Paragraf Eksposisi | Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Paragraf Eksposisi

loading…


Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Eksposisi

Kali ini dalam learniseasy.com akan dijelaskan tentang pengertian paragraf eksposisi dan ciri ciri paragraf eksposisi, jenis dan contoh paragraf ekposisi.  Keyword: Paragraf eksposisi | definisi | Proses | Ilustrasi | Perbandingan | Pertentangan | Laporan | Paragraf Eksposisi.

Kata Eksposisi sering anda dengar dan lihat dari. Akan tetapi anda lihatnya dalam bahasa Inggrisnya yaitu expose. Dalam acara gosip artis, anda pasti sering dengar kata terekspos. Kata expose  sendiri bila anda cari di google translate berarti menelanjangi, memaparkan, membuka, menampakkan dan memamerkan.

Pengertian paragraf eksposisi adalah suatu paragraf yang mengadung penjelasan penjelasan (explanation), informasi (information) ataupun pengetahuan yang berhubungan dengan topik yang ingin penulis sampaikan dalam bentuk tulisan. Seperti umumnya, penggunaan paragraf eksposisi berfungsi  dalam menginformasikan atau memberikan pengetahuan kepada para pembacanya sehingga mereka mendapatkan informasi atau pengetahuan sejelas jelasnya.

Ciri ciri paragraf Eksposisi

Apabila anda mendapatkan paragraf eksposisi, dibutuhkan pengetahuan tentang ciri ciri paragraf eksposisi.

Berikut beberapa ciri ciri paragraf eksposisi (paragraph exposition):

  1. Dalam paragraf eksposisi (paragraph exposition) terdapat adanya pengertian mengenai istilah dari suatu topik pembahasan.
  2. Paragraf eksposisi memiliki sifat memberikan informasi dengan para pembacanya.
  3. Paragraf eksposisi memiliki tujuan utama sesuai sifatnya informasi, sehingga dia juga bersifat objektif dan netral. Paragraf eksposisi tidak memiliki unsur yang bersifat persuasif atau mengajak ataupun memengaruhi pembaca.
  4. Agar penjelasan atau informasi yang disampaikan memiliki kekuatan dan dapat dipercaya pembaca, paragraf eksposisi memberikan data data yang akurat dan dari sumber yang terpercaya  pula.
  5. Seorang penulis yang membuat teks paragraf eksposisi (paragraph exposition) yang baik pertanyaan apa, mengapa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana paragraf eksposisi.
Paragraf eksposisi dan contoh paragraf eksposisi

Paragraf eksposisi dan contoh paragraf eksposisi

Jenis Jenis Paragraf Eksposisi

Dalam pelajaran bahasa Indonesia dicantumkan bahwa terdapat beberapa 6 jenis paragraf eksposisi. Berikut contoh contoh paragraf eksposisi yang ada yaitu:

  1. Eksposisi definisi/pengertian
  2. Eksposisi proses
  3. Eksposisi klasifikasi
  4. Eksposisi ilustrasi (contoh)
  5. Eksposisi perbandingan & pertentangan, dan
  6. Eksposisi laporan

Kali ini kita akan membahas tentang eksposisi definisi, proses dan ilustrasi.

1. Paragraf Eksposisi Definisi

Pengertian paragraf eksposisi  definisi sesuai namanya adalah suatu paragraf eksposisi yang memberikan penjelasan atau memaparkan topik tertentu dalam bentuk batasan batasan sehingga topik atau hal tersebut yang diinginkan memiliki dapat dibedakan dari yang lain dan dipahami oleh pembaca. Paragraf ekposisi definisi seringkali anda temukan dalam pelajaran pelajaran anda. Dalam membuat paragraf eksposisi definisi artinya seorang penulis haruslah memaparkan apa itu hal tersebut, dan bagaimana ciri ciri hal atau topik tersebut. Contoh langsung dari paragraf eksposisi diatas adalah paragraf ini.

