Pengertian Masyarakat dan Ciri Masyarakat

loading…


Pengertian Masyarakat dan Cirinya

Kali ini dalam learniseasy.com akan dijelaskan tentang apa pengertian masyarakat, bagaimana pendapat para ahli tentang pengertian masyarakat dan ciri ciri masyarakat.

Seperti yang dijelaskan dalam banyak sumber bahwa tidak ada definisi tunggal tentang masyarakat. Tentu saja hal ini disebabkan oleh sifat masyarakat yang dinamis sesuai dengan penyusunnya yaitu manusia. Sehingga masyarakat selalu berubah dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu banyak ahli yang berbeda pendapat tentang pengertian masyarakat walaupun tidak terlalu signifikan. 

Learniseasy.com akan memberikan beberapa pendapat para ahli tentang apa itu pengertian masyarakat. Berikut pengertian masyarakat menurut para ahli dibawah ini:

  1. Emile durkheim dalam salah satu bukunya memberikan pengertian masyarakat sebagai kenyataan objektif individu individu yang merupakan anggota anggotanya. Dalam hal ini Emile durkheim melihatnya dalam kaca mata “Sosiolog”.
  2. Kemudian Bapak Karl Marx memberikan pengertian masyarakat sebagai struktur yang terdapat ketegangan sebagai akibat pertentangan antarkelas sosial sebagai akibat pembagian nilai nilai ekonomi yang tidak merata di dalam masyarakat. Hal ini wajar bagi Karl Marx dikarenakan selama hidupnya dia beranggapan bahwa kaum Borjuis (berada) yang menyebabkan kemiskinan bagi sebagai anggota masyarakat untuk membedakan kelas.
  3. Kemudian pengertian masyarakat oleh Bapak Melville.J. Herskovits, seorang antropolog Amerika, bahwa pengertian masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu.
  4. Kemudian J.L.Gillin dan J.P.Gillin, keduanya seorang sosiologi,  memberikan batasan masyarakat sebagai kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.
  5. Lanjut tentang pengertian masyarakat, Max Weber mengartikan masyarakat sebagai struktur atau aksi pada pokoknya ditentukan oleh harapan (hopes) dan nilai nilai (values) yang dominan pada warganya.
  6. Kemudian dijelaskan oleh Bapak Selo Seomardjan bahwa pengertian masyarakat adalah orang orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan (Baca selanjutnya tentang pengertian kebudayaan).
  7. Selanjutnya oleh Bapak Paul B. Horton mengatakan bahwa pengertian masyarakat yaitu sekumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama cukup lama, mendiami wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok tersebut. Di lain pihak ia mengatakan pengertian masyarakat sebagai organisasi manusia yang saling berhubungan antara satu dan lainnya (Dalam Buku Sosiologi Untuk SMA Kelas X (2002) oleh Idianto, M).
Ilustrasi artikel pengertian dan Ciri Ciri Masyarakat

Ilustrasi artikel pengertian dan Ciri Ciri Masyarakat

Ciri Ciri Masyarakat: Komponen dan Kriteria Masyarakat

Ciri Ciri Masyarakat Menurut Learniseasy.com

Ciri Ciri Masyarakat Menurut Learniseasy.com

Terlepas dari berbagai pandangan tentang pengertian masyarakat yang dikemukakan oleh para ahli diatas, secara substansial terdapat titik temu yaitu masyarakat merupakan kumpulan manusia yang terdiri dari komponen komponen:

  1. Dalam masyarakat, terdapat sejumlah orang yang berada dalam jumlah yang relatif besar, saling berinteraksi satu dan lainnya baik antar individu, individu dan kelompok, dan maupun antarkelompok dalam satu kesatuan sosial yang menghasilkan produk kehidupan yaitu kebudayaan.
  2. Masyarakat menjadi struktur dan sistem sosial budaya, baik dalam skala kecil atau mikro ataupun dalam skala besar  atau makro antarkelompok.
  3. Masyarakat haruslah menempati kawasan tertentu dan hidup dalam kawasan tersebut dalam waktu yang relatif lama hingga antargenerasi (berhubungan dengan pembentukan kebudayaan).

