Pengertian Komunikasi dan Fungsi Komunikasi

loading…


Pengertian komunikasi dan fungsi komunikasi – Kali ini dalam learniseasy.com, akan dijelaskan tentang apa pengertian komunikasi, dan apa saja fungsi komunikasi itu. Mari belajar.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi berasal dari kata latin Communication artinya pemberitahuan atau bertukar pikiran. Komunikasi adalah rangkaian proses pengalihan informasi dari satu orang kepada orang lain dengan maksud tertentu. Komunikasi adalah proses yang melibatkan seseorang untuk menggunakan tanda tanda alamiah atau universal berupa simbol simbol berdasarkan perjanjian manusia baik verbal atau nonverbal yang disadari atau tidak disadari yang bertujuan untuk memengaruhi sikap orang lain.

Secara garis besar pengertian komunikasi adalah proses bertukar informasi. Adapun beberapa pengertian komunisi dari beberapa ahli sebagai berikut:

  1. Menurut Laswell, pengertian komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa (processes that describe who said what in what way) , kepada siapa dan efek apa yang ditimbulkan (to whom and what the effect caused.)
  2. Pengertian komunikasi menurut Carl I. Hovland bahwa komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator memberikan stimulan yang biasanya dengan lambang lambang bahasa (verbal maupun nonverbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain.
  3. Pengertian komunikasi menurut Bapak Theodorson bahwa komunikasi adalah penyebaran informasi, ide ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada seseorang (communication is the spread of of information, ideas as attitude or emotion of a person) atau kepada orang lain terutama melalui simbol simbol (to a person or to others especially through symbols).
  4. Pengertian komunikasi menurut Bapak Edwin Emery bahwa komunikasi adalah seni tentang menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain (the art of conveying information, ideas and attitudes to others).
  5. Pengertian komunikasi menurut Bapak Delton E,Mc Farland bahwa komunikasi adalah proses interaksi yang memiliki arti antara sesama manusia.
  6. Pengertian komunikasi menurut William Albig, seorang psikolog, bahwa komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan. (Communication is the process of transmitting meaningful symbols between individuals.)
  7. Definisi komunikasi menurut Charles H. Cooley, sosiolog kelahiran Michigan, dalam bukunya Introductory Sociology, bahwa komunikasi berarti suatu mekanisme hubungan antarmanusia yang dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu.
  8. Pengertian komunikasi oleh A. Winnet, bahwa komunikasi adalah proses pengalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas (Communication is the process of transferring an intent from the source to the recipient of the process involves a series of events), rangkaian atau tahap tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut (a series of stages or phases that allows transition that purpose).
  9. Pengertian komunikasi menurut Prof. Dr. Karlfried Knapp, guru besar dibidang bahasa Inggris dan Linguistik, bahwa komunikasi merupakan interaksi antarpribadi yang menggunakan sistem simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan nonverbal. Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung, tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral dan visual).
pengertian komunikasi dan fungsi komunikasi

Ilustrasi proses komunikasi

Fungsi Komunikasi

Setelah mengetahui tentang apa arti komunikasi, dan bagaimana pendapat para ahli tentang komunikasi, mari kita ketahui tentang fungsi komunikasi. Tentu saja, pada dasarnya, komunikasi yah untuk bertukar pikiran melalui interaksi. Menurut Effendy, terdapat empat fungsi komunikasi, sebagai berikut:

  • Menginformasikan (to inform): Yaitu memberikan informasi kepada masyarakat, memberitahukan kepada masyarakat mengenai peristiwa yang terjadi, ide atau pikiran dan tingkah laku orang lain, serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain
  • Mendidik (to educate) yaitu : fungsi komunikasi sebagai sarana pendidikan. Melalui komunikasi, manusia dalam masyarakat dapat menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan
  • Menghibur (to entertain) yaitu: Fungsi komunikasi selain menyampaikan pendidikan, dan mempengaruhi, komunikasi juga berfungsi untuk memberi hiburan atau menghibur orang lain
  • Mempengaruhi (to influence) yaitu: fungsi mempengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya berusaha saling  mempengaruhi jalan pikiran komunikan dan lebih jauh lagi berusaha merubah sikap dan tingkah laku komunikan sesuai dengan apa yang diharapkan. (Effendy, 1997 : 36)

Dalam buku Perilaku Organisasional (Sopiah, 2008), dijelaskan bahwa terdapat empat fungsi komunikasi yaitu:

  1. Komunikasi memiliki fungsi sebagai pengungkapan emosi. Fungsi komunikasi ini berperan ketika kelompok kerja dalam organisasi menjadi sumber pertama dalam berinteraksi sosial. Komunikasi yang terjadi dalam kelompok ini merupakan mekanisme fundamental dimana masing masing anggota dapat menunjukkan kekecewaan ataupun rasa puas mereka terhadap anggota lain ataupun dalam masyarakat.
  2. Komunikasi sebagai pengendali perilaku anggota. Fungsi komunikasi ini berjalan apabila anggota diwajibkan untuk menyampaikan keluhan yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan atau kewajiban anggota ataupun karyawan tersebut dalam perusahaan.
  3. Komunikasi berfungsi dalam membangkitkan motivasi karyawan. Fungsi ini berjalan ketika dalam organisasi, seorang atasan ingin melihat kinerja bawahan.
  4. Fungsi komunikasi sebagai pertimbangan pengambilan keputusan dalam organisasi. Dengan adanya komunikasi, informasi akan mengalir, dan dengan hal tersebut, akan tercipta pertimbangan pertimbangan yang menyeluruh terhadap keputusan ataupun kebijakan yang akan diambil, seperti penurunan ataupun kenaikan gaji karyawan, atau perlu tidaknya adanya liburan dan sebagainya.
Pengertian komunikasi dan Fungsi komunikasi

Pengertian komunikasi dan Fungsi komunikasi

Sekian artikel tentang pengertian komunikasi dan fungsi komunikasi. Tetap belajar, karena belajar itu mudah. Learniseasy.com

Sumber:

Perilaku Organisasional (2008) oleh Dr. Sopiah, MM., M.Pd diterbitkan oleh Penerbit Andi di Yokyakarta.

 

loading…


Pengertian Komunikasi dan Fungsi Komunikasi | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×