Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

loading…


Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Perubahan sosial budaya – Belajar itu mudah | Kali ini akan dijelaskan tentang berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Basically, tidak ada satupun manusia di dunia ini yang merasa puas terhadap sesuatu yang ada saat itu, dan memilih untuk stagnan pada posisi tersebut. Masyarakat dan manusia akan selalu mengalami perubahan sosial dikarenakan keinginan mereka untuk hidup lebih mudah, lebih mapan, lebih baik dan banyak lagi lainnya.

Hal inilah yang akan dibahas pada artikel ini, faktor apa saja yang membuat terjadinya perubahan sosial, dengan kata lain, apa yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk membuat perubahan sosial. Secara garis besar, faktor penyebab perubahan sosial budaya ada dua yaitu dalam dan luar, atau faktor internal dan faktor eksternal.

Menurut Soerjono Soekamto, terdapat beberapa sumber atau faktor dalam (internal) yang menjadi penyebab perubahan sosial budaya dalam masyarakat yaitu:

  1. Bertambah dan berkurangnya penduduk
  2. Penemuan penemuan baru
  3. Pertentangan atau konflik dalam masyarakat.
  4. Pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat tersebut

#Bertambah dan berkurangnya penduduk

Kenapa terjadi perubahan akibat ini? Hal ini wajar, bila dipandang dari segi kebutuhan terhadap barang dan jasa, pertambahan anggota dalam masyarakat akan mengakibatkan kebutuhan barang dan jasa pun meningkat, oleh karena itu untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian, produksi ditambah. Contohnya saja, wilayah pertanian dan hutan yang dulunya merambah ke segala pelosok Indonesia, akan tetapi karena adanya keinginan untuk pemenuhan kebutuhan barang dan jasa masyarakat, lahan pertanian di ganti menjadi lahan industri dan tempat tinggal, intensifikasi pertanian dilakukan untuk mewadahi pengurangan lahan yang ada. Dikarenakan banyaknya lahan industri yang terbuka, para petani banyak yang beralih pekerjaan dari petani ke wilayah industri. Hal ini mengakibatkan terjadinya kepadatan penduduk di perkotaan.

# Penemuan Penemuan baru

Kenapa terjadi perubahan sosial akibat penemuan penemuan baru dalam masyarakat? Ini dikarenakan apabila terjadi hal demikian akan mengakibatkan munculnya kesadaran individu ataupun kelompok dalam masyarakat akan adanya “kelemahan” dalam kebudayaan mereka. Selain itu, kualitas dari para ahli semakin meningkat dengan ditemukannya banyak teknologi sehingga peradapan manusia akan bergerak lebih cepat dan lebih maju dan batas batas kebudayaan masyarakat satu dan lainnya makin kabur dikarenakan hal ini juga mendukung terjadinya asimilasi.

# Konflik atau pertentangan dalam masyarakat

Ini sesuai dengan teori sosial yang dijelaskan dalam teori perubahan sosial Karl Max tentang teori konflik. Konflik sosial contohnya perubahan dari orde lama ke orde baru. Kalian masih ingat konflik yang terjadi saat itu. Terjadi pergolakan dimana mana, tentang PKI dan sebagainya. Sehingga masyarakat yang mulai bosan akan hal tersebut bergerak dan begitupun dengan pemerintah memanfaatkan.

# Terjadinya pemberontakan atau Revolusi

Sepertinya tidak perlu dijelaskan yah. Tentu saja setiap revolusi di negara manapun tentu akan mengakibatkan terjadinya perubahan sosial.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Oke, tadi itukan faktor internal, sekarang kita ke faktor luar penyebab terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat.

  1. Keadaan dan kondisi Lingkungan alam fisik masyarakat
  2. Peperangan
  3. Pengaruh kebudayaan masyarakat luar

# Keadaan dan kondisi lingkungan alam fisik masyarakat

Tentu saja akan mengakibatkan perubahan sosial. Kalian tahu tidak kisah dan sejarah tentang Kapal Nabi Nuh “Noah’s Ark”. Seluruh warga disana selain yang terpilih di tenggelamkan dengan air setinggi gunung. Ini kuasa Tuhan untuk merubah kehidupan sosial yang ada di sana. Dengan terjadinya kematian banyak orang dan orang yang menganut kebudayaan yang akan diubah tersebut (dalam kasus ini kebudayaan yang sesat) , maka kebudayaan yang baru akan dengan mudah masuk. Contoh lain, tsunami di Aceh. Dengan adanya bencana ini, terjadi perubahan sosial rakyat Aceh (NAD). Munculnya anak asuh, kehidupan yang biasanya di rumah sendiri, sekarang di penampungan dan lainnya.

# Peperangan

Peperangan seperti perang yang terjadi di Timur tengah seperti Irah, Suriah dan lainnya tentu saja mengakibatkan terjadinya perubahan sosial bagi warga sekitar peperangan.

# Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, seperti TV, jejaring sosial, dan banyak lagi, serta turis dan banyaknya pendatang dari luar, semakin memudahkan masuknya kebudayaan masyarakat lain. Hal ini akan secara langsung mengakibatkan terjadinya perubahan sosial dari dalam yaitu penemuan penemuan baru.

Demikianlah artikel tentang faktor faktor penyebab perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Sekian dan tetap belajar karena belajar itu mudah.

loading…


Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya | Wulan Dary | 4.5
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Kl1k 2 kali (x) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×