Dalam buku yang ditulis oleh Soerjono Soekamto, mengemukakan bahwa ciri ciri kehidupan masyarakat adalah:

  1. Manusia yang hidup bersama sama sekurang kurangnya terdiri atas dua orang individu
  2. Bercampur atau bergaul dalam waktu yang cukup lama. Berkumpulnya manusia akan mengakibatkan manusia manusia baru muncul (reproduksi maksudnya) dan sebagai akibat dari kehidupan bersama tersebut akan timbul sistem komunikasi (baca pengertian komunikasi selanjutnya) dan peraturan peraturan yang dibuat untuk mengatur hubungan antarmanusia.
  3. Menyadari bahwa kehidupan mereka merupakan satu kesatuan dalam masyarakat
  4. Merupakan sistem bersama yang menimbulkan kebudayaan sebagai akibat dari perasaan saling terkait antara satu dan yang lainnya.

Marion Levy (1960) , sosiolog dari Amerika, dalam salah satu bukunya bahwa kriteria masyarakat untuk kehidupan kelompok manusia sebagai berikut:

  1. Kemampuan bertahan yang melebihi masa hidup seorang anggota
  2. Perekrutan seluruh atau sebagian anggotanya melalui reproduksi atau kelahiran
  3. Adanya sistem tindakaan utama yang bersifat swasembada
  4. Kesetiaan pada sistem tindakan utama secara bersama sama, yang kemudian ditambah oleh Talcott Parson yaitu, Melakukan sosialisasi terhadap generasi berikutnya. Dimaksud disini adalah meneruskan kebudayaan.

Berdasarkan berbagai opini  para ahli tentang masyarakat, dapat diambil kesimpulan bahwa:

Pengertian masyarakat adalah sekelompok manusia yang bertempat tinggal di daerah tertentu dalam waktu yang relatif lama, memiliki norma norma yang mengatur kehidupannya menuju tujuan yang dicita citakan bersama, dan ditempat tersebut anggota anggotanya melakukan regenerasi atau beranak pinak /bereproduksi.

Manusia akan selalu memiliki dua keinginan yang melekat erat dalam dirinya yaitu keinginan untuk menyatu dengan manusia lainnya dan keinginan untuk menyatu dengan alam lingkungannya. Kedua keinginan tersebut dalam rangka untuk mempermudah proses kehidupan mereka dan kelestarian mereka. 

Interaksi adalah hubungan antara manusia satu dengan yang lainnya, lebih tepatnya disebut interaksi sosial (baca pengertian interaksi sosial selanjutnya). Melalui interaksi tersebut akan tercipta produk produk sosial seperti nilai dan norma dalam masyarakat.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga syarat untuk terbentuknya masyarakat yaitu:

  1. Adanya sekumpulan orang
  2. Manusia tersebut bermukim pada wilayah yang sama dan tertentu dalam jangka waktu yang relatif lama (cukup untuk menghasilkan beberapa generasi).
  3. Akibat dari hidup di tempat tertentu dalam jangka waktu yang lama tersebut akan menghasilkan pola pola kelakuan yang sering disebut kebudayaan, seperti sistem nila, sistem ilmu pengetahuan, dan benda benda material.

Demikian lah artikel tentang pengertian masyarakat dan ciri ciri masyarakat. Bila cari tentang materi belajar, silahkan kunjungi learniseasy.com dan cari di bagian search yah dan bertanya di bagian hubungikami

Sumber artikel pengertian masyarakat dan ciri ciri masyarakat:

“Pengantar Sosiologi| Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya” (2011) oleh Elly M. Setiadi dan Usman Kolip diterbitkan oleh Kencana di Jakarta

loading…


Pengertian Masyarakat dan Ciri Masyarakat | Wulan Dary | 4.5
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×