Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Serta Penjelasannya

loading…


Apa Pengertian ekonomi itu?

Pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi | Learniseasy.com akan membahas tentang apa itu ilmu ekonomi dan bagaimana pendapat para ahli tentang pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi.

Sesungguhnya, pengertian ekonomi yang paling sederhana adalah ekonomi itu sendiri. Banyak ahli memang pada masa lampau kesulitan mendefinisikan ekonomi atau memberi batasan tentang ekonomi. Hal ini jelas, dikarenakan hampir setiap kegiatan yang ada unsur “kebutuhan” di dalamnya akan bersentuhan dengan ekonomi. Walaupun begitu, mari kita simak pendapat beberapa ahli tentang apa pengertian ekonomi itu?

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

Tidak terlalu banyak yang akan menyangkal bahwa Aristoteles adalah Ekonom pertama yang mendalami ilmu ekonomi. Menurutnya, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kemungkinan barang ataupun jasa tersebut dapat dijual ataupun digunakan. Dengan kata lain, ilmu ekonomi menurutnya hanya sebataas bagaimana menentukan nilai tukar dan nilai fungsi sesuatu tersebut.

Menurut Leonarld Silk, Ahli ekonomi Amerika Serikat, dijelaskan dalam bukunya Contemporary Economics: Principles and Issues bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang kekayaan (wealth) dan merupakan bagian yang penting daripada studi tentang manusia. Hal ini disebabkan karena sifat manusia yang telah dibentuk oleh perkerjaan sehari harinya, serta sumber sumber material yang mereka dapatkan daripadanya. Secara umum dapat dikatakan bahwa ilmu ekonomi berbicara tentang tingkah laku serta nila nilai perseorangan maupun masyarakat. Pemahaman tentang  masyarakat tidak akan terjadi tanpa adanya ilmu pengetahuan, sedikitnya melalui Ilmu ekonomi anda dapat memahami masyarakat.

Selanjutnya oleh Bapak Profesor Paul Anthony Samuelson bahwa terdapat 6 pengertian ilmu ekonomi yaitu:

  1. Pengertian ilmu ekonomi sebagai ekonomi politik. Ekonomi politik adalah suatu studi tentang kegiatan kegiatan yang dengan atau tanpa menggunakan uang, mencapup atau melibatkan transaksi transaksi pertukaran antarmanusia. Dalam pengertian ilmu ekonomi ini, jelas terlihat bahwa dalam ekonomi sebagai ekonomi politik tidak seperti ekonomi dalam perdagangan akan tetapi sebagai kekuatan dalam sistem politik terutama kekuasaan dan pemerintahan.
  2. Pengertian ilmu ekonomi sebagai suatu studi mengai bagaimana orang menjatuhkan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber sumber yang masih menghasilkan atau produktif, yang langka dan memiliki jumlah yang terbatas, yang digunakan untuk mennghasilkan atau memproduksi berbagai barang serta jasa dan mendistribusikan atau membagikan kepada pelbagai anggota masyarakat untuk digunakan atau dikonsumsi.
  3. Pengertian ilmu ekonomi sebagai studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari hari untuk mendapatkan dan menikmati kehidupan
  4. Pengertian ilmu ekonomi sebagai studi tentang bagaimana manusia berlaku pekerti untuk mengorganisasi kegiatan kegiatan konsumsi dan produksinya.
  5. Pengertian ilmu ekonomi sebagai suatu studi tentang kekayaan
  6. Pengertian ilmu ekonomi sebagai suatu studi tentang cara cara memperbaiki masyarakat.

Kemudian ditambahkan dalam bukunya oleh Paul A. Samuelson dan Willam D. Nordhaus, Economics edisi ke 17 bahwa pengertian ekonomi atau ilmu ekonomi adalah studi mengenai cara cara yang ditempuh oleh masyarakat untuk menggunakan sumber daya yang langka guna memproduksi komoditas atau barang barang yang bermanfaat serta mendistribusikannya kepada semua orang.

Economics is the study of how societies use scarce resources to produce valuable commodities and distribute them among different people.

Kemudian Bapak Adam Smith berpendapat bahwa pengertian ekonomi dalam bukunya Wealth Of Nation pada tahun 1776 bahwa ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara

Selanjutnya oleh Bapak J.B. Say mengemukakan bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan. Selanjutnya oleh J.S.Mill bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang praktis yang berhubungan dengan produksi dan distribusi kekayaan.

Lanjut lagi, beberapa pengertian ilmu ekonomi yang lebih sosiologis oleh Bapak Alfred Marshall bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan material. Juga pengertian ilmu ekonomi yang lebih sosiologis dari Lionel Robbins bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia (human behavior) yang berhubungan dengan tujuan dan sarana yang langka yang memiliki banyak kegunaan alternatif.  Kemudian pengertian ilmu ekonomi oleh bapak Jack Hirshleifer bahwa merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi apabila keputusan berbagai macam orang saling memengaruhi satu dengan yang lainnya.

pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi

Pengertian ilmu ekonomi

Demikianlah penjelasan tentang pengertian ekonomi. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Learniseasy.com

loading…


Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Serta Penjelasannya | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×