Berikut contoh paragraf eksposisi definisi:

a. Contoh pertama paragraf eksposisi definisi

Tumbuhan Jahe Zingiber officinale, merupakan tumbuhan rimpang yang telah terkenal dari dulu. Jahe sering di fungsikan sebagai bumbu atau penyedap rasa alami. Selain dapat menjadi rempah-rempah, tumbuhan ini dapat mengobati berbagai penyakit contohnya batuk, panas dalam dan bahkan kanker menurut penelitian yang ada. Tinggi tumbuhan ini sekitar 30 hingga 100 cm. Daun tumbuhan jahe berbentuk menyirip dengan ukuran panjang sekitar 15-23 mm dan lebar sekitar 8-15 mm. Tumbuhan Jahe memiliki rimpang atau akar yang berbentuk jemari yang menggembung pada bagian ruas ruas tengah. Nama Jahe sendiri dalam masyarakat adalah akar atau rimpang tersebut. Jahe memiliki rasa yang cukup pedas dan hangat yang disebabkan oleh adanya senyawa keton yaitu zingeron. Di pasaran, terdapat tiga jenis jahe yang sering dijual yaitu jahe merah, jahe gajah dan jahe kuning.

b. Contoh kedua paragraf eksposisi definisi

Majas adalah gaya bahasa yang sering dipakai dalam tulisan ataupun perkataan dalam bentuk lisan yang memberikan efek “hidup” terhadap yang disampaikan tersebut. Penggunaan majas seringkita temui dalam buku cerita, karangan dan tulisan tulisan lainnya terutama tulisan yang bernilai sastra. Majas dapat menjadi label bagi penulis tertentu sehingga kita dapat langsung mengenali bahwa penulis tulisan tersebut adalah orang yang dimaksud. Terdapat tiga macam majas yaitu majas perbandingan, majas petentangan dan terakhir majas sindiran.

2. Paragraf Eksposisi Proses

Sesuai namanya, paragraf eksposisi proses adalah sebuah paragraf yang memberikan penjelasan atau pemaparan tentang suatu topik secara terperinci dan urut menggunakan langkah langkah  atau proses kerja. Paragraf eksposisi proses sering anda temukan pada teks tentang cara membuat sesuatu seperti cara membuat email. Banyak pula paragraf eksposisi yang digunakan dalam membuat tulisan tentang cara menggunakan sesuatu serta seringkali juga digunakan dalam proses terjadinya sesuatu hal.

Contoh pertama paragraf eksposisi proses:

Oksigen atau O2 yang sekarang ini kita hirup dapat dikatakan berasal dari proses fotosintesis tumbuhan. Proses tersebut terjadi dalam daun tumbuhan. Langkah pertama, tumbuhan haruslah menyediakan tiga bahan yang dibutuhkan dalam reaksi fotosintesis yaitu sinar matahari, air, dan karbon dioksida sebagai sumber karbon.  Karbon dioksida yang berada dalam udara bebas akan masuk ke dalam stomata (celah) tumbuhan yang terletak di daun. Di bagian kloroplas, energi matahari diserap oleh pigmen hijau atau klorofil untuk menyuplai energi dalam proses fotosintesis ini. Di bagian lain, air diangkut menuju daun dari akar melalui pembuluh xilem. Selanjutnya, sinar matahari yang mengenai klorofil akan memberikan energi untuk melangsungkan reaksi pemecahan air sehingga tersedia elektron yang dapat digunakan dalam reaksi selanjutnya. yang pada akhirnya akan menghasilkan glukosa dan oksigen. Glukosa yang dihasilkan oleh tumbuhan akan digunakan sebagai sumber makanan dan cadangan makanan tumbuhan dan oksigen yang ada dilepaskan ke udara.

