik, luhur dan dianggap menguntungkan masyarakat sehingga diterima nilai tersebut. Oleh karena itu, pengertian ideologi dapat digambarkan sebagai seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama. Seperangkat nilai yang dianggap benar, baik, adil, dan menguntungkan itu dijadikan nilai bersama. Apabila sekelompok masyarakat bangsa menjadikan nilai dalam ideologi sebagai nilai bersama maka ideologi tersebut menjadi ideologi bangsa atau ideologi nasional bangsa yang berhubungan.

Fungsi Ideologi Dalam Masyarakat

Dua fungsi utama ideologi dalam masyarakat. Pertama, sebagai tujuan atau cita cita yang hendak dicapai secara bersama oleh suatu masyarakat. Kedua, sebagai pemersatu masyarakat dan karenanya sebagai prosedur penyelesaian konflik yang terjadi di dalam masyarakat. Dalam hubungannya dengan fungsi ideologi dalam masyarakat yang pertama, nilai dalam ideologi tersebut dapat menjadi cita cita atau tujuannya dari masyarakat. Tujuan hidup masyarakat adalah untuk mencapai terwujudnya nilai nilai dalam ideologi tersebut. Adapun kaitannya dengan fungsi ideologi yang kedua, nilai dalam ideologi itu merupakan nilai yang disepakati bersama hingga dapat mempersatukan masyarakat itu, serta nilai bersama tersebut dijadikan acuan bagi penyelesaian suatu masalah yang mungkin timbul dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

Dari apa yang anda baca diatas, diketahui bahwa ideologi pancasila adalah sebuah ideologi terbuka sesuai dengan ciri ciri ideologi terbuka oleh Franz Magnis Suseno. Nilai nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila bukanlah nilai nilai yang dibawa masuk kedalam masyarakat dan bangsa Indonesia, akan tetapi bersumber dari kekayaan rohani, bangsa, serta diterimanya nilai bersama tersebut, adalah hasil kesepakatan warga bangsa bukan paksaan atau tekanan pihak lain. Lebih dari itu, nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah 5 nilai dasar yang bersifat abstrak, mendasar, garis besar yang berisi tidak langsung bersifat operasional. Nilai nilai dasar pancasila tersebut akan dijabarkan lebih lanjut dalam penyelenggaraan negara.

Lalu dari mana sumber semangat yang membuat Pancasila menjadi ideologi terbuka? Sumbernya berada dalam penjelasan UUD 1945 yaitu “Terutama bagi negara baru dan negara muda, lebih baik hukum dasar yang tertulis tersebut hanya memuat aturan aturan pokok, sedang aturan aturan yang menyelenggarakan aturan pokok tersebut diserahkan kepada undang undang yang lebih mudah caranya membuat, mengubah dan mencabut”.

Pengertian ideologi: Pengantar Ideologi Pancasila

Pengertian ideologi: Pengantar Ideologi Pancasila

 Demikianlah artikel tentang pengertian ideologi sebagai pengantar dalam ideologi pancasila sebagai ideologi Nasional

Sumber: Paradigma Baru: Pendidikan Kewarganegaraan oleh Winarno, 2007 diterbitkan oleh Bumi Aksara.

Kata Kunci:

Ideologi, Sumber sumber ideologi indonesia, pengertian ideologi menurut para ahli, pancasila sebagai ideologi terbuka, penjelasan tentang fungsi ideologi dan pancasila sebagai ideologi nasional yang terbuka. Penjelasan ideologi dalam ideologi pancasila.

loading…


Pengertian Ideologi: Pengantar Ideologi Nasional Pancasila | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×