Jenis Jenis Paragraf dan Contoh Paragrafnya

loading…


5 Macam Paragraf dan Contohnya

Learniseasy.com | Kali ini akan dijelaskan tentang lima jenis paragraf. Sebelumnya telah dijelaskan tentang pengertian paragraf dan unsur unsur paragraf serta bagaimana pola pengembangan paragraf. Untuk menambah pengetahuan dalam bahasa Indonesia khususnya dalam membuat tulisan, mari baca jenis jenis paragraf yang ada.

Secara garis besarnya, terdapat 5 jenis paragraf yaitu paragraf deksripsi, paragraf eksposisi, paragraf narasi, paragraf persuasi dan terakhir paragraf argumentasi. Berikut penjelasan kelima jenis paragraf tersebut dan contoh paragrafnya.

(1) Paragraf Deskripsi

Ini merupakan jenis paragraf yang sering anda temukan dalam novel novel bahkan cerita horor. Pengertian paragraf deskripsi adalah paragraf yang berusaha untuk mengajak para pembaca untuk turut serta merasakan apa yang diceritakan penulis serta melihat, dan mendengar. Pengertian paragraf deskripsi seringkali menggunakan kalimat yang berhubungan dengan “rasa”, dan penggunaan indera yang ada. Dengan adanya paragraf deskripsi seseorang pembaca dapat terhibur dengan bacaannya.

Contoh teks yang menggunakan paragraf deskripsi adalah sebagai berikut:

Langit masih hitam pekat. Sang surya masih enggan menampakkan kegagahannya. Ayam pun masih enggan berkokok. Warga kampung itu masih asyik dengan mimpi mereka. Akan tetapi, terdapat satu rumah yang terlihat berbeda. Rumah tersebut sudah dihiasi dengan tanda tanda kehidupan. Dari rumah yang tidak jauh dari masjid itu terdengar suara orang yang sedang menimba air di sumur.

(2) Paragraf Eksposisi

Ini adalah jenis paragraf yang sering anda temukan dalam resep obat, dalam dunia jurnalistik seperti berita dan banyak lagi. Lalu apa pengertian paragraf eksposisi? Pengertian paragraf eksposisi adalah paragraf yang dibuat untuk menerangkan suatu hal kepada pembaca. Teks paragraf eksposisi mengandung banyak informasi di dalamnya. Dengan kata lain, dalam menulis paragraf eksposisi, penulis akan merinci suatu hal sehingga dapat menerangkan kepada pembaca. Tentu saja, dalam paragraf ekposisi, prinsip 5 W + 1 H jarang dilewatkan, berbeda dengan jenis paragraf lainnya.

Contoh paragraf Eksposisi:

Tenggelamnya kapal penumpang antar pulau, Mega Rezki, yang berkapasitas 266 penumpang merupakan kapal kedua yang tenggelam yang melintasi jalur menuju Pulau Baranglompo. Tenggelamnya kapal diduga karena terjadinya salah satu kerusakan mesin sehingga menyebabkan nahkoda kapal tidak dapat mengendalikan kapal sehingga kapal yang telah melebihi kapasitasnya ini kehilangan keseimbangan dan kemudian terbalik. Setelah dilakukan pencarian selama dua minggu, ditemukan bahwa terdapat 320 orang penumpang tewas tenggelam termasuk awak kapal dan nahkodanya.

(3) Paragraf Narasi

Jenis paragraf yang satu ini dapat anda temukan dalam banyak cerita. Pengertian paragraf narasi adalah jenis paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara kronologis. Dalam paragraf narasi umumnya terdapat alur cerita, tokoh dan latar.

Contoh teks paragraf narasi:

Untuk liburan kali ini, aku dan keluargaku berlibur ke kampung ibu saya, yaitu Bantaeng. Pagi hari tanggal 20 April, saya telah berbenah dan menyiapkan seluruh perbekalan yang kami butuhkan. Tak lupa juga saya membantu ibu untuk menyiapkan pakaian yang akan digunakan oleh adik saya. Sepanjang perjalanan, aku dan adik saya tak berhenti bercanda. Ibu saya pun bercerita tentang masa kecilnya di Bantaeng. Tak terasa perjalanan kurang lebih 9 jam sudah kami lampaui. Kami pun telah sampai. Sesampainya di sana, kami pun disambut nenek dan kakek. Wuah, suasana di sana begitu ramai. Ternyata ada saudara sepupu yang sedang berlibur di kampung. Liburan kali ini pasti akan sangat menyenangkan.

(4) Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf sering anda temukan dalam buku kesehatan, motivasi dan banyak artikel yang mendorong anda untuk yakin terhadap tulisan atau paragraf tersebut. Pengertian paragraf persuasi adalah paragraf yang berisikan kalimat kalimat penjelas pada awalnya dan pada akhir kalimat berisikan kalimat utama, adapun bentuk kalimat penjelasnya berupa mengajukan sejumlah fakta yang akan mendukung kalimat utama yang berbentuk dorongan ataupun ajakan untuk melakukan hal tersebut. Namanya saja persuasi, artinya mengajak seseorang.

Contoh teks paragraf persuasi:

Untuk menjaga kesehatan tidak cukup dengan hanya minum vitamin. Olahraga pun juga penting. Melalui olahraga secara rutin, otomatis aliran darah kita pun akan menjadi lancar. Jantung pun juga sehat. Ditambah lagi pikiran kita akan lebih segar setelah berolahraga. Sehingga, jika ingin sehat rajinlah berolahraga.

(5) Paragraf Argumentasi

Jenis paragraf argumentasi ini sering anda temukan dalam artikel ilmiah seperti penemuan ataupun inovasi. Jenis paragraf ini juga sering anda baca pada proposal perencanaan dan sejenisnya.

Pengertian paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan ataupun pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta. Dengan kata lain, paragraf argumentasi adalah paragraf yang diawali dengan kalimat utama berupa pernyataan ataupun pendapat penulis yang ingin diutarakan kemudian ditambahkan oleh kalimat penjelas yang berupa bukti dan fakta.

Contoh teks paragraf argumentasi:

Pencemaran lingkungan hampir terjadi di setiap Indonesia, terutama di kota kota besar. Pencemaran lingkungan tersebut, antara lain, polusi udara dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin lama semakin bertambah banyak, pembuangan limbah industri dari pabrik pabrik yang tidak sesuai dengan prosedur, dan ulah masyarakat sendiri yang sering membuang sampah sembarangan. Pencemaran lingkungan tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar, contohnya udara menjadi kotor dan tidak sehat, menyebarnya berbagai virus dan bakteri atau terjangkitnya wabah penyakitnya, serta bencana banjir karena saluran saluran air tersumbat oleh sampah.

Jenis Jenis Paragraf

Jenis Jenis Paragraf

Demikianlah, artikel tentang jenis jenis paragraf dan contohnya. Tetap belajar karena belajar itu mudah Learniseasy.com.

loading…


Jenis Jenis Paragraf dan Contoh Paragrafnya | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×