Contoh kedua paragraf eksposisi proses:

 

Blog merupakan halaman di dunia maya yang menggunakan Blogger saat membuatnya sebagai penyedia. Cara membuat blog di blogger sangat mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat gmail dengan masuk ke situsnya yaitu google.com kemudian pilih buat email. Setelah pembuat email selesai, langkah selanjutnya adalah masuk ke blogger untuk membuat blog menggunakan gmail yang telah anda buat. Akan terdapat beberapa form yang harus anda isi, mulai dari nama blog, alamat blog dan banyak lagi pengaturan di bagian setting. Apabila nama dan judul blog serta template sudah anda pilih,Teh sangat baik untuk ke maka anda telah dapat menulis di blog anda dengan menekan compose atau entri baru dibagian kiri atas.

3. Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi ilustrasi merupakan paragraf eksposisi yang berusaha memberikan gambaran terhadap topik yang ada menggunakan terhadap sesuatu dengan menambahkan hal lain yang memiliki kemiripan dalam hal tertentu. Akan tetapi jangan salah, walaupun dua hal yang dibahas, tetap ide pokok nya adalah satu saja dan dalam paragraf eksposisi ilustrasi tidak dilakukan untuk membandingkan keduanya akan tetapi untuk menghubungan kesamaan sehingga pembaca dapat lebih mudah mencerna. Mirip mirip analogi lah.

Contoh paragraf eksposisi ilustrasi:

Membuat blog membutuhkan ketekunan dan kerja keras. Seperti halnya berbisnis yang membutuhkan modal awal dan ketekunan dalam berbisnis, blogging juga membutuhkan hal tersebut. Tanpa adanya ketekunan dan kerja keras dalam blogging maka blog yang dia usung tidak akan berkembang. Dalam berbisnis pula dibutuhkan investasi untuk meningkatkan pelayanan dan pemasukan sehingga para konsumen merasa nyaman dengan bisnis kita. Begitu pula dengan blogging yang membutuhkan dana dana tertentu dalam meningkatkan kenyamanan pembaca baik itu template premium yang harus dibeli, membeli domain untuk menaikkan SEO friendly blog kita dan banyak lagi investasi yang kita lakukan. Sama halnya dengan berbisnis, blogging dapat mendatangkan penghasilan pasif bagi anda.

Contoh paragraf eksposisi ilustrasi:

Kekuatan persaudaraan sangatlah kuat. Kekuatan yang dimiliki persaudaran sama halnya dengan sebuah sapu lidi. Sapu lidi yang terikat dengan baik dengan lidi lidi yang dimilikinya akan memiliki ketahanan yang sangat kuat. Sama halnya dengan kekuatan persaudaran yang tidak akan goyah bila mereka semua saling terikat dan tidak tercerai berai. Sama halnya dengan sapu lidi yang tercerai berai hingga tinggal lidi lidinya saja yang sangat lemah dan mudah patah, kekuatan persaudaran pun akan seperti itu, bila mereka tercerai berai, mereka akan lemah dan bahkan menjadi kelemahan buat mereka. Oleh karena itulah, jagalah persaudaran kalian dengan erat dan jangan biarkan dia melonggar.

4. Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Sesuai namanya, paragraf eksposisi klasifikasi merupakan paragraf yang dibuat dengan membagi, mengelompokkan atau mengklasifikasikan sesuatu atau topik ataupun hal tertentu sehingga pembaca dapat mendapat ilmu dan informasi yang dimaksud dengan lebih detail. Paragraf eksposisi klasifikasi dapat anda temukan dalam banyak buku buku yang mengelompokkan sesuatu dalam pembahasannya.

Contoh paragraf eksposisi klasifikasi:

Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan fisik, akan tetapi dapat juga menyehatkan mental yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Sebab, ternyata kegiatan belajar bukan hanya kegiatan intelektual saja, melainkan juga fisik. Dave Meier membagi aktivitas belajar menjadi empat kategori yaitu

  • Somatis adalah belajar dengan bergerak dan berbuat
  • Auditori adalah belajar dengan berbicara dan mendengar
  • Visual adalah belajar dengan mengamati dan menggambarkan
  • Intelektual adalah belajar dengan memecahkan masalah dan merenung.

Keempat aktivitas belajar ini harus dikuasai sehingga kemampuan intelektual yang dimiliki dapat berkembang dengan optimal.

5. Paragraf Eksposisi Perbandingan /Pertentangan

Paragraf eksposisi perbandingan adalah paragraf yang dibuat oleh penulisnya dalam menerangkan ataupun menjelaskan sesuatu dengan menggunakan kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain. Sedangkan paragraf eksposisi pertentangan sama halnya dengan eksposisi perbandingan. Hanya saja hal yang dibandingkan itu berisi tentang suatu hal yang bertentangan.

Paragraf eksposisi perbandingan memiliki ciri ciri yaitu menggunakan kata hubung berupa seperti halnya, demikian juga, sama dengan, selaras dengan sesuai dengan dan berbeda dengan. Hal yang digunakan sebagai pembanding dalam paragraf eksposisi perbandingan haruslah bersifat konkret dan telah diketahui secara umum.

Berbeda dengan perbandingan, paragraf ekposisi pertentangan mempunyai kata hubung yang mempertentangkan dengan ide ataupun gagasan lain yaitu biarpun, walaupun, berbeda, berbeda dengan, akan tetapi, sebaliknya, melainkan, namun, meskipun begitu.

Contoh paragraf eksposisi perbandingan:

Tinju bukanlah jenis olahraga yang banyak peminatnya, yang banyak adalah penggemarnya. Berbeda dengan olah raga jalan kaki atau jogging, memiliki peminat yang banyak, penggemar yang sedikit. Kenapa begitu? Karena, tidak ada orang yang menonton orang lain berjalan kaki.

Contoh paragraf eksposisi pertentangan

Orang gemar bersepeda, pada umumnya ialah orang orang yang mencintai lingkungan dan alam sekitar. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan complain apabila bertemu jalan yang sempit di lorong lorong khususnya di desa desa.

6. Paragraf Eksposisi Laporan

Kalian pernah lihat laporan keuangan, laporan BPJS, atau laporan BPS atau artikel dalam koran yang berhubungan dengan perekonomian atau daftar korban bencana. Hal tersebut merupakan contoh paragraf eksposisi laporan. Sesuai namanya pengertin paragraf eksposisi laporan adalah paragraf yang dibuat oleh penulis dengan bentuk rincian yang disertai dengan data data yang valid, serta tidak memiliki pendapat satupun di dalamnya, hanya membuat data data yang ada dalam bentuk paragraf.

Contoh paragraf eksposisi laporan:

Penerbangan Boing 701 milik Garuda Airlines hilang dalam penerbangan dari Indonesia, Malaysia, menuju Beijing, China, Sabtu (10/12/2015) pagi. Di antara 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut, terdapat 60 orang Indonesia. Sebelumnya disebutkan, penumpang berasal dari 8 negara. Namun, daftar berikut menyertakan data yang menyebutkan 9 kewarganegaraan. Berikut ini adalah rincian asal negara penumpang dan jumlahnya:
1. China 50 orang dan 1 bayi
2. Malaysia 20 orang
3. Indonesia 57 orang dan 3 bayi
4. Australia 10 orang
5. Perancis 10 orang
6. Amerika Serikat 2 orang dan 1 bayi
7. Selandia Baru 2 orang
8. Ukraina 2 orang
9. Kanada 2 orang

Demikianlah artikel tentang pengertian paragraf eksposisi, ciri ciri paragraf eksposisi, jenis jenis paragraf eksposisi, dan contoh contoh paragraf eksposisi. Baca juga artikel lainnya tentang paragraf dan juga tetap belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar karena belajar itu mudah Learniseasy.com

 

loading…


Paragraf Eksposisi | Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Paragraf Eksposisi | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×